Liburan Seru di Kolam Renang Sumberboto dengan Sumber Air Pegunungan Asli

Awas jangan salah makna!
Awas jangan salah makna! Berenang bisa jadi olahraga sekaligus refreshing bagi anak-anak.

Sumberboto adalah salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Kabupaten Jombang. Objek wisata alam ini terletak di Desa Japanan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Popularitas Sumberboto sebagai tempat liburan sudah dikenal masyarakat Jombang sejak bertahun-tahun lalu. Saat ini Sumberboto masih menjadi destinasi wisata favorit di Kabupaten Jombang. Salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata alam di Jombang ini adalah keadaan alamnya yang bergunung dan memiliki tempat berkemah yang cukup luas. Selain itu objek wisata sumberboto memiliki kolam renang yang berair jernih dan bersumber langsung dari pegunungan. Hari ini, Selasa 9 Oktober 2018, saya berkesempatan berkunjung lagi ke obyek wisata sumberboto di Jombang. Benar-benar menjadi traveling yang menyenangkan bagi saya dan para murid setelah melangsungkan ulangan tengah semester.

Kunjungan saya hari ini dilakukan pada waktu Kota Jombang sedang berlangsung musim kemarau. Perjalanan menuju obyek wisata Sumber Boto berlangsung dengan kondisi udara cukup panas meskipun baru jam 08.00 WIB. Sepanjang perjalanan menuju sumber boto keceriaan anak-anak terdengar dari suara tawa mereka. Mendekati tempat loket masuk Wanawisata Sumberboto, anak-anak semakin bergembira. Harga tiket masuk ke Wisata Sumberboto adalah Rp7.500 per orang. Harga ini berlangsung berlaku secara umum, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sebelum mencapai ke kolam renang, kami berjalan kaki dari pintu gerbang di dekat loket masuk Sumberboto menuju ke atas bukit yang berakhir di dekat kolam renang sumberboto. Perjalanan menempuh jarak kurang lebih 1 km itu membutuhkan waktu setengah jam karena sambil berjalan kami memperhatikan lingkungan di sekitar kaki Gunung Anjasmoro. Musim kemarau menyajikan pemandangan alam pohon meranggas. Daun kering berguguran tersapu angin. Kami berhenti di dekat Monumen Sumberboto yang fenomenal.

Pada saat sampai di sekitar kolam renang, kami pun membayar tiket masuk ke kolam renang sebesar Rp5.000 per orang. Harga tiket masuk ke kolam renang Sumberboto berbeda-beda. Jika anda berkunjung kesana pada hari Senin sampai Jumat maka harga tiket yang berlaku adalah Rp5.000 per orang. Namun jika anda berkunjung kesana pada hari Sabtu dan Minggu maka harga tiket yang berlaku adalah Rp10.000 per orang. Keunggulan kolam renang Sumberboto adalah airnya bersumber langsung dari air pegunungan. Air kolam itu tidak mengandung bahan penjernih kimia, misalnya kaporit, sehingga air kolam ini aman untuk dipakai anak-anak. Air kolam itu terus mengalir dari sumber air Sumberboto dan disalurkan lewat pipa-pipa air.

Secara umum terdapat dua buah kolam renang di Sumberboto. Sebuah kolam renang anak-anak terletak di luar area kolam utama dan bisa dipakai secara gratis oleh setiap pengunjung Sumberboto. Kedalaman kolam renang anak-anak itu 70 cm. Sedangkan kolam renang satunya lagi ditujukan untuk orang dewasa. Kolam renang itu memiliki tiga jenis kedalaman yang berbeda-beda, yaitu 80 cm 120 cm dan 2 meter. Sebelum memasuki air kolam pastikan anda mengukur ketinggian anak terlebih dahulu supaya aman dan bisa berenang dengan nyaman. Anak-anak yang berkunjung ke kolam renang sumberboto merasa senang karena airnya bersih. Mereka bisa menyewa pelampung yang terbuat dari ban dalam dengan harga sewa sebesar Rp3.000 per pelampung. Sedangkan untuk menyewa celana renang harganya sebesar Rp3.000 per buah. Cara ini bisa jadi solusi tepat saat Anda mendadak diajak teman berkunjung ke tempat wisata alam Sumberboto tanpa persiapan sebelumnya.

Kolam renang sumberboto dilengkapi dengan kamar mandi yang lumayan bersih dan airnya terus mengalir dari sumber air pegunungan. Di sana terdapat empat buah kamar mandi yang bisa digunakan oleh pengunjung secara gratis. Selain itu di luar area kolam renang Sumberboto terdapat beberapa bangunan kamar mandi dan toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung secara berbayar. Objek wisata di Jombang ini saat ini dikenal pelajar sebagai salah satu tempat perkemahan yang terkenal di sekitar Jawa Timur. Mereka mendirikan tenda di area bumi perkemahan. Salah satu kegiatan dalam berkemah adalah berenang di kolam renang sumberboto. Kolam renang Sumberboto buka mulai jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 sore. Anda bisa berkunjung ke sini setiap hari Mulai dari Senin sampai dengan minggu. Puncak keramaian kunjungan ke kolam renang Sumberboto adalah hari Minggu. Oleh karena itu pastikan anda mempersiapkan waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana. Mari liburan dan berenang di obyek wisata Sumberboto di Kabupaten Jombang!

Bagikan artikel ini melalui:

27 Replies to “Liburan Seru di Kolam Renang Sumberboto dengan Sumber Air Pegunungan Asli”

  1. Liburan ke kolam renang sumberboto sangat menyenangkan. airnya jernih dan udaranya segar. Aku juga suka berlibur ke sana sumberboto adalah tempat wisata yang indah.

  2. Sumber boto tempat yang sangat asri dan lumayan bagus untuk tempat berlibur anak-anak. hanya saja kita perlu berhati-hati selama bermain di dalam hutan agar tidak tersesat. zaman sekarang sudah lebih baik akses menuju Sumber Boto karena jalan-jalan sudah dibangun dengan aspal dan di sekitar lokasi wisata sudah banyak didirikan warung-warung makanan.

  3. Kalau cari tempat berenang yang enak di Jombang yang tepat ya akuatik STKIP Jombang. sumberboto memang bagus airnya bersih dan alami tapi tempatnya tidak terlalu luas… jadi kalau mau liburan ke sana bersama rombongan tidak saya rekomendasikan pilih sumberboto.

  4. Apakah di sana Ada petugas keamanan kolam renang? Apakah di sana menyediakan kamar mandi yang berbeda untuk pengunjung pria dan wanita?

  5. Indonesia alamnya indah dan masih banyak potensi yang belum diolah dengan baik.
    Seandainya semuanya bisa digunakan secara optimal maka tidak ada lagi rakyat miskin di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *