Gurihnya Kuliner Udang Penyet Warung Lembah Ginten Mundusewu Jombang

kuliner Jombang penggugah selera…

Berlibur ke berbagai tempat wisata di Jombang rasanya belum lengkap kalau kita belum mencicipi sajian khas kuliner daerah setempat. Kemarin Minggu, 30 Desember 2018 saya berkunjung ke wisata Lembah Ginten. Obyek wisata Lembah Ginten terletak di Dusun Mindi Desa Mundusewu Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Lokasinya mudah dijangkau oleh pengunjung umum karena terhubung dengan jalan kota yang melewati Kecamatan Ngoro, khususnya Desa Tebel. Inilah tujuan wisata kuliner murah di Jombang yang rasanya enak dan tempatnya cukup romantis. Warung Lembah Ginten juga dilengkapi dengan tiga buah kolam renang untuk anak-anak. Tempat makan di Jombang selatan ini juga dilengkapi aula untuk pertemuan dan karaoke keluarga. Seru sekali, bukan?

Bila Anda berangkat liburan dari arah selatan (Kandangan, Pare, Jombang Kota dan sekitarnya) maka anda bisa menuju pertigaan Tebel. Setelah dari pertigaan Tebel, anda arahkan kendaraan ke timur melewati sawah. Pemandangan hamparan sawah yang hijau tersaji di hadapan anda. Panorama makin indah lagi ditambah dengan pemandangan Gunung Anjasmoro yang berdiri tegak di arah timur sana. Tugu desa berisi ucapan selamat datang di Desa Mundusewu terpapar jelas di hadapan anda. Anda tinggal mengikuti arah jalan itu lurus saja sampai menuju ke ujung jalan desa. Di situlah letak Warung Lembah Ginten yang menyediakan puluhan saung tempat makan bernuansa alam.

Wisata Kuliner Enak

Menu favorit kuliner Lembah Ginten yang paling saya suka adalah udang penyet. Sesuai namanya, udang penyet adalah makanan yang terdiri dari udang goreng dengan sambal penyetan ditambah dengan lalapan dan nasi putih. Satu porsi udang penyet harganya Rp16.000 saja. Rasa udangnya gurih sekali. Ukuran udang kecil karena hasil tangkapan warga di aliran sungai sekitar Lembah Ginten. Ketika saya berkunjung kesana kemarin, hari sudah sore dan tersisa sedikit pengunjung anak-anak sehingga saya bisa leluasa menikmati kuliner khas Lembah Ginten. Udara perbukitan Lembah Ginten cukup sejuk. Gerimis kecil mewarnai sekitar lingkungan Mundusewu sehingga kondisi udara cukup sejuk waktu itu. Bunga-bunga kertas mekar di penghujung tahun 2018 ini. Benar-benar acara makan yang romantis dan menyenangkan.

Saya harus menunggu sekitar 15 menit untuk mendapatkan satu porsi udang penyet yang rasanya gurih. Udangnya terasa kres sekali dan kadar pedasnya tidak terlalu pedas. Kesegaran daging udang daging terasa sekali. Makanan ala pedesaan seperti ini yang saya suka. Tidak terlalu banyak zat aditif yang digunakan dan tidak menggunakan bahan pengawet kimia. Sementara itu lalapannya terdiri dari potongan buah mentimun, daun kemangi dan kubis. Acara makan-makan makin sedap karena ditambah segelas minuman es jeruk seharga Rp4.000 per gelas. Rasanya tidak terlalu manis, khas buah jeruk Jombangan. Mencicipi wisata kuliner di Lembah Ginten tentu saja memberikan pengalaman tersendiri dibanding mencoba wisata kuliner lain di sekitar Kabupaten Jombang bagian Selatan.

Pelayanan Oke

Pelayanan warung Lembah Ginten terbilang cukup ramah. Penjual dan kasirnya selalu tersenyum kepada pembeli yang datang ke sana. Sementara itu kebersihan lokasi makan juga cukup terjaga dengan baik. Jika dinilai dari skala 1 sampai 10 secara umum warung makan Lembah Ginten memiliki nilai 8. Bila dibandingkan beberapa tempat makan lain di daerah bareng, misalnya warung Tandjoeng Dhahar maka masih lebih baik penataan dekorasi warung Tandjoeng Dhahar. Hanya saja Lembah Ginten memiliki keunggulan lokasinya yang terkesan natural atau alami. Untuk citarasa makanan, masih lebih baik di Lembah Ginten karena bahan makanannya masih fresh dan bumbunya terasa sekali.

Liburan seru bukan hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan. Apakah Anda tertarik mencoba kelezatan kuliner Lembah Ginten? Ajak keluarga Anda berlibur kesana. Kalau kurang puas, mampir juga ke Agrowisata Bale Tani di Banjaragung Bareng, hanya 15 menit perjalanan naik motor dari Mundusewu. Bila Anda memiliki waktu liburan lebih panjang, mampir juga ke Wana Wisata Sumberboto. Berlibur ke tempat wisata di Jombang selalu menyenangkan hati semua orang. Ayo berkunjung ke obyek wisata Lembah Ginten sekaligus mencicipi beragam kuliner lezat ala makanan pedesaan Jombang!

 

Bagikan tulisan ini:

18 Replies to “Gurihnya Kuliner Udang Penyet Warung Lembah Ginten Mundusewu Jombang”

  1. Kalau baca liputan Mas Agus di atas… rasanya Saya ingin punya rumah di Jombang saja. warganya ramah… makanannya enak… dan banyak tempat wisata yang asik untuk dijadikan tujuan berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *