Cintaku Tertinggal di Bumi Perkemahan Sumberboto Mojowarno Jombang

Agus Siswoyo - Aktifitas penjelajahan alam dan berlibur di daerah pantai
Agus Siswoyo – Aktifitas penjelajahan alam di sekitar daerah pegunungan memang melelahkan. Tapi kesenangan yang didapat mampu mengalahkan segala penat yang tercipta.

Berkemah dan menjelajah alam adalah aktifitas favorit saya saat berkunjung ke tempat wisata alam. Segarnya udara alami membuat saya selalu ingin berlama-lama berlibur dengan cara berkemah. Salah satu tempat wisata favorit saya di Jombang adalah Wana Wisata Sumberboto. Sumberboto memiliki tempat perkemahan yang luas sehingga obyek wisata di Jombang ini lebih dikenal dengan nama Bumi Perkemahan Sumberboto. Ada banyak mitos seputar Sumberboto yang beredar di masyarakat namun semua itu tidak mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung kesana. Jauh sebelum kemunculan Wisata Bukit Embag, Agrowisata Bale Tani, maupun banyak obyek wisata terbaru di Jombang, Sumberboto sudah dikenal sebagai tempat wisata andalan yang dikelola oleh Perhutani.

Sumberboto terletak di Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Obyek wisata alam ini berdekatan lokasinya dengan Bale Tani. Rute menuju Sumberboto pun tidak terlalu sukar. Bila Anda berangkat dari arah Surabaya, pastikan Anda melaju ke Sub Terminal Mojoagung. Dari Mojoagung Anda belok kiri ke arah SMPN 2 Mojowarno. Butuh waktu sekitar 15 menit jika ditempuh dengan mobil berkecepatan sedang. Jangan khawatirkan persediaan logistik. Terdapat banyak toko dan warung milik warga di sekitar lokasi yang bisa Anda pilih untuk berbelanja kebutuhan selama berkemah disana. Siapkan dana yang cukup untuk sekedar berkemah disana selama satu atau dua hari. Jangan khawatir masalah keamanan. Penjagaan di lokasi berkemah lumayan tertib dan aman.

Daya tarik obyek wisata Sumberboto adalah lingkungan alamnya yang asri. Ada banyak pohon rindang penghasil oksigen untuk Anda nikmati. Selain itu ada juga sebuah kolam renang yang memiliki beberapa tingkat kedalaman. Istimewanya nih, air kolam berasal dari sumber alami yang setiap saat mengalir tiada henti. Air kolam renang bebas kaporit dan tentu saja menyehatkan badan. Inilah bagian Sumberboto yang sulit saya lupakan. Saya pun selalu ingin kesana lagi seperti momen Jambore Santri dan Penjelajahan Pramuka bulan lalu. Saat itu saya mengajak beberapa anak untuk ikut berlomba dalam sejumlah cabang lomba bidang keagamaan dan kepramukaan. Mereka mengaku senang bisa berlibur ke Sumberboto sebagai salah satu jadwal kegiatan lomba.

Bagi Anda para pendidik murid sekolah dasar bisa mengajak para siswa untuk melakukan outbound di area wisata alam Sumberboto. Telah dibangun playground area di Sumberboto pada Mei 2018 lalu. Paket outbound Sumberboto harganya Rp35.000 per anak. Biaya itu sudah termasuk tiket masuk ke lokasi tempat wisata. Murid-murid bisa menikmati arena bermain di luar ruangan, bermain flying fox, dan berenang. Inilah paket outbond paling murah yang pernah saya dapatkan di Jombang. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dengan mengikuti outbond di daerah wisata alam pegunungan. Anak-anak akan belajar mencintai alam dan merasa hidupnya bergantung pada usaha pelestarian alam. Mereka juga bisa membangun kerjasama tim melalui permainan outbond di wisata Sumberboto. Penasaran ingin berlibur ke Sumberboto? Let’s go!

Bagikan artikel ini melalui:

25 Replies to “Cintaku Tertinggal di Bumi Perkemahan Sumberboto Mojowarno Jombang”

  1. Doing outdoor activity is good for you. it is good time to be strong and get a good leader. on the other hand you can make something nice from People you get involved in the outbound area.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *