Pesona Pantai Balekambang di Malang Serasa Liburan di Tanah Lot Bali

Keindahan tempat wisata pantai di Bali
Keindahan tempat wisata pantai di Bali bisa Anda temukan juga di Jawa Timur.

Hello sobat pembaca The Jombang Taste! Tahukah Anda bahwa Kabupaten Malang memiliki pemandangan alam sekitar pantai yang sangat indah. Selain pantai Ngliyep dan Pantai Sendang Biru, Malang juga memiliki obyek wisata Pantai Balekambang. Destinasi wisata Pantai Bale Kambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Lokasi Pantai Bale Kambang berada sekitar 57 KM sebelah Selatan Kota Malang. Sama seperti tempat wisata pantai di Malang lainnya, Anda membutuhkan waktu lama untuk menempuh perjalanan jauh dari asal ke kota Anda ke lokasi tujuan. Berdasarkan pengalaman saya, butuh waktu kurang lebih 7 jam untuk menempuh perjalanan darat dari Jombang ke Malang Selatan. Lokasinya lumayan jauh meski demikian jalan raya menuju tempat wisata sudah terbilang bagus. Anda harus bersabar untuk melalui perjalanan panjang ini.

Tenang saja. Kesabaran Anda akan terbayar. Tempat wisata Pantai Balekambang memiliki panorama alam yang indah, pasir yang putih, dan warna air laut yang biru. Panorama obyek wisata pantai ini menghasilkan kedamaian bagi siapa saja yang berkunjung ke sana. Obyek wisata Pantai Bale Kambang mempunyai keunikan tersendiri yang tidak bisa dijumpai di banyak tempat wisata pantai di Jawa Timur lainnya. Pantai Bale Kambang memiliki 3 pulau kecil yang terpisah dari pantai. Dua dari tiga pulau tersebut telah dihubungkan dengan jembatan kayu yang memungkinkan pengunjung untuk menyeberang dan menikmati keindahan ombak di lepas pantai. Deretan pulau-pulau kecil ini bisa menjadi latar belakang foto yang bagus bagi Anda yang hobi bergaya didepan kamera. Anda pun bisa memajang foto terbaik Anda saat liburan ke pantai melalui beragam sosial media yang ada.

Salah satu pulau tersebut diberi nama Pulau Ismoyo. Di Pulau Ismoyo terdapat candi Hindu yang dibangun oleh umat Hindu. Pantai Balekambang memiliki kegiatan wisata budaya yang rutin setiap tahun. Di pantai ini digelar acara adat Jalanidhipuja dan Suroan setiap tahunnya. Banyak wisatawan, traveler dan backpacker yang mengatakan bahwa wisata Balekambang di Malang adalah miniatur keindahan wisata budaya di Pulau Bali, khususnya Tanah Lot. Kemiripan antara obyek wisata Balekambang dan tempat wisata Tanah Lot di Bali sudah terkenal di kalangan para wisatawan. Mereka pun seolah membandingkan keduanya meskipun sebenarnya keduanya memang berbeda secara budaya. Kebudayaan Hindu yang berkembang di Malang Selatan pada zaman dahulu dipengaruhi oleh para prajurit pelarian dari kerajaan Majapahit. Keberadaan mereka kini sudah jarang ditemui. Sedangkan kebudayaan Hindu yang ada di Pulau Bali merupakan tradisi asli masyarakat Bali yang berkembang hingga zaman sekarang.

Tempat wisata Pantai Balekambang dilengkapi dengan tempat parkir yang luas, lahan berkemah, toko souvenir, dan penginapan murah. Harga Sewa penginapan murah di sekitar lokasi tempat wisata Balekambang berkisar sekitar Rp250.000 per malam. Dengan tarif semurah itu tentu anda tidak terlalu berat untuk mengeluarkan uang liburan keluarga. Berbagai fasilitas liburan disediakan oleh pengelola tempat wisata Pantai Balekambang dengan harga yang murah sehingga backpacker cukup terjangkau untuk berlibur ke sana. Sambil jalan-jalan di tempat wisata Balekambang Anda juga bisa menikmati sajian wisata kuliner khas masyarakat desa setempat. Makanan yang ada di Malang umumnya sama dengan kuliner yang ada di kota lain di Jawa Timur. Misalnya nasi soto, nasi rawon, nasi pecel, dan aneka penyetan ikan laut. Kuliner Jawa Timur pada umumnya berasa pedas dan cenderung asin. Rasa pedas yang dihasilkan oleh makanan akan meningkatkan semangat anda untuk melanjutkan jalan-jalan di berbagai obyek wisata di Kabupaten Malang. Ayo jalan-jalan ke tempat wisata Balekambang di Malang!

Bagikan artikel ini melalui:

8 Replies to “Pesona Pantai Balekambang di Malang Serasa Liburan di Tanah Lot Bali”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *