Asyik! Belajar Renang di Kolam Renang Tirta Agung Sukoiber Gudo Jombang

Awas jangan salah makna!
Awas jangan salah makna!

Kegiatan Tengah Semester (KTS) murid-murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang berlangsung pada hari Rabu kemarin, 23 Oktober 2019. Kegiatan tengah semester kali ini memilih lokasi di Kolam Renang Tirta Agung. Kolam renang ini berada di sebelah utara dari Lapangan Desa Sukoiber Gudo.

“Asyik! Saya ikut renang,” ujar Arya, murid kelas 1 dengan semangat. Arya dan teman-teman telah menunggu saat ini selama beberapa minggu.

Peserta kegiatan ini adalah murid-murid kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Mereka belajar berenang dengan bapak dan ibu guru yang mendampingi mereka. Sedangkan untuk siswa-siswi kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 SDN Latsari sebelumnya telah mengikuti kegiatan semester tengah melalui acara study tour ke beberapa tempat wisata sejarah di Trowulan Mojokerto.

Perjalanan Seru ke Sukoiber

Murid-murid kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 SDN Latsari telah bersiap mengikuti acara kegiatan tengah semester ke kolam renang. Mereka tampak histeris saat tiba di sekolah pukul 06.30 WIB dan menyaksikan sebuah kereta kelinci telah bersiap untuk mengantar mereka ke kolam renang. Anak-anak itu tidak sabar untuk segera bermain air di Kolam Renang Tirta Agung Sukoiber yang terkenal bersih dan memiliki banyak wahana bermain air. Para orang tua pun merasa aman dan nyaman untuk melepaskan anak-anak mereka berenang di kolam renang Tirta Agung. Di sana setidaknya terdapat 4 orang penjaga kolam kolam yang bertugas untuk menjaga keselamatan anak-anak saat bermain di dalam dalam air.

Rombongan murid-murid SDN Latsari Mojowarno Jombang berangkat ke lokasi Kolam Renang Tirta Agung tepat pukul 07.00 WIB usai mengikuti doa bersama. Mereka menaiki 3 gerbong kereta kelinci. Penulis merupakan salah satu guru pendamping yang ikut mengantarkan para siswa menuju ke lokasi Kolam Renang. Sepanjang perjalanan menuju kolam renang itulah penulis mencoba membangun suasana gembira di dalam gerbong kereta api. Penulis mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu-lagu populer, khususnya lagu anak-anak. Mereka pun mengikuti arahan penulis dengan gembira. Tepuk tangan dan suara canda-tawa terdengar sepanjang perjalanan dari Dusun Guwo sampai ke Desa Sukoiber.

Gembira Berlibur Bersama

Perjalanan dari Dusun Guwo ke Sukoiber membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Anak-anak pun berhamburan keluar dari kereta kelinci saat telah sampai di lapangan Desa Sukoiber yang berada tepat di sebelah timur lokasi Kolam Renang Tirta Agung. Tempat wisata Kolam Renang Tirta Agung berada di Dusun Sukowati Desa Sukoiber Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Penulis telah beberapa kali berkunjung ke obyek wisata kolam renang Sukoiber. Kunjungan ke kolam renang Sukoiber selalu menghadirkan acara liburan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Anak-anak segera memenuhi kolam renang anak setiba di kolam renang Sukoiber. Mereka bermain prosotan air, bermain prosotan kodok melet, tangga berjalan di atas air, dan sebagainya. Sebagian besar siswa belum berani masuk ke dalam kolam renang dewasa. Hanya sedikit di antara mereka yang berani berenang di kolam renang dewasa yang memiliki kedalaman 180 cm. Sebagian besar siswa justru bermain air di area kolam renang anak. Para orang tua tampak senang karena mereka bisa menyaksikan putra-putri mereka bermain dengan gembira. Hanya sedikit di antara orangtua itu yang berpikir sempit dan kurang memberikan keleluasaan bagi anak-anaknya untuk bermain di dalam air lebih lama.

Harga Tiket Masuk

Kolam renang Sukoiber adalah tempat berlibur untuk anak-anak. Kolam renang ini cukup bersih dan luas. Saat ini telah di bangun ruang tunggu di lantai 2 sehingga para orang tua bisa bersantai sambil menunggu anak-anak mereka bermain air di kolam renang. Tiket masuk ke kolam renang sukoiber sebesar Rp10.000 per orang. Dengan harga tiket yang murah itu pengunjung dapat menikmati air yang bersih di kolam renang. Anda juga dapat menyanyikan lagu-lagu kesukaan Anda melalui fasilitas karaoke secara gratis.

Lokasi ruang tunggu kolam renang Sukoiber sering dijadikan tempat berlangsungnya acara reuni dan pertemuan yang meriah bagi teman-teman lama yang ingin melepas kangen dengan kawan mereka. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan acara rapat. Setelah rapat, acara bisa dilanjutkan dengan berenang. Keberadaan lantai 2 dari ruang tunggu sangat memudahkan setiap pengunjung yang ingin bersantai di sini sepanjang hari bersama keluarga mereka.

Tempat Outbond Murah di Jombang

Kolam Renang Tirta Agung di Sukoiber disukai anak-anak dan remaja. Kolam renang Sukoiber saat ini telah berkembang menjadi tempat wisata murah dan terkenal di Kabupaten Jombang. Kolam renang ini juga menjadi obyek wisata yang paling banyak dikunjungi anak-anak di waktu hari libur. Bahkan pada waktu bukan hari libur pun kolam renang Sukoiber banyak dikunjungi oleh para pelajar. Terbukti pada acara KTS kemarin Rabu penulis harus berdesak-desakan dengan anak-anak dari sekolah lain yang sama-sama memiliki kegiatan tengah semester di kolam renang Sukoiber.

Kolam Renang Tirta Agung di Sukoiber Gudo pun dikembangkan menjadi tempat kegiatan outbound yang menyenangkan bagi anak-anak maupun remaja. Sejumlah outbound provider di Jombang sering mengadakan kegiatan outbound di sana. Ragam aktifitas outbond yang dilakukan disana antara lain bermain menggunakan Jembatan Air, menyeberangi kolam dengan ban ganda, hingga bermain flying fox. Permainan flying fox bermanfaat melatih keberanian anak-anak untuk meluncur di jalur kawat besi dari atas ke bawah.

Bagaimana dengan pengalaman anda berlibur ke tempat wisata di Kabupaten Jombang? Apakah anda pernah berenang di kolam renang Tirta Agung Sukoiber Gudo? Bagaimana pengalaman anda berlibur bersama anak-anak? Silakan berbagi cerita pada kolom komentar dibawah ini.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Asyik! Belajar Renang di Kolam Renang Tirta Agung Sukoiber Gudo Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *