Day 2 Training Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2018 Ciptakan Guru Pejuang dan Generasi Bintang

Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo
Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo

Kegiatan Training Guru Genius Yatim Mandiri kembali digelar hari ini, Ahad 5 Agustus 2018 di Aula Swaloh Hill Resort Tulungagung. Hari kedua training rutin pengajar Sanggar Genius ini penuh dengan semangat. Kegembiraan meliputi seluruh 92 orang peserta acara training Guru Genius yang berasal dari Kota Malang, Blitar, Kediri, Jombang, Kepanjen, Tuban, Tulungagung, dan Bojonegoro. Swaloh Hill Resort telah diguyur hujan sejak tadi malam. Gerimis tak kunjung berhenti sampai pukul enam pagi. Meski demikian, peserta pelatihan guru genius giat beraktifitas olahraga di luar ruangan. Pemanasan dan peregangan beberapa menit sudah cukup menghangatkan suasana. Sesekali terdengar canda-tawa diantara para peserta yang sedang melakukan senam.

Lima belas menit kemudin semua peserta pelatihan guru genius kemudian memainkan sejumlah fun games outbond. Mereka terbagi menjadi delapan kelompok dengan jumlah sama banyak. Permainan yang harus dilakoni guru-guru genius adalah memasukkan paku, memindahkan tepung, mengisi tabung air, dan memindahkan bola pingpong. Mereka bermain dengan hati gembira. Hal itu tercermin dari ekspresi wajah mereka yang ceria seraya berteriak menghindari air yang muncrat ke wajah-wajah para peserta upgrading guru genius. Fun game berkonsep outbond itu tidak berjalan dengan mudah. Gangguan datang dari sesama peserta fun games yang mencoba mengganggu jalannya lomba yang dilakoni kelompok lawan. Guyonan ini cukup menghibur semua orang yang hadir disana. Aksi balas-membalas serangan air dan tepung ini pun berbuah baju kotor. Seru dan ramai jadinya.

Usai bersih diri, para peserta training mengikuti kegiatan motivasi guru. Tema yang diusung hari ini adalah ‘Guru Pejuang, Generasi Bintang’. Suhadi Fadjaray tampil sebagai pemateri sesi penambah semangat pengajar Sanggar Genius ini. Banyak inspirasi diberikan oleh pembicara asal Jombang ini kepada 95 orang peserta yang memenuhi Swaloh Hall. Diantaranya adalah dasar pemikiran bahwa tidak ada anak terlahir bodoh di dunia ini. Jika seorang anak tidak dapat menjadi juara kelas, mungkin saja dia menjadi juara lapangan atau bahkan juara panggung. Tidak ada satu pun anak juara yang lebih baik daripada juara lainnya karena setiap anak memiliki potensi yang unik dan pasti berbeda. Guru Genius pun harus memiliki cara berpikir yang terbuka dalam mendidik murid. Guru harus dapat menggali potensi peserta didik dengan berbagai cara kreatif yang mungkin.

Bagikan artikel ini melalui:

12 Replies to “Day 2 Training Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2018 Ciptakan Guru Pejuang dan Generasi Bintang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *