Pedasnya Mie Astaghfirullah Bikin Kapok Setiap Penyuka Kuliner Jombang

Makanan pedas adalah salah satu jenis kuliner yang banyak digemari oleh para traveler dan wisatawan ketika mereka berlibur ke suatu daerah. Kuliner Jombang pun memiliki variasi makanan pedas yang tidak kalah banyaknya dibanding kota-kota lain di Jawa Timur.

Setelah pada artikel sebelumnya penulis sudah membahas kuliner rica-rica menthok super pedas di Warung Bu Suhar Bareng, kali ini penulis kembali menemukan wisata kuliner bercita rasa pedas bernama Mie Astagfirullah. Mengapa namanya astaghfirulloh? Karena sensasi pedas makanan ini bikin orang bilang astaghfirulloh.

Tempat Wisata Kuliner di Jombang

Mie Astagfirullah dijual di salah satu stand Pujasera Adni. Pujasera Adni terletak di Tebuireng, Cukir, Jombang. Tebuireng saat ini telah memiliki obyek wisata Museum Islam Nusantara K.H. Hasyim Asyari (MINHA) yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada akhir Desember 2018 lalu. Limpahan pengunjung MINHA adalah target pemasaran produk-produk kuliner Jombang di Pujasera Adni.

Pujasera Adni menyediakan beragam wisata kuliner khas jombang mulai dari nasi soto ayam, nasi rawon, geprek ayam, nasi goreng, hingga beragam menu mie ayam. Menu Mie ayam yang paling unik dan bikin orang penasaran adalah Mie Astaghfirullah. Mie Astaghfirullah dijual Rp10.000 per paket. Satu paket Mie Astaghfirullah terdiri dari sepiring mie lengkap dengan pangsit dan siomay serta satu gelas minuman es teh. Keberadaan siomay bisa diganti keju. Perpaduan mie dan es klop sekali.

Tempat Makan Enak di Tebuireng

Keunikan cita rasa kuliner Mie Astaghfirullah adalah rasa pedasnya yang tidak biasa. Penulis pertama kali mencicipi makanan Mie Astaghfirullah pada Selasa, 5 Februari 2019 kemarin bertepatan dengan perayaan libur nasional Tahun Baru Imlek. Suasana libur nasional di kawasan Pondok Pesantren Tebuireng terlihat semarak.

Para santri, pelajar dan mahasiswa yang biasanya melakukan aktivitas belajar di sekolah dan pondok pesantren siang itu memiliki waktu luang untuk jalan-jalan keluar dari asrama. Mereka mencoba beragam wisata kuliner Jombang di Pujasera Adni Tebuireng. Ditambah lagi pengembangan kawasan wisata Makam Gus Dur makin pesat. Tak pelak lagi banyak peziarah yang mampir ke tempat wisata kuliner di Jombang Selatan ini.

Wisata Kuliner Murah di Jombang

Penulis penasaran dengan komentar beberapa santri Tebuireng yang mengatakan bahwa mie ayam bernama ‘astaghfirullah’ rasanya unik, pedasnya nendang dan memang demikian adanya. Penampilan Mie Astaghfirullah dari luar sepertinya biasa-biasa saja. Tidak sedikit pun tampak warna merah olahan cabe yang selama ini identik dengan rasa pedas. Demikian juga pada permukaan Mie Astaghfirullah tidak ditemukan adanya saus tomat bercita rasa pedas.

Namun ketika penulis mencoba makan beberapa suap mie baru terasa pedasnya. Keringat bercucuran di dahi lalu menghujani kemeja yang saya pakai. Keberadaan setumpuk pangsit, potongan sosis, sayur lalapan, dan es teh tidak banyak meredakan rasa pedas yang menyengat lidah. Pedasnya Mie Astaghfirulloh bikin penulis kapok datang lagi kesana.

Pelayanan Mie Astaghfirullah terbilang cukup ramah. Pramusaji menyajikan makanan dengan cekatan dan sopan. Harga Mie Astaghfirullah terbilang cukup terjangkau oleh kantong santri dan pelajar yang tinggal di kawasan kompleks Pondok Pesantren Tebuireng dan sekitarnya. Mereka pun menyukai menu makanan pedas yang satu ini.

Ragam Wisata Kuliner di Jombang

Satu-satunya kekurangan berwisata kuliner di Mie Astaghfirullah adalah lokasi makan yang berada di luar ruangan terasa gerah. Meskipun sudah terdapat kanopi sebagai penutup atap dan kursi di luar ruangan tetap saja suasana panas masih menyengat kulit pada siang hari itu. Andaikan ada sistem pendinginan yang lebih baik tentu makin banyak pengunjung rela bersantai lebih lama di Pujasera Adni.

Demikian ulasan singkat penulis mengenai kuliner Mie Astaghfirullah yang berada di Pujasera Adni Tebuireng. Jika Anda berminat makan disana silakan mengunjungi Pujasera Adni setiap hari Senin sampai Minggu pukul 08.00 sampai 17.00 sore. Pilihan wisata kuliner lain di sekitar Tebuireng adalah mie ayam ceker, mie ayam Ragil, nasi bebek Cak Anton, nasi bebek Sumber Waras, sate kambing Haji Faqih, dan sejumlah warung kaki lima lainnya.

Ragam wisata kuliner di Tebuireng itu harganya murah, rasanya enak dan diolah di lingkungan agamis yang memperhatikan faktor kehalalan makanan. Mari jalan-jalan santai sambil berwisata kuliner di Pujasera Adni Tebuireng!

Bagikan tulisan ini:

13 Replies to “Pedasnya Mie Astaghfirullah Bikin Kapok Setiap Penyuka Kuliner Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *