Menjelajahi Alam Sumberboto Bersama Pramuka Penggalang SDN Latsari

Kemarin Sabtu, 31 Maret 2018 penulis dan 31 anggota pramuka penggalang gugus depan SDN Latsari melakukan kegiatan penjelajahan alam di kawasan hutan Wisata Sumberboto. Kegiatan penjelajahan adalah acara rutin yang penulis lakukan tiap tiga bulan sekali. Para siswa selalu gembira mengikuti model pembelajaran di luar ruangan. Penulis memilih Sumberboto karena kemudahan terjangkau dan kelayakan lokasi penjelajahan. Wisata Sumberboto terletak di wilayah Perhutani Jombang yang berbatasan langsung dengan Desa Japanan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang.

Kami tiba di obyek wisata Sumberboto sekitar pukul delapan pagi. Setiba di lokasi, para peserta kegiatan terlihat antusias menyaksikan pemandangan alam kaki Gunung Anjasmoro. Kedatangan kami disambut dengan hadirnya puluhan nyamuk-nyamuk hutan. Maka berhati-hatilah melakukan penjelajahan di dalam hutan. Kalau perlu gunakan lotion pengusir nyamuk supaya Anda bisa berlibur dengan nyaman dan aman.

Barisan telah dibentuk sesuai dengan regu yang dipilih. Setelan itu pasukan berjalan beriringan mengitari bukit di sekitar tempat wisata Sumberboto. Sesekali terdengar nyanyian dan canda tawa anak-anak diantara kegiatan berjalan kaki. Penulis sudah menyiapkan dua pos pemberhentian. Masing-masing pos memberikan tugas yang berbeda kepada para peserta kegiatan. Pos satu mengerjakan tugas Fiqih Jinabat, menghafal 5 doa harian dan menghafal 5 surat pendek dalam Al-Quran. Pos dua mewajibkan mereka menuliskan pemahaman tentang lambang negara dan maknanya.

Penjelajahan dimulai dari tempat parkir Sumberboto kemudian dilanjutkan dengan naik ke atas daerah kolam renang. Setelah itu anak-anak memasuki pintu gerbang Sumberboto yang dikelilingi pohon besar. Kabut tipis masih tampak menyelimuti jalanan. Sementara itu cahaya matahari pagi menerobos dedaunan hutan. Pemandangan tampak seram di pagi itu.

Berenang di Sumberboto

Para peserta tetap mampu menikmati kegiatan penjejalahan ini. Meski agak melelahkan, mereka tampak antusias melanjutkan kegiatan olahraga berenang. Sifat dasar anak-anak adalah suka main air. Mereka tak sabar ingin menceburkan diri ke kolam renang. Byuuuurrr! Satu per satu murid meloncat ke air.

Air kolam renang Sumberboto berasal dari air sumber alami sehingga masih kaya mineral alam. Air kolam terasa dingin merendam kulit di pagi hari yang sepi itu. Inilah sajian utama liburan ke obyek wisata Sumberboto hari itu. Olahraga air di kolam renang Sumberboto sungguh menguji kekuatan fisik. Orang-orang bertubuh kurus cenderung lebih mudah kedinginan di kolam renang.

Biaya Liburan

Biaya liburan ke tempat wisata Sumberboto bervariasi antara hari-hari biasa (Senin sampai Jumat) dan akhir pekan (Sabtu dan Minggu). Oleh karena itu, rencanakan waktu liburan Anda dengan tepat.

Hari biasa antara Senin sampai Jumat:

Tiket masuk kawasan wisata: Rp6.500

Tiket masuk kolam renang: Rp5.000

Sewa mobil: Rp200.000

Akhir pekan antara Sabtu sampai Minggu:

Tiket masuk: Rp6.500

Kolam renang: Rp7.500

Sewa mobil Rp250.000

Liburan ke Sumberboto bisa menjadi acara yang sangat menarik, apalagi bila dilakukan bersama kawan-kawan. Meski demikian, pertimbangkan juga faktor biaya, keamanan dan kesehatan badan. Semoga traveling Anda di obyek wisata di Jombang bisa menyenangkan. Nah, sekarang Anda mau berlibur ke tempat wisata mana?

Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang
Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang
Bagikan artikel ini melalui:

12 Replies to “Menjelajahi Alam Sumberboto Bersama Pramuka Penggalang SDN Latsari”

  1. Outdoor learning is very good to create a good team-work. Artikel ini khas gaya bahasa para petualang. Sederhana dan berbobot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *