Lebih Sulit Menyiapkan Dongeng Islami Daripada Beraksi di Panggung

Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang
Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang

Benar sekali! Lebih sulit melakukan tahap persiapan daripada saat beraksi di panggung dongeng anak Islami. Menurut pengalaman saya, 60 persen tantangan mendongeng berada di masa sebelum tampil mendongeng di panggung. Sementara sisa tugas sebanyak 40 persen Anda dapati saat berada di depan publik. Apa saja persiapan mendongeng yang banyak menyita waktu, tenaga dan konsentrasi Anda?

Tugas pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan demografi calon audiens dongeng anak. Ketahui jumlah audiens beserta jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan, dan dimana acara dongeng anak tersebut berlangsung. Pengetahuan seputar kondisi pendengar dongeng anak ini penting. Kesalahan mendeteksi keadaan mereka akan berakibat pada keragaman tingkat respons mereka terhadap isi cerita dongeng Anda.

Jika Anda sudah memahami siapa calon pendengar dongeng Anda, maka tahap bekerja di belakang layar berikutnya yang tidak kalah menantang adalah menyusun materi dongeng anak. Kombinasi antara suara kecil, suara besar, jeda cerita, kecepatan berbicara, lagu anak-anak, gambar-gambar, dan alat peraga mendongeng sangat berpengaruh terhadap kesuksesan mendongeng. Jika perlu, Anda lakukan latihan pergantian suara 1 dan suara 2 dengan beragam tokoh cerita dongeng.

Selanjutnya, memilih baju mendongeng juga tidak kalah ribetnya dengan menyiapkan materi mendongeng. Baju mendongeng mampu memberikan kesan terhadap keseluruhan cerita dongeng yang Anda bawakan. Untuk dongeng anak Islami, saya menyarankan Anda memakai baju-baju warna cerah dan berkesan ceria. Memiliki stok baju khusus mendongeng akan sangat membantu Anda. Tapi kalaupun tidak punya, Anda bisa menggunakan baju koko warna putih yang terkesan netral.

Mempersiapkan dongeng anak Islami kadang membuat stress pikiran. Tingkat stress Anda hanya berkisar pada persiapan saja. Begitu Anda memasuki panggung arena mendongeng, semua beban akan berkurang secara bertahap. Dan pada saat Anda selesai mendongeng, Anda akan merasa senang karena mampu menginspirasi banyak orang untuk berbuat kebaikan. Semoga artikel seputar tips mendongeng ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mempraktekkan.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *