Kuliah Untuk Mencari Kerja? Atau Sebaliknya?

Pilih Kuliah Atau Kerja
Pilih Kuliah Atau Kerja

Pendidikan telah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia modern. Pendidikan menempati posisi yang sama layaknya makanan, pakaian dan tempat tinggal. Mengapa? Karena masa depan seseorang sangat dipengaruhi oleh seberapa bagus pendidikan yang ia miliki. Kata pendidikan disini bermakna luas. Bukan sekedar pendidikan di bangku sekolah, tetapi juga pendidikan di keluarga dan lingkungan sehari-hari.

Nah, salah satu institusi pendidikan yang saat ini makin banyak jumlahnya adalah universitas. Ribuan pemuda kuliah untuk mencari ilmu. Apa alasannya? Biasanya mereka menjawab: supaya mudah mencari kerja. Mindset belajar yang mereka miliki adalah kuliah untuk bekerja. Kalau nilai kuliah bagus, mereka berpikiran bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan mudah. Padahal kenyataan tidak selalu demikian.

Sedangkan disisi lainnya, selain kuliah untuk mencari kerja, ada juga mahasiswa yang berpikir sebalik. Yaitu bekerja agar bisa kuliah. Mungkin jumlah pemuda seperti ini tidak banyak. Keterbatasan ekonomi menyebabkan mereka harus menunda keinginan untuk bisa kuliah di universitas. Mahasiswa jenis ini memiliki minat dan ketekunan yang sangat besar terhadap program pendidikan yang dipilih.

Di luar dua jenis mahasiswa di atas, ada juga mahasiswa yang kuliah hanya untuk mendapatkan status. Artinya, walaupun dia tidak mengenyam bangku pendidikan di perguruan tinggi, dia telah mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya. Titel sarjana hanyalah pelengkap agar posisinya lebih mantap di masa mendatang. Bagaimana motivasi belajar mahasiswa yang sudah mapan ini? Tergantung orangnya.

Mahasiswa yang kuliah hanya untuk mendapatkan gengsi dan prestisius cenderung akan memanfaatkan posisinya sebaik mungkin untuk memperluas relasi. Dia akan membuka jalur komunikasi kepada orang-orang yang sebelumnya sulit didekati melalui jalur luar. Rektor, dekan, dosen dan mahasiswa yang selama ini jauh dari jangkauan komunikasi akan mudah dimanfaatkan untuk tujuan personal branding dan corporate branding.

Kalau Anda saat ini sedang kuliah, Anda termasuk mahasiswa yang mana? Silakan berbagi komentar di bawah ini.

7 Replies to “Kuliah Untuk Mencari Kerja? Atau Sebaliknya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *