Sejarah Permainan Olahraga Bola Voli

Sejarah dan Teknik Permainan Olahraga Bolavoli - Gambar pemuda sedang bermain olahraga bola voli
Sejarah dan Teknik Permainan Olahraga Bolavoli – Gambar pemuda sedang bermain olahraga bola voli

Halo sobat blogger Jombang! Tahukah kalian bahwa pada abad ke-19 para industriawan dan pengusaha di Amerika Serikat merasakan kebutuhan untuk melepaskan ketegangan dari kesibukan pekerjaan mereka sehari-hari. Mereka membutuhkan kegiatan permainan rekreasi. Pada waktu itu permainan bola basket merupakan jenis olahraga paling populer.

Akan tetapi olahraga bola basket tidak sesuai sebagai olahraga rekreasi bagi para industriawan dan pengusaha mengingat usia mereka rata-rata sudah setengah baya. Permainan bola basket dinilai lebih cocok dimainkan oleh para anak muda karena mengandung resiko kontak badan.

Untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha dalam kegiatan rekreasi, Willian G. Morgan seorang pemimpin dan ahli olahraga dari YMCA Holyoke Massachussets menganjurkan olahraga tenis. Namun cabang olahraga tenis terlalu merepotkan karena membutuhkan perlengkapan yang banyak seperti: raket, bola tenis, jaring, dan lain-lain. Selain itu, cara memainkan olahraga tenis membutuhkan keterampilan khusus.

Setelah bola permainan berhasil diciptakan, maka Willian G. Morgan mendemonstrasikan cara memainkannya melalui permainan dua regu di hadapan ahli-ahli olahraga YMCA yang sedang mengadakan konferensi di Springfield College. Permainan tersebut diberi nama Mintonette dan mendapat sambutan menyenangkan dari para ahli meskipun mereka kurang setuju dengan pemilihan nama permainan tersebut.

Sejarah Olahraga Bolavoli Modern

Atas dasar kritik tersebut, Dr. Alfred T. Halstead dari Springfield College menganjurkan nama volley. Berdasarkan pertimbangan tentang cara memainkan bola, yaitu memvoli yang berarti bola dipukul sebelum menyentuh lantai, maka permainan olahraga tersebut diberi nama volley ball.

Pada tahun 1892 YMCA berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli di negara Amerika Serikat. Pertandingan bolavoli yang pertama berlangsung pada tahun 1947 di Polandia. Pada tahun 1948 berdiri organisasi International Volley Ball Federation yang beranggotakan 15 negara dan berpusat di kota Paris, Perancis.

Olahraga bolavoli menyebar ke kawasan Eropa dan Asia selama Perang Dunia II. Setelah Perang Dunia II, prestasi dan popularitas olahraga bolavoli menurun di kawasan Amerika Serikat. Sebaliknya, permainan bolavoli berkembang dengan pesat di negara-negara yang terletak di kawasan Eropa Timur dan Asia. Indonesia mengenal permainan bola voli sejak tahun 1928 pada masa penjajahan Belanda.

Permainan bolavoli di Indonesia berkembang sangat pesat di seluruh lapisan masyarakat sehingga muncul klub-klub bolavoli di seluruh kota besar di Indonesia. Dengan dasar itulah maka pada tanggal 22 Januari 1945 berdiri organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) di Jakarta bersama dengan penyelenggaraan kejuaran nasional bolavoli yang pertama.

Pertandingan bola volley masuk sebagai cabang olahraga resmi yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta dan POM I di Yogyakarta. Setelah tahun 1962 perkembangan olahraga bolavoli di Indonesia berjalan sangat bagus hingga kini diadakan Liga Bolavoli nasional.

Referensi: MGMP Penjaskes Kabupaten Jombang

One Reply to “Sejarah Permainan Olahraga Bola Voli”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *