Sambut Maulid Nabi Muhammad Melalui Ajang Guwoku Cinta Nabi

Buka Puasa Mbah Bolong Bersama Anak Yatim Parimono

Assalamu alaikum Bapak dan Ibu Wali santri TPQ-TPQ se-Dusun Guwo! Dalam rangka menyambut datangnya peringatan hari besar Islam, yaitu Maulid Nabi Muhammad tahun 1438 Hijriyah, Bina Anak Islam Guwo akan mengadakan beberapa kegiatan dalam bidang pendidikan anak Islam.

Bina Anak Islam Guwo (BAIG) adalah perkumpulan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) yang ada ada di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Organisasi ini mewadahi TPQ Al-Mujahiddin, TPQ Baitur Rohman, dan TPQ Baitur Rakhim. Tiga TPQ tersebut merupakan tempat belajar agama Islam bagi 182 anak-anak dan remaja Dusun Guwo.

Guwoku Cinta Nabi adalah kegiatan multilomba yang diadakan BAIG dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad 2016. Ketentuan umum lomba-lomba Guwoku Cinta Nabi adalah sebagai berikut:

  1. Peserta lomba adalah santri yang terdaftar di TPQ Al-Mujahiddin, TPQ Baiturrahman dan TPQ Baitur Rakhim.
  2. Masyarakat umum bukan santri TPQ dapat berpartisipasi dalam beberapa lomba khusus yang ditentukan panitia.
  3. Lomba bersifat individu/perorangan dan kelompok sesuai ketentuan panitia.
  4. Peserta wajib mengisi formulir lomba yang disediakan panitia sesuai bidang lomba.
  5. Biaya pendaftaran sebesar Rp2.000 per peserta per lomba.
  6. Peserta wajib hadir di tempat kegiatan selambat-lambatnya 10 menit sebelum lomba dimulai.
  7. Pendaftaran lomba melalui guru TPQ masing-masing dengan dikoordinasi oleh Ustadz Ponasir (TPQ Baitur Rohman), Ustadz Rokhim (TPQ Baitur Rokhim), dan Ustadz Agus (TPQ Al-Mujahiddin).
  8. Pendaftaran lomba paling lambat 5 Desember 2016.

Berikut ini ketentuan khusus masing-masing lomba Guwoku Cinta Nabi:

Musabaqoh Hifdhul Quran Kelas A

Merupakan lomba adu ketangkasan dalam menghafal surat-surat dalam Al-Quran untuk santri putra/putri dari Kelas Al-Quran/Paket Marhalah. Kriteria penilaian dan tim juri yang terlibat dalam lomba ini adalah:

  1. Fashohah (Ustadz Muhammad Solihul Hadi)
  2. Kelancaran Hafalan (Ustadz Muhammad Sodiq)
  3. Adab dan kesopanan (Ustadzah Siti Nurlikah)
  4. Suara dan Irama (Ustadz Ponasir)
  5. Tajwid (Bapak Mustaman)

Hafalan Wajib dalam lomba ini adalah QS. An-Naba’ secara penuh. Sedangkan Hafalan Pilihan dalam lomba ini adalah QS. Al-Insyiroh, QS. At-Tiin, QS. Al-Alaq, QS. Al-Qodar, QS. Az-Zalzalah, QS. At-Takatsur, dan QS. Al-Humazah,

Lomba ini adalah dilaksanakan di TPQ Baitur Rohman atau Musholla Utara pada Sabtu, 10 Desember 2016 pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai.

Musabaqoh Hifdhul Quran Kelas B

Merupakan lomba adu ketangkasan dalam menghafal surat-surat dalam Al-Quran untuk santri putra/putri dari Kelas Jilid 1 sampai 6 Jilid / Paket Dasar. Kriteria penilaian dan tim juri yang terlibat dalam lomba ini adalah:

  1. Fashohah (Ustadz Muhammad Solihul Hadi)
  2. Kelancaran Hafalan (Ustadz Muhammad Sodiq)
  3. Adab dan kesopanan (Ustadzah Siti Nurlikah)
  4. Suara dan Irama (Ustadz Ponasir)
  5. Tajwid (Bapak Mustaman)

Hafalan Wajib dalam lomba ini adalah QS. Al-Fiil. Sedangkan Hafalan Pilihan dalam lomba ini adalah QS. Al-Kautsar, QS. An-Nashr, QS. Al-Lahab, QS. Al-Ikhlas, QS. Al-Falaq, dan QS. An-Naas.

Lomba ini akan dilaksanakan di TPQ Baitur Rohman/Musholla Utara pada Sabtu, 10 Desember 2016 pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai.

Musabaqoh Tartilul Quran Kelas A

Merupakan ajang keterampilan membaca surat-surat dalam Al-Quran dengan baik dan benar, baik sebagian maupun seluruhnya untuk santri putra/putri dari Kelas Al-Quran/Paket Marhalah. Kriteria penilaian dan tim juri yang terlibat dalam lomba ini adalah:

  1. Fashohah (Ustadz Muhammad Solihul Hadi)
  2. Kelancaran Hafalan (Ustadz Muhammad Sodiq)
  3. Adab dan kesopanan (Ustadzah Siti Nurlikah)
  4. Suara dan Irama (Ustadz Ponasir)
  5. Tajwid (Bapak Mustaman)

Bacaan Wajib dalam lomba ini adalah QS. Al-Fatihah. Sedangkan Bacaan Pilihan adalah Maqro’ yang telah ditentukan panitia 5 menit sebelum lomba dimulai. Maqro’ berasal dari ayat-ayat Al-Quran dalam Juz 1 sampai dengan Juz 10.

Kegiatan ini dilaksanakan di TPQ Baitur Rohman/Musholla Utara   pada Sabtu, 10 Desember 2016 pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai.

Musabaqoh Tartilul Quran Kelas B

Merupakan ajang keterampilan membaca surat-surat dalam Al-Quran dengan baik dan benar, baik sebagian maupun seluruhnya untuk santri putra/putri dari Kelas Jilid 1 sampai Jilid 6 / Paket Dasar. Kriteria penilaian dan tim juri yang terlibat dalam lomba ini adalah:

  1. Fashohah (Ustadz Muhammad Solihul Hadi)
  2. Kelancaran Hafalan (Ustadz Muhammad Sodiq)
  3. Adab dan kesopanan (Ustadzah Siti Nurlikah)
  4. Suara dan Irama (Ustadz Ponasir)
  5. Tajwid (Bapak Mustaman)

Bacaan Wajib dalam lomba ini adalah QS. Al-Fatihah. Bacaan Pilihan dalam lomba ini adalah Maqro’ yang telah ditentukan panitia 5 menit sebelum lomba dimulai. Maqro’ berasal dari Al-Quran Juz 30.

Lomba ini dilaksanakan di TPQ Baitur Rohman/Musholla Utara pada Sabtu, 10 Desember 2016 pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai.

Pidato Bahasa Jawa

Merupakan ajang ketangkasan berpidato berbahasa Jawa untuk santri putra/putri dari semua kategori umur dan semua kelas. Kriteria penilaian dan juri yang terlibat dalam lomba ini adalah sebagai berikut:

  1. Amanat/isi pidato (Bapak Sufyan)
  2. Ekspresi (Ustadz Muhammad Sodiq)
  3. Busana dan adab (Ustadzah Umi Nadhiroh)
  4. Gaya bahasa (Bapak Modin)
  5. Dalil Al-Quran dan Hadits (Bapak Sulhan Thohir)

Tema pidato adalah mengenai Maulid Nabi. Setiap peserta diberi kesempatan berpidato paling lama 10 menit. Peserta diperbolehkan membawa teks pidato. Lomba dilaksanakan di TPQ Baitur Rakhim / Musholla Timur pada Ahad, 11 Desember 2016 pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai.

Mewarnai Gambar Islami

Merupakan lomba mewarnai gambar Islami untuk santri putra dan putri jenjang pendidikan Playgroup (Kelompok Belajar), TK/RA, dan Kelas 1-2 SD/MI. Kriteria penilaian dan juri yang terlibat di dalamnya adalah:

  1. Keindahan (Ustadzah Sholikah)
  2. Komposisi Warna (Bu Nuris)
  3. Kebersihan (Ustadzah Umi Lestari)
  4. Kesesuaian tema (Ustadzah Yanah)

Peserta lomba membawa peralatan mewarnai, kecuali kertas gambar. Peralatan mewarna yang dibawa peserta adalah pensil warna/crayon/spidol, penghapus, dan meja belajar lipat. Setiap peserta diberikan kesempatan mewarnai gambar selama 45 menit. Kegiatan ini dilaksanakan di TPQ Baitur Rakhim / Musholla Timur pada Ahad, 11 Desember 2016 pukul 15.30 WIB sampai dengan 16.45 WIB.

Menebali Tulisan

Merupakan ajang keterampilan menebali khot atau tulisan ayat-ayat Al-Quran untuk santri putra dan putri dari jenjang pendidikan Playgroup/Kelompok Bermain, TK/RA, dan Kelas 1-2 SD/MI. Kriteria penilaian dan juri yang terlibat di dalamnya adalah:

  1. Keindahan (Ustadzah Sholikah)
  2. Komposisi Warna (Bu Nuris)
  3. Kebersihan (Ustadzah Umi Lestari)
  4. Kesesuaian tema (Ustadzah Yanah)

Peserta lomba membawa peralatan menulis, kecuali kertas menulis. Peralatan menulis yang dibawa peserta adalah pensil 2B, penghapus dan meja belajar lipat. Durasi menebali tulisan adalah 45 menit. Kegiatan ini dilaksanakan di TPQ Baitur Rakhim / Musholla Timur pada Ahad, 11 Desember 2016 pukul 16.45 sampai dengan 17.00 WIB.

Menggambar Kaligrafi

Merupakan ajang keterampilan menggambar kaligrafi untuk santri putra dan putri jenjang pendidikan kelas 4-6 SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Kriteria penilaian dan juri yang terlibat di dalamnya adalah:

  1. Keindahan (Ustadzah Sholikah)
  2. Komposisi Warna (Bu Nuris)
  3. Kebersihan (Ustadzah Umi Lestari)
  4. Kesesuaian tema (Ustadzah Yanah)

Peserta lomba membawa peralatan menggambar, kecuali kertas gambar. Peralatan menggambar yang dibawa peserta adalah pensil warna/crayon/spidol, pensil 2B, penghapus, dan meja belajar lipat. Durasi menggambar 90 menit. Kegiatan ini dilaksanakan di TPQ Baitur Rakhim / Musholla Timur pada Ahad, 11 Desember 2016 pukul 15.30 sampai dengan 17.00 WIB.

Adzan dan Iqomah

Merupakan ajang keterampilan melantunkan suara adzan dan iqomah untuk santri putra semua umur dari Kelas Paket Dasar maupun Kelas Marhalah. Kriteria penilaian dan juri yang terlibat adalah:

  1. Fashohah (Ustadz Muhammad Solihul Hadi)
  2. Suara dan Irama (Ustadz Ponasir)
  3. Busana (Ustadz Siti Nurlikah)
  4. Adab & kesopanan (Bapak Mustaman)

Lomba ini mewajibkan peserta mengumandangkan bacaan adzan dan iqomah saja, tanpa doa sebelum adzan dan doa sesudah adzan. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Musholla Mambaul Hidayah pada Senin, 12 Desember 2016 pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai.

Praktek Sholat Subuh

Merupakan kegiatan simulasi praktek sholat subuh untuk 5 santri putra atau 5 santri putri dengan menggunakan bacaan Doa Qunut. Kriteria penilaian dan juri yang terlibat di dalamnya adalah:

  1. Kefasihan bacaan (Ustadz Muhammad Solihul Hadi)
  2. Kekompakan kelompok (Ustadz Ponasir)
  3. Busana (Ustadzah Siti Nurlikah)
  4. Kesesuaian gerakan sholat (Bapak Mustaman)

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Musholla Mambaul Hidayah pada Senin, 12 Desember 2016 pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai.

Kreasi Gowes Muslim

Merupakan ajang olahraga bersepeda dengan menampilan kreasi Islami dan memuat pesan moral untuk dakwah kepada sesama muslim. Kriteria penilaian dan tim juri yang bertugas adalah:

  1. Kreatifitas hiasan (Ustadz Ponasir)
  2. Ketertiban berkendara seusai rute yang ditentukan panitia (Ustadz Rokhim)
  3. Pesan Islami yang disampaikan (Ustadz Sodiq)
  4. Adab berbusana (Ustadzah Siti Nurlikah)
  5. Kesopanan berperilaku (Bpk. Modin) .

Peserta menyiapkan sendiri bahan hiasan dengan membawa pesan atau tulisan amanat tertera di sepeda hias.            Kegiatan ini dimulai dan diakhiri di halaman Musholla Barokatul Mukarromah / Langgar Selatan pada Senin, 12 Desember 2016 pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. Lomba Kreasi Sepeda Hias santri-santri Dusun Guwo ini akan melalui jalan-jalan desa di dusun Guwo-Kempreng-Jambangan-Kempreng-Jambangan.

Sholawat Diba’

Puncak acara Maulid Nabi Muhammad SAW ditandai dengan pembacaan sholawat diba’, penampilan dai cilik, tausiyah agama, dan penyerahan hadiah para pemenang lomba. Kegiatan ini diikuti oleh para santri, wali santri dan masyarakat umum Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Pembacaan sholawat diba’ dilaksanakan di Masjid Baitussalam pada Senin, 12 Desember 2016 pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai.

One Reply to “Sambut Maulid Nabi Muhammad Melalui Ajang Guwoku Cinta Nabi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *