Dasa Darma #9: Bertanggungjawab dan Dapat Dipercaya

Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018
Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018

Salam Pramuka!

Pengertian bertanggungjawab adalah berani menanggung akibat dan resiko dari sebuah perbuatan. Seorang pramuka terlatih untuk dapat bertanggung jawab atas segala sesuatu yang diperbuat, baik atas perintah orang lain maupun tidak. Seorang pramuka secara pribadi bertanggung jawab terhadap negara, bangsa, masyarakat, dan keluarganya. Segala sesuatu yang diperintahkan kepadanya harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Oleh karena itu tidak ada kata bermain-main kepercayaan dan berbuat curang dalam kegiatan kepramukaan karena semua kepercayaan akan kembali kepada diri kita masing-masing.

Segala perbuatan yang dilakukan atas kehendak sendiri dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Pramuka harus berani bertanggung jawab atas suatu tindakan yang diambil di luar perintah yang diberikan kepadanya. Meskipun perintah tersebut tidak dapat atau sulit dilaksanakannya, seorang pramuka tidak akan menghilangkan tugas itu. Tidak mencari alasan adalah cara mendidik anak agar ia memiliki sikap tanggung jawab yang besar kepada tugasnya. Segala dampak baik dan akibat buruk yang terjadi saat ini adalah akibat dari perbuatan kita di masa lalu. Jangan pernah kita menyalahkan orang lain atas keadaan kita hari ini.

Pramuka dapat dipercaya. Semua perkataan maupun perbuatannya adalah sebuah kebenaran. Contoh perbuatan dapat dipercaya adalah berperilaku jujur, baik jujur terhadap diri sendiri, jujur terhadap peserta didik, dan jujur terhadap orang lain. Kejujuran itu penting terutama yang menyangkut uang materi dan lain-lain. Setiap anggota pramuka harus dapat menyampaikan sebuah informasi sesuai dengan fakta di lapangan. Ketika ia dipercaya untuk menyampaikan sebuah amanah maka ia tidak akan menambah maupun mengurangi takaran informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat luas. Nilai-nilai kejujuran sangat kita perlukan di tengah maraknya berita hoax di tengah masyarakat pengguna internet saat ini.

Karakter Pramuka sejati dapat dipercaya atas kata-katanya, perbuatannya dan lain sebagainya. Apa yang dikatakannya tidaklah suatu karangan yang dibuat-buat. Apabila ia ditugaskan untuk melaksanakan sesuatu, maka ia dapat dipercaya bahwa ia pasti akan melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Contoh perbuatan bertanggung jawab dan dapat dipercaya dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari. Ucapan seorang anggota pramuka tidak memihak kepada salah satu pihak yang sedang bertikai. Ia menjadi penengah, pendamai dan pemberi solusi atas sebuah perkara. Jika ia tidak mampu memberikan solusi maka ia tidak akan menambah rumit permasalahan yang ada.

Contoh perbuatan bertanggung jawab terhadap diri sendiri bagi seorang anggota pramuka adalah menjalankan segala perintah Tuhan dan menjauhi segala larangannya. Nilai-nilai ketakwaan terhadap Tuhan yang maha esa selalu dipegang Teguh oleh anggota pramuka. Bertanggung jawab untuk menjalankan perintah agama harus selalu menjadi tujuan utama dari berbagai kegiatan pelatihan kepramukaan yang dilaksanakan oleh peserta didik di masing-masing lembaga pendidikan atau sekolah. Sikap bertanggung jawab kepada Tuhan berarti melaksanakan ibadah kepada Tuhan secara teratur sesuai dengan ketentuan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pramuka dapat dipercaya dalam kehidupan sehari-hari dimanapun dan kapanpun ia berada. Ia dapat dipercaya bahwa ia tidak akan berbuat yang tidak baik meskipun tidak ada orang yang tahu atau yang mengawasinya. Bertanggung jawab juga berarti bahwa seorang pramuka selalu menepati waktu yang sudah ditentukan. Tujuannya adalah agar kita bisa menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya segala tingkah lakunya. Kepercayaan publik adalah harta benda yang sangat mahal dan tidak mudah didapatkan oleh setiap manusia di zaman modern ini. Hanya orang-orang yang konsisten melakukan ucapan sesuai dengan kenyataan di lapangan adalah orang-orang yang akan memiliki reputasi bagus di mata masyarakat.

Semoga tulisan ini bisa menambah inspirasi Anda sebagai pembina Pramuka di sekolah. Silakan berbagi komentar pengalaman diri.

Salam pramuka!

7 Replies to “Dasa Darma #9: Bertanggungjawab dan Dapat Dipercaya”

  1. Setuju sekali anak muda sekarang harus diajarkan untuk memegang kepercayaan dari orang tuanya masing-masing. Jgn cuma habisin duit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *