7 Sumber Inovasi Wirausaha Untuk Pengembangan Bisnis Anda

Desain Kursi Santai Elegan dengan Harga Terjangkau
Inovasi Desain Kursi Santai Elegan dengan Harga Terjangkau

Kemajuan sebuah bisnis tidak terlepas dari peranan inovasi produk dan layanan. Inovasi merupakan sarana dimana biasanya seorang wirausaha kreatif dan sukses cenderung untuk mengeksploitasi perubahan ketimbang membuat perubahan-perubahan (Lupiyoadi, 2007).

Melalui artikel The Jombang Taste kali ini penulis mengajak Anda untuk mengenal sumber-sumber inovasi wirausaha dalam mengembangkan bisnis Anda dan meraih kesuksesan secara optimal. Menurut Howeil dan Higgins (1990) dalam Lupiyoadi (2007: 229) terdapat tujuh sumber inovasi wirausaha, yaitu:

1. Kejadian Tidak Diharapkan

Sumber inovasi wirausaha yang pertama adalah kejadian yang tidak diharapkan. Hal ini terjadi pada perusahaan Teh Botol Sosro yang saat ini menuai kesuksesan luar biasa namun awalnya mendapat banyak tantangan di masyarakat. Konsistensi Teh Botol Sosro melakukan inovasi telah menjadikannya sebagai pemimpian pasar produk minuman teh dalam kemasan. Meski saat ini telah bermunculan banyak pesaing baru, perusahaan tersebut mampu menjaga kesuksesan berkat inovasi dari awal buruk yang tidak diharapkan.

2. Ketidakharmonisan

Sumber inovasi wirausaha yang kedua adalah ketidakharmonisan dalam hidup. Ketidakharmonisan terjadi apabila terdapat kesenjangan antara pengharapan dan kenyataan di lapangan. Contoh inovasi sukses dalam hal ini adalah hadirnya produk wajan penggorengan anti lengket Teflon. Para ibu rumah tangga melakukan aktifitas memasak di dapur setiap hari. Sayangnya, meski setiap hari mereka menggunakan penggorengan namun tetap memiliki masalah yang sama, yaitu makanan mereka lengket di wajan. Kehadiran Teflon mampu menjawab kekecewaan ibu rumah tangga tersebut.

3. Proses Sesuai Kebutuhan

Sumber inovasi yang ketiga adalah proses sesuai kebutuhan. Jenis inovasi ini terjadi bila terdapat permintaan khusus terhadap para wirausaha untuk menciptakan inovasi tertentu karena terdapat kebutuhan khusus. Contoh jenis inovasi ini adalah kopi tanpa kafein yang dilatarbelakangi oleh kebutuhan konsumen penyuka minuman kopi yang tidak mengharapkan kandungan kafein di dalam minumannya. Contoh lain inovasi yang didasarkan pada kebutuhan adalah adanya sepeda motor matic untuk memenuhi kebutuhan para wanita pekerja yang mengharapkan memiliki alat transportasi untuk mendukung aktifitas mereka bekerja.

Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Cari ide kreatif? Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

4. Perubahan Industri dan Pasar

Sumber inovasi produk yang keempat adalah perubahan industri dan pasar. Pasar dan industri selalu berkembang secara struktur, desain dan definisi sejalan dengan kemajuan jaman. Sifat dasar wirausaha kreatif adalah peka terhadap perubahan. Contoh inovasi yang didasarkan oleh perubahan industri dan pasar adalah hadirnya kertas daur ulang akibat meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan. Contoh berikutnya adalah inovasi pakaian batik Jajaka Ivan Gunawan yang memanfaatkan trend penggunaan kain batik sebagai pakaian santai sekaligus usaha melestarikan kebudayaan Nusantara.

5. Perubahan Demografi

Sumber inovasi kelima adalah perubahan demografi masyarakat dalam hal jumlah penduduk, umur, pengetahuan, pekerjaan, lokasi geografi, dan lain-lain. Demografi masyarakat di suatu negara terus berkembang sesuai dengan kemajuan jaman. Contoh inovasi produk dan layanan yang didasarkan pada perubahan demografi adalah adanya pemukiman penduduk yang menggunakan konsep rekresi untuk menjawab kebutuhan memiliki tempat tinggal sekaligus tempat berlibur yang mudah dijangkau. Contoh inovasi berikutnya adalah adanya layanan ojek online Gojek yang mampu memberikan solusi cepat bepergian di ibukota saat jalan raya dipenuhi kendaraan pribadi warga.

6. Perubahan Persepsi

Sumber inovasi keenam adalah adanya perubahan persepsi di masyarakat. Persepsi berhubungan dengan pola pikir dan cara pandang masyarakat mengenai suatu hal. Contoh mudah dalam hal inovasi karena perubahan persepsi adalah adanya pusat kebugaran atau fitness center   dan senam aerobik di kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Masyarakat beranggapan bahwa memiliki tubuh sehat dan bentuk tubuh bagus mampu memberikan banyak manfaat dalam hidup dan kesuksesan bekerja. Persepsi ini tidak dibentuk oleh perusahaan namun hadir dan memiliki arti tersendiri dalam pergaulan masyarakat.

7. Konsep Pengetahuan Dasar

Sumber inovasi produk dan layanan yang ketujuh adalah konsep pengetahuan dasar. Terdapat beberapa prinsip yang mendasari kreasi dan pengembangan suatu produk dan layanan jasa. Penemuan-penemuan terkini merupakan salah satu konsep pengetahuan dasar yang dapat menghasilkan inovasi pemikiran baru, metode baru dan pengetahuan baru. Contoh inovasi yang bersumber dari konsep pengetahuan dasar adalah hadirnya telepon genggam menggunakan sistem operasi Android. Ponsel pintar Android saat ini menjadi standar dasar bagi pengembangan beragam aplikasi canggih, menarik dan bermanfaat bagi konsumen.

Demikian ulasan singkat The Jombang Taste mengenai ragam sumber inovasi produk dan layanan jasa konsumen. Semoga artikel kewirausahaan ini bisa menambah wawasan Anda. Selamat berwirausaha dan semoga kesuksesan selalu menyertai langkah Anda.

4 Replies to “7 Sumber Inovasi Wirausaha Untuk Pengembangan Bisnis Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *