Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia
Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia

Ketika anda memutuskan untuk melayangkan lamaran pada lowongan Bank Indonesia, maka tentu saja anda akan mengikuti serangkaian bentuk tes seleksi yang diadakan oleh bank tersebut. Dimana salah satunya merupakan tes wawancara. Agar anda sukses dan lancar dalam menghadapi tahapan wawancara kerja ini, tentunya anda membutuhkan berbagai macam persiapan. Baik itu persiapan di dalam segi mental maupun mempersiapkan serangkaian jawaban yang nantinya akan anda utarakan kepada pewawancara.

Persiapkan mental dan berusaha selalu rileks sepanjang wawancara

Ketika menghadapi sesi wawancara, maka anda perlu berusaha untuk tetap rileks dan juga tenang. Meskipun situasi wawancara memang umumnya sangat menegangkan bagi anda. Karena di dalam keadaan yang benar-benar tenang dan rileks menjadikan anda mampu mengontrol setiap kalimat-kalimat yang anda sampaikan, tidak akan terlihat gugup maupun bingung dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan pewawancara. Sehingga tidak ada data atau informasi dari diri anda yang lupa disampaikan. Jadi, lebih baik anda siapkan mental anda sebaik mungkin serta tampil percaya diri.

Mengawali wawancara dengan kesuksesan

Awalilah wawancara kerja anda dengan ramah dan jangan lupa untuk menyelipkan senyum, cobalah untuk mengucapkan salam serta berjabat tangan dengan para pewawancara. Anda juga perlu tetap berdiri hingga anda dipersilahkan untuk duduk. Ketika anda duduk, sebaiknya anda duduk dengan posisi yang seimbang dan tegak. Jangan sampai ketika duduk berhadapan dengan pewawancara dari bank yang bersangkutan anda terkesan kaku. Jika anda memang diharuskan untuk mengisi formulir, maka sebaiknya anda isi dengan rapi dan lengkap.

Siapkan data-data penting yang kemungkinan diperlukan

Diterima maupun tidaknya sebuah lamaran pekerjaan yang sudah anda ajukan, tentu saja sangatlah bergantung dengan track record dan latar belakang pendidikan serta pengalaman yang anda miliki. Jadi, sebelum anda melakukan wawancara lebih baik pastikan jika anda sudah benar-benar matang dalam mempersiapkan data-data penting yang memang diperlukan. Buatlah para pewawancara yang ada terkesan kepada anda dengan cara menjawab semua pertanyaan secara ringkas, benar dan jelas. Katakanlah dengan jujur serta jangan berdusta, karena hal tersebut dapat berakibat sangat fatal di kemudian hari.

Perhatikan sikap serta kemampuan verbal anda

Sikap maupun cara anda berbicara dalam menyampaikan sesuatu merupakan cermin dari karakter serta kepribadian anda. Maka dari itu, buatlah sebuah kesan yang positif setiap kali anda menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Anda juga harus selalu bersikap sopan serta profesional, jangan pernah meredam suara anda dan jangan pula mencoba berbicara dengan nada suara yang tinggi. Akan tetapi paling baik anda harus berbicara dengan artikulasi yang jelas, baik dan mantap.

Persiapkan dengan baik kemampuan anda dalam berbahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi satu bahasa yang wajib untuk anda kuasai jika ingin melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan, terutama jika anda ingin menjadi karyawan bank. Terlebih lagi jika posisi tujuan anda merupakan posisi yang lebih sering berinteraksi dengan orang banyak. Dengan demikian tentu kemampuan berbahasa Inggris yang baik dapat menjadi salah satu poin terpenting bagi anda.

Menguasai ilmu perbankan dengan baik

Secara umum pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara di bank merupakan berbagai pertanyaan yang berhubungan erat dengan ekonomi, tujuan, produk perbankan, jenjang karir serta beberapa hal yang juga berhubungan secara langsung dengan posisi tujuan anda. Jadi, kuasai dengan baik materi-materi mengenai dunia perbankan dengan baik sebelum anda mengajukan resume pada salah satu lowongan bank.

Jangan lupa berdoa sebelum memulai wawancara. Hati dan pikiran yang tenang merupakan awal kesuksesan bekerja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *