Guru Cerdas Dapat Menggabungkan Antara Pengajaran Pribadi dan Kolektif

Rumah Cerdas Islami - Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center
Rumah Cerdas Islami – Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center

Mengajar murid satu per satu dengan mengajar murid secara berkelompok membutuhkan keterampilan komunikasi yang berbeda. Hal itu dipengaruhi oleh kecenderungan gaya belajar masing-masing murid apakah audio, visual ataupun kinestetik. Tidak ada satu pun jenis pembelajaran terbaik yang dapat diterapkan untuk semua anak karena beda anak beda cerdasnya.

Pengajaran kolektif atau klasikal umumnya digunakan oleh lembaga pendidikan yang memiliki keterbatasan jumlah guru. Tujuan akhir jenis pengajaran ini adalah kuantitas hasil pembelajaran yang optimal. Sebaliknya, jenis pengajaran secara pribadi atau privat umumnya lebih mementingkan kualitas hasil pembelajaran.

Guru yang mampu mengajar dengan cerdas dapat menggabungkan kedua jenis pengajaran tersebut dalam satu aktifitas belajar yang sama. Apakah hal itu mungkin terjadi? Bisa saja. Diawali dengan pengajaran klasikal yang berlaku untuk semua murid lalu diakhiri dengan pembelajaran privat yang lebih menyentuh permasalahan masing-masing murid. Dalam hal ini kita mengenal adanya pembedaan urdhah klasikal dan urdhah individual.

Tantangan dalam menjalankan kombinasi dua metode pembelajaran ini adalah guru harus memiliki waktu yang cukup untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara penuh dan tuntas. Keterbatasan waktu dapat menyebabkan berkurangnya kualitas pengajaran pada masing-masing anak. Semoga terinspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *