Renungan Motivasi Kehidupan Dari Ilmuwan Fritjof Capra

Foto Fritjof Capra
Foto Fritjof Capra

Di dalam dasawarsa terakhir abad ke-20, beberapa ilmuwan di bidang fisika mulai menulis secara terang-terangan tentang mistisisme timur sebagai suatu kunci untuk merukunkan paradoks-paradoks Fisika Baru. Ilmu pengetahuan dari Dunia Timur mengilhami mereka menghasilkan penemuan-penemuan baru. Dan di dalam melakukan hal tersebut, sisi mistisisme dari Timur menunjukkan jalan kepada langkah baru di dalam evolusi kesadaran manusia.

Ilmuwan pertama dan terkenal diantara kelompok ilmuwan Fisika modern adalah Fritjof Capra. Fritjof Capra memperoleh gelar doktornya di bidang Fisika Partikel dari Universitas Vienna pada tahun 1966. Seolah menjadi sebuah dualisme yang rumit dijelaskan dengan logika, tetapi Fritjof Capra segera mengalihkan pikiran rasionalnya kepada tantangan memahami suatu pengalaman mistik yang hakiki.

Fritjof Capra menguraikan dalam pengantar bukunya yang berjudul The Tao of Physics: An Exploration of The Parallels between Modern Physics and Eastern Misticism. Bagaimana mungkin seorang ilmuwan Barat bersedia mendalami ilmu mistis dari kawasan Asia Timur? Pemikiran Fritjof Capra mulai terkuak ketika ia sedang duduk-duduk di tepi sebuah sungai pada suatu sore. Ia mendapat ilham dari peristiwa alam yang dilihatnya.

Fritjof Capra juga menyaksikan gelombang-gelombang laut memukul daerah pantai. Fritjof Capra yang tinggal di California ini menyadari bahwa molekul-molekul yang sedang bergetar dan atom-atom yang menyusun pemandangan di sekitarnya adalah bagian dari tarian energi kosmis. Fritjof Capra merasakan iramanya dan ia mendengar suaranya. Pada saat itu Fritjof Capra tahu bahwa peristiwa alam yang sedang dilihatnya adalah Tarian Shiva, Raja Para Penari yang dipuja oleh orang-orang Hindu.

Semoga artikel renungan motivasi diri ini bisa menjadi bahan instrospeksi bagi diri kita semua. Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Renungan Motivasi Kehidupan Dari Ilmuwan Fritjof Capra”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *