Penjelajahan Alam Bersama Pramuka Penggalang SDN Penggaron Mojowarno Jombang

Jalan-jalan di alam terbuka merupakan kegiatan yang paling ditunggu oleh anggota pramuka siaga maupun penggalang. Anak-anak sangat menyukai kegiatan di luar ruangan karena mereka bisa bergerak dengan bebas dan tanpa tekanan dari para guru seperti halnya belajar di dalam kelas.

Hari ini Jumat, 14 Februari 2020 penulis mengajak 55 anggota pramuka penggalang SDN Penggaron Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang untuk mengikuti penjelajahan alam. Penulis memilih rute pendek untuk kegiatan penjelajahan alam yang dimulai pukul setengah dua siang hingga pukul dua siang ini. “Ayo berangkat, kak!” demikian disampaikan oleh Vindra, anggota Regu Singa yang tampak paling bersemangat.

Cuaca tadi siang sangat panas. Hal itu tidak mengurangi semangat mereka. Anak-anak tampak antusias mengikuti kegiatan pembelajaran diluar ruangan ini. Mereka sepertinya telah lama tidak mendapatkan perlakuan kegiatan pembelajaran di luar ruangan sehingga mereka mengekspresikan diri dengan bernyanyi, berjalan dan bercanda dengan teman-teman mereka di sepanjang perjalanan.

Acara penjelajahan alam ini terasa menyenangkan. Mereka membawa bekal minuman untuk mengurangi rasa haus. Tongkat Pramuka yang mereka bawa bisa membantu mereka untuk tetap berdiri tegak di jalan sempit pematang sawah. Aroma kotoran ayam menyengat tak jauh dari kandang ayam yang berada sekitar dua ratus meter di belakang sekolah mereka. Mereka bergegas mempercepat langkah.

Kegembiraan mereka sangat beralasan karena tidak semua orang tua memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain di luar rumah. Meskipun sebagian besar anggota pramuka penggalang SDN Penggaron merupakan anak dari para petani namun mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk bermain secara bebas di alam terbuka. Sebagian orang tua justru melarang anak-anak mereka untuk bermain di sawah dengan alasan takut kotor ataupun takut berurusan dengan hewan-hewan liar yang mereka anggap berbahaya. “Senang rasanya bisa main sama teman-teman di sawah,” ujar Fika, pimpinan Regu Melati.

Kegiatan penjelajahan alam seperti ini sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Mereka bisa berlatih rasa kepercayaan diri dan kemandirian mereka dalam hidup bermasyarakat. Selain itu, acara jalan-jalan di sawah seperti ini bisa memunculkan rasa tanggung jawab sebagai pimpinan regu, solidaritas terhadap teman teman satu regu maupun beda regu, sekaligus kerjasama dalam tim ketika menghadapi sebuah permasalahan bersama.

“Kalau ada teman yang jatuh ke parit di sawah, kita harus mau menolongnya. Kalau tadi berangkatnya bareng, pulangnya juga bareng-bareng,” ucap Ari, pimpinan Regu Singa.

Lain lagi dengan komentar Matius. Anggota Regu Singa itu berterima kasih kepada teman-temannya karena sudah mau berbagi air minum. “Tadi aku lupa bawa botol minum. Untung dikasih sama teman,” pungkasnya.

Kegiatan penjelajahan alam harus dilakukan secara rutin oleh pembina Pramuka sebagai bentuk penyegaran terhadap kegiatan pelatihan Pramuka. Sejujurnya kegiatan pramuka di mata anak-anak dan remaja zaman sekarang terlihat sangat membosankan. Kegiatan baris-berbaris dan berperilaku disiplin sepertinya tidak menarik bagi anak-anak generasi milenial.

Para pembina Pramuka harus kreatif menciptakan kegiatan pelatihan Pramuka yang beragam. Aneka permainan pun harus diberikan kepada ada peserta didik pelatihan Pramuka. Contoh permainan Pramuka yang bisa anda terapkan adalah permainan kerjasama benar salah, permainan halang rintang, permainan tarian tongkat, permainan karpet terbang, maupun bentuk-bentuk permainan lain yang tidak memerlukan alat-alat khusus tapi tetap menyenangkan.

Para guru pun bisa menjalankan kegiatan icebreaking seperti ini dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Belajar di dalam kelas akan terasa sangat membosankan bila seorang guru tidak bisa menciptakan permainan bergembira atau fun games, ice breaking, au pun beragam kegiatan kebersamaan untuk memecah kebosanan belajar siswa.

Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan anda dalam mencari inspirasi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk pelatihan Pramuka maupun belajar di dalam kelas. Selamat mengajar.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Penjelajahan Alam Bersama Pramuka Penggalang SDN Penggaron Mojowarno Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *