Liburan di Kolam Renang Tirta Agung Sukoiber Gudo Jombang

Minggu, 22 April 2018 menjadi waktu yang paling ditunggu para siswa pemenang lomba hafalan Asmaul Husna. Sesuai janji saya, mereka berhak mendapatkan paket liburan gratis ke salah satu tempat wisata di Jombang. Tadi pagi saya mengajak 14 murid-murid kelas tiga berlibur ke Kolam Renang Tirta Agung. Kolam Renang Tirta Agung terletak di Desa Sukoiber Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Obyek wisata di Jombang ini sudah lama dikenal masyarakat Jombang sebagai tempat wisata murah dan menyenangkan.

Lokasi Tirta Agung

Untuk mencapai kolam renang Tirta Agung Sukoiber tidaklah sulit. Jika Anda berangkat dari arah Jombang kota, Anda bisa memilih jalan beraspal menuju Desa Keras Kecamatan Diwek. Usai masuk Desa Keras, Anda belok kanan menuju arah Balai Desa Keras lalu ambil jalur ke Desa Sepanyul. Sebelum masuk ke Desa Sepanyul terdapat pertigaan namun Anda jangan belok. Ikuti jalan beraspal itu lurus saja ke selatan sampai Anda bertemu Balai Desa Sukoiber. Kolam Renang Tirta Agung terletak di seberang jalan depan Balai Desa Sukoiber.

Jika Anda berangkat ke Kolam Renang Tirta Agung dari arah selatan, misalnya dari wilayah Mojowarno, Bareng, Ngoro, Kandangan dan sekitarnya, maka pilihlah jalur ke Pasar Blimbing. Pasar Blimbing menjadi ancer-ancer yang mudah bagi traveler yang ingin tahu lokasi Sukoiber dengan mudah. Dari Pasar Blimbing Anda ikuti jalan lurus ke barat menuju lapangan Desa Sukoiber. Lapangan tersebut terlihat dengan jelas dari jalan raya. Di sudut lapangan terdapat papan penunjuk arah ke kanan menuju Kolam Renang Tirto Agung yang jaraknya sekitar 30 meter.

Harga Tiket Masuk

Saya dan anak-anak tiba di kolam renang Tirta Agung jam delapan pagi. Pertama, kami membeli tiket masuk seharga Rp10.000 per orang. Harga tiket sepuluh ribu ini berlaku untuk hari libur. Untuk kunjungan pada hari biasa, pengunjung cukup membayar Rp8.000 per orang. Tarif ini berlaku flat. Artinya, baik anak-anak maupun orang dewasa bayar tiketnya sama.

Jadi, kalau Anda mau berlibur ke kolam renang Tirta Agung Sukoiber Gudo rame-rame, pilihlah hari biasa, bukan hari libur. Obyek wisata di Jombang ini selalu ramai dikunjungi orang pada hari libur. Sebaliknya, kolam renang Tirta Agung Sukoiber lebih sepi pada hari-hari biasa, yaitu pada hari Senin sampai Kamis. Akan lebih murah dan menyenangkan kalau Anda berkunjung kesana pada weekday saja.

Liburan seru main prosotan di tempat wisata air Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang
Liburan seru main prosotan di tempat wisata air Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang

Daya Tarik Wisata

Setiap pengunjung wajib memberikan tiket masuk ke penjaga pintu. Ternyata pada waktu pagi sudah ada pengunjung yang datang terlebih dulu. Anak-anak pun tak sabar ingin segera menceburkan diri ke kolam renang. Area kolam yang menjadi tujuan pertama adalah bidang seluncur Kodok Melet dan titian tangga di atas kolam dangkal. Seperti ingin balas dendam karena mereka tidak saya ajak berlibur ke Kolam Renang Sumberboto bulan lalu, mereka tampak bermain dengan gembira.

Setelah cukup puas bermain seluncur air, mereka pindah di bawah timba raksasa yang berisi aliran air. Mereka harus menunggu beberapa menit sampai timba penuh dan bergerak perlahan mengguyur tubuh-tubuh mungil itu. Tawa bahagia bercampur dengan teriak histeris anak-anak adalah pengusir stress yang mujarab. Mereka berbaur dengan anak-anak pengunjung lain yang tidak mereka kenal. Tanpa sadar, mereka belajar bersosialisasi.

Belum hilang rasa lelah mereka, kini giliran mereka lanjut bergerak ke kolam renang dewasa. Inilah tugas paling menantang saat berlibur bersama anak-anak ke tempat wisata air di Jombang. Diantara empat belas anak yang ikut, hanya ada satu anak yang mampu mengambang dan berenang di dalam air. Mereka ingin diajarkan berenang satu per satu. Praktis, saya menjadi kewalahan karena harus memperhatikan beberapa anak secara bersamaan.

Hari yang melelahkan baru saja berlalu di kolam renang Tirta Agung Sukoiber Jombang. Anak-anak sangat menyenangi kegiatan hari ini. Acara hari ini mampu memperkenalkan kepada mereka ragam daya tarik wisata di Kabupaten Jombang. Selain menambah wawasan mereka tentang potensi wisata Jombang, mereka pun dapat kembali bersemangat menjalani kegiatan belajar di sekolah esok hari. Sampai jumpa dalam ulasan wisata The Jombang Taste berikutnya!

Awas jangan salah makna!
Awas jangan salah makna! Liburan di kolam renang Sukoiber bukan cuma jalan-jalan tapi juga meningkatkan semangat hidup anak.
Bagikan artikel ini melalui:

23 Replies to “Liburan di Kolam Renang Tirta Agung Sukoiber Gudo Jombang”

  1. Kolam renang sukoiber lumayan bagus untuk liburan anak-anak. tempatnya bersih luas dan banyak permainan. yang aku suka di sana adalah tim keamanan kolam sangat sikap dan Siaga selalu menjaga pengunjung anak-anak yang bermain di air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *