Monumen Perjuangan Pasukan Wanara di Sumberboto Mojowarno Jombang

Agus Siswoyo - Aktifitas penjelajahan alam dan berlibur di daerah pantai
Agus Siswoyo – Aktifitas penjelajahan alam di sekitar gua di daerah pegunungan.

Kisah perjuangan para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia telah dibuktikan dengan keberadaan berbagai macam tempat wisata monumen sejarah. Salah satu monumen bersejarah yang ada di Kabupaten Jombang adalah Monumen Perjuangan Pasukan Wanara di tempat wisata alam Sumberboto. Sumberboto terletak di Desa Japanan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Sumberboto jaman now menjadi salah satu obyek wisata alam yang terkenal di Kabupaten Jombang. Sumberboto juga memiliki kolam renang yang mempunyai sumber air asli dari pegunungan yang terletak di kaki Gunung Anjasmoro. Sumberboto merupakan tempat pertarungan Pasukan Wanara di era perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Rabu 10 Oktober 2018 tadi pagi, saya berkunjung kembali ke obyek wisata Sumberboto dalam rangkaian acara belajar di luar ruangan bersama para siswa di lembaga pendidikan tempat saya mengajar. Monumen Sumberboto sangat ikonik sehingga saya tertarik membahas secara khusus dalam artikel blog The Jombang Taste ini. Obyek wisata bersejarah Monumen sumberboto terdiri dari 2 buah patung manusia yang sedang berperang. Salah satu patung tersebut menunjukkan manusia yang sedang memegang bom granat. Sedangkan di sisi lain tampak patung seorang manusia yang sedang terluka dan berusaha bangkit di atas tanah. Bangunan Monumen itu sangat terkenal sehingga menjadi latar belakang foto yang menarik bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Sumberboto.

Tempat wisata alam Sumber Boto menjadi salah satu ciri khas objek wisata di Kabupaten Jombang. Anda bisa berkunjung ke sana setiap hari, mulai dari Senin sampai dengan Minggu. Harga tiket masuk ke obyek wisata Sumber Boto adalah Rp7.500 per orang dan berlaku secara umum baik pada hari biasa maupun hari libur. Tidak ada biaya tambahan untuk memasuki Monumen Sejarah Sumberboto. Hanya saja jika Anda berminat berenang di kolam renang Sumberboto maka anda harus membayar biaya tambahan lagi yang besarnya antara Rp5.000 sampai dengan Rp10.000 tergantung hari kunjungan Anda. Puncak keramaian kunjungan wisatawan ke Kolam Renang Sumberboto adalah pada hari Sabtu dan Minggu setiap pekan. Meski demikian pada hari biasa pun terdapat banyak pelajar dan anggota Pramuka yang berkemah disana.

Monumen Sumberboto berada di salah satu sudut kolam renang namun masih terpisahkan oleh pagar besi yang melindunginya. Pada sisi barat dan sisi timur obyek wisata sejarah Monumen Sumberboto terdapat lukisan timbul atau relief yang menggambarkan perjuangan pasukan Wanara dan pelajar sekolah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan RI dari serangan Belanda yang mencoba melakukan Agresi Militer. Sedangkan pada sisi utara dan sisi selatan Monumen Bersejarah Sumberboto terdapat tulisan nama-nama pahlawan yang gugur dalam pertempuran di hutan kaki Gunung Anjasmoro tersebut. Monumen ini adalah tempat belajar bagi sebagian besar siswa yang berkunjung ke sana. Mereka umumnya mendapatkan tugas dari guru sekolah untuk menuliskan kondisi lingkungan alam wisata Sumber Boto dan nama-nama pahlawan yang tertulis di monumen bersejarah di Kabupaten Jombang itu.

Objek wisata Monumen sumberboto bisa menjadi tujuan berlibur yang tepat untuk para pelajar sekolah. Mereka bisa mempelajari sejarah masa lalu perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari rongrongan bangsa asing. Tempat wisata bersejarah Monumen Perjuangan Pasukan Wanara sumberboto bisa menjadi tujuan berlibur yang memiliki sisi edukasi atau pendidikan. Selanjutnya, sambil berlibur ke sana Anda bisa menikmati pemandangan alam pegunungan yang asri ataupun sekedar jalan-jalan di antara pohon-pohon besar di bumi perkemahan Sumberboto. Jika anda memiliki waktu luang tidak ada salahnya berkunjung ke sumberboto sekaligus berenang di kolam renang yang bersih dan asri.

Lokasi sumberboto mudah dijangkau oleh transportasi darat. Jika Anda berangkat dari Surabaya maka tujuan perjalanan Anda adalah sub terminal Mojoagung. Dari sana anda harus belok kiri menuju papan petunjuk arah yang bertuliskan Pemandian Sumberboto. Selanjutnya, Anda butuh waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Desa Japanan. Pada kiri jalan terdapat papan penunjuk arah Sumberboto. Ikuti saja jalan beraspal itu lurus. Jangan ragu bertanya kepada penduduk sekitar lokasi, mereka sangat ramah dan bisa memandu Anda sampai di tujuan berlibur. Jika Anda berniat berlibur ke wisata Sumber Boto lebih baik membawa makanan dari rumah karena disana tidak ada penjual makanan enak yang layak dibeli. Kalaupun ada warung-warung rakyat yang buka, umumnya mereka hanya menjual kopi dan minuman ringan.

Nilai minus tempat wisata Monumen Sumber Boto adalah tidak ada stand penjual oleh-oleh khas daerah setempat. Jangan berharap Anda bisa membeli kaos dan beragam cenderamata yang unik, disana tidak ada pusat oleh-oleh khas Jombang. Entahlah, dari dulu sampai sekarang belum ada warga sekitar lokasi Sumberboto yang berminat membuat kerajinan tangan oleh-oleh khas Sumberboto. Meski demikian, kalau Anda berminat liburan untuk melepas stress kerja, Sumberboto memang lokasi berlibur di Jombang yang tepat. Nah, bagaimana dengan rencana liburan Anda bulan depan? Sudah siap berkunjung ke monumen sejarah Sumberboto?

Bagikan artikel ini melalui:

26 Replies to “Monumen Perjuangan Pasukan Wanara di Sumberboto Mojowarno Jombang”

  1. Jombang hebat bkn krn bnyk orang pintar, tp krn warganya bisa menghargai dan mendoakan para pahlawan. Sukses terus mas liputannya. Ditunggu cerita tempat2 unik lain dari Kab. Jombang.

  2. Kids zaman now mulai males pergi ke tempat wisata Museum. mereka tidak memiliki alasan mengapa perlu datang ke sana. kalaupun mereka dipaksa ke sana itu pun sekedar lihat-lihat dan berfoto selfie dengan teman-teman. jadi pengaruh unsur pendidikannya kurang terasa bagi mereka.

  3. Tempat wisata sumberboto memang sangat bagus. Oleh karena itu masyarakat harus terus mengunjunginya. Saya tidak setuju Kalau tempat wisata di rusak dengan tulisan dan coretan yang tidak perlu.

  4. Saat ini sedang marak pengembangan wisata alam menjadi tempat wisata terbaru kekinian. kalau tidak begitu maka akan ketinggalan zaman. lagi pula yang dipentingkan anak muda zaman sekarang adalah bisa berfoto dengan background wisata yang unik. kalau soal yang lainnya tidak terlalu dipentingkan

  5. Saya juga sudah pernah berkunjung ke beberapa objek wisata daerah yang memiliki potensi bagus untuk di kembangkan. Hanya saja sebagian besar dari mereka saling menyalahkan satu sama lain atau berebut hasil pengolahan tempat wisata itu sehingga pemanfaatannya tidak optimal.

  6. Aku juga mengenal banyak tempat wisata sejarah di Indonesia. umumnya tempat itu tidak pernah didatangi anak muda. mereka sudah tidak peduli dengan kisah perjuangan pahlawan di masa lalu. yang ada dalam pikiran mereka adalah bagaimana hidupnya ke depan sungguh sangat miris dan memprihatinkan.

  7. Sumberboto dari dulu memang sudah jadi wisata andalan di Jombang. tiket pemasukan dari sumber Boto sangat banyak. Ya eman-eman kalau sumberboto dibiarkan begitu saja. pemerintah Desa setempat harusnya memberikan inisiatif kepada Perum Perhutani dalam mengelola objek wisata di mojowarno ini.

  8. Objek wisata sumberboto masih banyak hutan yang alami. namun sebagian hutan di sana sudah gundul karena sering ditebang oleh masyarakat. waspadalah saat berlibur di sana terhadap bahaya tanah longsor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *