Nikmatnya Sate Telur Warung Cabang Purnama di Banjaragung, Bareng, Jombang

Selamat pagi pecinta kuliner Jombang! Bagaimana kabar kawan-kawan komunitas blogger Jombang hari ini? Mudah-mudahan kalian selalu bersemangat menjalani aktivitas di masa pandemi ini. Blog The Jombang Taste kembali hadir menyapa anda dengan ulasan wisata kuliner di Jombang. Kali ini penulis mencicipi salah satu wisata kuliner yang paling terkenal di Jawa Timur, yaitu menu makanan warung cabang Purnama.

Nama warung Purnama sudah menjadi jaminan rasa yang lezat bagi pecinta wisata kuliner yang ada di Jawa Timur. Warung ini memiliki cabang dimana-mana dan hampir di semua kota atau Kabupaten di wilayah provinsi Jawa Timur. Warung Purnama memiliki standart rasa yang pasti dijamin kelezatannya. Nah, kali ini penulis berkunjung ke warung Purnama yang ada di Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang.

Kunjungan penulis ke warung Purnama Banjaragung dilakukan pada malam pergantian tahun Hijriah beberapa hari lalu, tepatnya pada Rabu 19 Agustus 2020. Perjalanan dari Mojowarno ke Desa Jarak Wonosalam di sore hari membuat perut lapar. Penulis dan teman-teman mampir ke warung Purnama yang lokasinya tidak jauh dari SMK Satria.

Jika Anda berangkat dari arah utara, maka lokasi Warung Purnama Banjaragung terletak setelah obyek wisata Bale Tani di Dusun Serning Desa Banjaragung. Jarak dari Bale Tani ke warung Purnama sekitar 1 km ke arah selatan. Sebaliknya, jika Anda berangkat dari arah selatan maka dari Pasar Bareng ke lokasi Warung Purnama ini jaraknya kurang lebih 1 km juga. 

Kuliner nasi soto ayam dengan tambahan sate telur
Kuliner nasi soto ayam dengan tambahan sate telur

Kuliner Enak dan Murah di Jombang

Sebagaimana warung-warung cabang Purnama yang lain, menu yang dijual di sana pada umumnya adalah ayam goreng, bebek goreng, tempe penyet dan jeroan goreng. Namun kali ini penulis memilih menu kuliner sate telur. Telur yang digunakan adalah bagian dalamnya saja, yaitu bagian kuning telur. Selama ini penulis belum pernah mencicipi sate telur di warung Purnama. Penulis hanya pernah mencoba kelezatan bebek goreng dan ayam goreng di warung Purnama.

Kuliner sate telur yang dijual di warung cabang Purnama harganya Rp15.000 per porsi. Satu porsi sate telur terdiri dari nasi putih, 1 tusuk kuning telur yang kecil-kecil, serta lalapan dan sambal. Telur yang digunakan adalah telur yang belum dikeluarkan dari saluran pelepasan ayam atau bebek, tetapi masih berada di dalam organ dalam hewan tersebut sehingga belum memiliki cangkang telur. Bagian telur yang terlihat pada saat itu adalah bagian kuningnya saja.

Wisata kuliner kuning telur tidak direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah pada kesehatan, misalkan kadar kolesterol yang tinggi dan asam urat. Namun bagi Anda yang berada dalam kategori sehat-sehat saja bolehlah mencoba wisata kuliner ini. Rasa sate telur buatan warung Purnama ini cukup enak. Ditambah lagi sambalnya yang khas warung Purnama semakin membuat kita bersemangat menghabiskan satu porsi makanan khas Jawa Timur ini.

Warung cabang Purnama yang berada di Banjaragung lokasinya cukup bersih. Walaupun berada di pinggir jalan tapi pengelola warung cukup menjaga kebersihan tempat makan dari debu-debu yang berterbangan di musim kemarau seperti saat ini. Pelayanan penjualnya juga cukup ramah sehingga membuat kita nyaman berlama-lama menghabiskan waktu makan sore di warung Purnama ini.

Bagaimana dengan pengalaman Anda berwisata kuliner di Jombang? Apakah anda sudah pernah mencoba sate telur yang ada di warung Purnama? Silakan berbagi pengalaman Anda mencicipi kelezatan wisata kuliner Jombang. Berbagi ceritanya pada kolom komentar di bawah ini ya. Sampai jumpa dalam review wisata kuliner Jombang selanjutnya bersama Blog The Jombang Taste.

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Nikmatnya Sate Telur Warung Cabang Purnama di Banjaragung, Bareng, Jombang”

  1. Sebelum dan sesudah makan jangan lupa berdoa ya Kak. Semoga makanannya menjadi berkah dan menjadikan tubuh kita sehat selalu di masa pandemi ini. Ragam wisata kuliner Jombang memang banyak menunya dan bikin kita tergoda mencicipinya.

  2. Apakah warung Purnama di bareng ini memiliki layanan pesan antar ke daerah mojowarno? kalau ada Saya minta nomor kontaknya.

  3. mas agus makan terus tapi kok nggak gemuk ya. apakah ada tips khusus supaya tetap sehat walaupun aktif berwisata kuliner?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *