Sego Lodeh Bale Dhahar, Kuliner Enak di Wisata Bale Tani Bareng Jombang

Wisata kuliner Jombang memiliki cita rasa khusus yang membedakan dengan wisata kuliner pada kota atau kabupaten lain di Jawa Timur. Penulis berkunjung ke tempat wisata Bale Tani Jombang kemarin Rabu, 3 Juli 2019. Tempat wisata Bale Tani terletak di Dusun Serning Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Akses transportasi menuju lokasi Bale Tani cukup mudah dijangkau pengunjung.

Agrowisata Bale Tani adalah tempat wisata populer di Jombang. Popularitas obyek wisata Bale Tani semakin meningkat karena kemudahan penyebaran informasi perkembangan wisata melalui teknologi internet. Nasi lodeh Bale Tani adalah salah satu kuliner Jombang yang ikut ngetop di sosial media. Nasi lodeh ini dijual pada Kafe Bale Dhahar. Bale Dhahar adalah sudut Bale Tani untuk tempat makan dan istirahat para wisatawan yang sedang berlibur disana.

 

Kuliner nasi soto ayam dengan tambahan sate telur
Kuliner nasi soto ayam dengan tambahan sate telur

Jam Buka Bale Dhahar

Harga tiket masuk ke tempat wisata Bale Tani sebesar Rp5.000 per orang. Hal ini menjadikan Bale Tani sebagai tempat wisata murah di Jombang. Tempat wisata Bale Tani buka setiap hari Sabtu sampai dengan hari Kamis mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Obyek wisata Bale Tani tutup pada hari Jumat sehingga Anda pun tidak bisa mengunjungi Kafe Bale Dhahar. Waktu buka Bale Dhahar mengikuti jam operasional destinasi wisata Bale Tani Jombang.

Waktu favorit bagi penulis berkunjung ke Bale Dhahar adalah antara pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Pemilihan waktu tersebut karena mendekati awal jam makan siang dan belum banyak pengunjung yang memadati stand kuliner Bale Dhahar. Waktu tunggu pesanan makanan Bale Dhahar cukup lama, yaitu 15 menit sampai 30 menit. Siapkan kamera Anda untuk memotret keramaian wisata untuk mengusir rasa bosan.

Wisata Kuliner Jombang

Kafe Bale Dhahar adalah salah satu tempat wisata kuliner Jombang yang bisa Anda kunjungi di obyek wisata Bale Tani. Bale Dhahar merupakan tempat yang dibangun secara khusus oleh pengelola Bale Tani untuk memanjakan wisatawan yang memiliki hobi kuliner. Bale Dhahar memiliki menu nasi lodeh. Sesuai dengan namanya, menu makanan Jombang ini terdiri dari nasi putih dan sayur lodeh berbagai macam bahan.

Sayur lodeh merupakan lauk makanan yang terdiri dari sayur nangka muda, labu siam, kecambah dan kuah santan kental. Bukan hanya itu, menu makanan Jombang ini ditambahkan dengan irisan daging ayam dan sambal kecap sehingga terasa lengkap. Sambal kecap Bale Tani memiliki tingkat kepedasan tinggi. Inilah menu kuliner Jombang yang tepat untuk mengisi energi liburan Anda di siang hari.

Nasi lodeh buatan Bale Tani Jombang memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Takaran bumbunya pas dan tidak berlebihan. Bahan-bahan yang digunakan adalah sayuran segar sehingga sangat terasa masing-masing bahan yang digunakan. Proses pemasakan nasi lodeh dilakukan di Bale Dhahar. Wisatawan dapat menyaksikan proses pemasakan secara langsung.

Menu makanan selera rakyat Jombang ini banyak disukai wisatawan lokal. Cara pemesanan makanan ini pun terbilang sederhana. Anda cukup menuliskan nama anda dan nama menu makanan yang anda pesan pada selembar kertas. Lalu Anda harus membayar langsung saat itu juga. Setelah itu anda tinggal duduk manis menunggu makanan disajikan di depan mata. Seterusnya anda bisa menikmati sajian nasi lodeh Jombang di wisata Bale Tani.

Wisata Kuliner Murah

Satu porsi nasi lodeh di tempat wisata Bale Tani dijual seharga Rp9.000 per porsi. Jika anda menyukai minuman dingin, Anda bisa memesan es teh yang harganya Rp4.000 per gelas. Harga makanan dan minuman yang dijual di Bale Dhahar ini terbilang cukup terjangkau wisatawan lokal.

Harga kuliner Bale Tani tidak jauh berbeda dengan warung-warung tradisional yang ada di Kabupaten Jombang pada umumnya. Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan dari rumah jika liburan ke tempat wisata Bale Tani. Disana sudah ada berbagai menu makanan yang bisa Anda nikmati di lokasi berlibur.

Bersih dan Ramah

Penjual nasi lodeh di tempat wisata Bale Tani memberikan pelayanan dengan ramah. Dua orang pelayan melayani pembeli dengan cekatan dan sabar. Meskipun kunjungan penulis ke Bale Tani kemarin dilakukan pada waktu hari libur sekolah, namun dua orang pelayan Bale Dhahar cukup terampil melayani pesanan pembeli yang membludak.

Kebersihan Bale Dhahar pun terjaga dengan baik. Anda bisa menikmati kuliner khas Jombang di sana dengan tenang dan tidak terganggu oleh berbagai macam polusi. Desain tempat liburan yang diterapkan di Bale Tani memang cenderung ke konsep ramah lingkungan. Maka tak mengherankan bila tempat wisata ini menjadi tujuan berlibur favorit para guru sekolah dan pelajar dari kelompok usia anak-anak.

Wisata Kuliner Sehat

Kuliner nasi lodeh Jombang bisa anda beli di tempat wisata Bale Tani Jombang. Makanan nasi lodeh Jombang mengandung karbohidrat yang bersifat mengenyangkan. Liburan anti kelaparan ya disini. Selain itu, buah-buahan dan sayuran yang digunakan pada lauk nasi lodeh diyakini mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Mau lebih sehat lagi? Coba minum kunyit asam Bale Tani. Harganya cuma Rp3.000 per bungkus dan bikin segar harimu.

Liburan ke tempat wisata Bale Tani terasa lebih menyenangkan bila Anda meluangkan waktu menikmati sajian kuliner nasi lodeh di sana. Makanan berbahan alami dan rempah-rempah lokal kaya rasa. Hijaunya pemandangan alam persawahan Bale Tani dapat menguraikan kepenatan bekerja. Manjakan indera penglihatan Anda pada warna-warni bunga yang sedang mekar disana.

Selamat merencanakan traveling ke tempat wisata di Kabupaten Jombang. Semoga liburan Anda bersama keluarga tercinta terasa menyenangkan!

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Sego Lodeh Bale Dhahar, Kuliner Enak di Wisata Bale Tani Bareng Jombang”

  1. Wah…. ini termasuk jenis tulisan provokatif nih.
    harus dilaporkan ke polisi meja makan supaya semua orang bisa mencoba kelezatannya.

  2. Setuju sekali mas Agus. Makanan enak memang bisa ditemui di desa-desa. Kalau makanan enak di kota biasanya sudah tidak asli krn bahan-bahan dan bumbu nya kebanyakan pakai zat kimia. Hiiiii… Ngeri…

  3. Makanan seperti ini yang saya cari. walaupun menunya dari desa, tapi nilai gizinya sangat baik. harganya juga murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *