4 Jenis-jenis Seni yang Patut Anda Apresiasi

ondel-ondel-jakarta-yang-ganteng
Seni Rupa ondel-ondel-jakarta-yang-ganteng

Masyarakat jaman modern sangat menyukai seni. Hal ini terbukti dari penggunaan seni dalam berbagai bidang kehidupan. Anda memakai baju dengan seni desain batik yang unik. Anda mengendarai mobil dan motor dengan desain seni desain otomotif yang bagus. Semua jenis peralatan yang kita gunakan sehari-hari menggunakan seni terapan agar terlihat bagus.

Tahukah Anda apa saja jenis-jenis seni yang ada di jaman sekarang? Menurut Rima Yuli Astuti (2009) dalam buku ‘Apresiasi Karya Seni Tari’, berdasarkan proses penciptaannya karya seni dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater.

1. Seni rupa

Seni rupa adalah ungkapan perasaan yang bersifat estetis dan mengandung makna yang dituangkan melalui titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, dan gelap terang. Kenis karya seni rupa meliputi seni lukis, seni grafis, ilustrasi, reklame, dan dekorasi.

Contoh penggunaan ilmu seni rupa dalam kehidupan sehari-hari adalah pengecatan tembok rumah dengan berbagai elemen warna yang disesuaikan dengan selera pemilik rumah. Contoh lain penerapan seni rupa adalah dekorasi pelaminan pada saat resepsi pernikahan, baik pernikahan adat  maupun pernikahan modern.

2. Seni musik

Seni musik adalah ungkapan perasaan estetik dan mengandung makna yang dituangkan melalui bunyi, baik bunyi alat musik maupun suara manusia. Jenis karya seni musik meliputi paduan suara, ansambel, dan orchestra.

Contoh penerapan seni musik adalah penggunaan instrumen lagu wajib nasional dalam upacara kelembagaan. Contoh lain penerapan seni musik adalah Anda bisa mengajarkan nyanyian pada anak-anak dengan tujuan belajar huruf hijaiyah, belajar menghafal nama nabi, maupun untuk tujuan edukasi lainnya.

3. Seni tari

Seni tari adalah ungkapan perasaan yang bersifat estetis dan mengandung makna yang dituangkan melalui gerak tubuh manusia yang indah dan ritmis. Jenis karya seni tari meliputi seni tari tradisional dan seni tari non tradisional.

Contoh penerapan seni tari adalah penampilan tari tradisional pada upacara adat daerah di Nusantara. Selain itu, kesenian Islami juga melibatkan seni gerak dan lagu pada penampilan kelompok Ishari.

4. Seni teater

Seni teater adalah ungkapan perasaan yang bersifat estetis dan mengandung makna yang dituangkan melalui gerak, suara, dan rupa. Jenis karya seni drama meliputi seni teater tradisional dan seni teater non tradisional.

Contoh penggunaan seni teater adalah penampilan seni drama ludruk pada hajatan masyarakat Suku Jawa. Selain itu, seni teater juga tampak dalam kesenian Lenong Betawi.

Bagikan tulisan ini:

7 Replies to “4 Jenis-jenis Seni yang Patut Anda Apresiasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *