Jalan-jalan ke Museum Kambang Putih di Kota Tuban Jawa Timur

Apa kabar blogger Jombang hari ini? The Jombang Taste kembali menyapa Anda dengan ulasan beragam tempat wisata di Jawa Timur yang menarik untuk Anda kunjungi. Kali ini perjalanan saya terhenti di Kota Tuban, tepatnya di Museum Kambang Putih. Museum Kambang Putih berada tepat di jantung Kota Tuban. Obyek wisata di Tuban ini berada di seberang jalan sebelah selatan Alun-alun Tuban. Anda tidak akan sulit mencari lokasi museum ini. Cukup Anda cari lokasi Alun-alun Kota Tuban maka Anda bisa menemui Museum Kambang Putih dengan mudah.

Saya sempat menjenguk Museum Kambang Putih dua tahun lalu. Sayangnya saat itu tempat wisata bersejarah di Tuban ini masih dalam tahap awal pembangunan. Kala itu saya hanya bisa memandang gedung setengah jadi itu dari kejauhan. Lalu datang kesempatan pada Minggu, 8 April 2018 lalu saat saya ikut ziarah Wali Limo. Ziarah Wali Limo kali ini menuju ke Kota Tuban sebagai tujuan pertama. Makanya pagi-pagi jam setengah sepuluh saya dan rombongan sudah parkir di sisi barat Alun-alun Tuban. Saya kabur sejenak dari rombongan dan menyelinap masuk ke dalam Museum Kambang Putih.

Sepi dan dingin adalah dua kata yang tepat untuk melukiskan suasana ruangan begitu saya memasuki bagian dalam museum Kambang Putih. Suasana ini begitu kontras dengan hiruk-pikuk Alun-alun Tuban yang siang itu dipenuhi peziarah Makam Sunan Bonang. Saya sempat celingukan begitu tiba di depan pintu masuk museum Kambang Putih. Saya mengira akan ada petugas yang akan meminta biaya pembelian karcis masuk museum. Ternyata tidak. Museum ini terbuka untuk umum dan bebas biaya masuk.

Menurut pengamatan saya, ruangan-ruangan di Museum Kambang Putih membentuk deret yang menyerupai huruf U. Hanya saja tidak semua ruangan sudah terisi koleksi benda-benda bersejarah. Hanya bagian depan dan sisi kanan kompleks yang terisi meja dengan tatanan benda-benda peninggalan jaman dulu. Saya merasa merinding karena pagi itu berdiri sendirian di ruangan besar agak gelap itu. Bulu kuduk saya berdiri saat mencoba menyentuh puluhan benda-benda asing yang belum pernah saya jumpai sebelumnya.

Seni Kaligrafi pada Pintu Masuk Obyek wisata unik Masjid Perut Bumi di Kota Tuban
Seni Kaligrafi pada Pintu Masuk Obyek wisata unik Masjid Perut Bumi di Kota Tuban

Museum Kambang Putih bagian depan menampilkan kondisi alam Kota Tuban yang didominasi pegunungan kapur beserta ragam kekayaan alamnya. Sementara sisi kanan museum menampilkan aneka peninggalan bersejarah yang ditemukan di Kota Tuban sejak jaman purbakala, jaman kerajaan Majapahit, kontak dagang dengan Tiongkok, penyebaran Islam oleh Wali Songo, hingga era kolonial Belanda dan penjajahan Jepang. Semua benda bersejarah itu tertata rapi di ruangan sisi kanan Museum Kambang Putih.

Bagi Anda yang sedang berlibur di Kota Tuban Jawa Timur, tak ada salahnya jika Anda mengunjungi Museum Kambang Putih Tuban. Tempat wisata bersejarah di Kota Tuban ini bermanfaat menambah wawasan Anda dan putra-putri tercinta dalam mencintai warisan kekayaan budaya dalam negeri. Mari jalan-jalan keliling Kota Tuban!

Bagikan artikel ini melalui:

13 Replies to “Jalan-jalan ke Museum Kambang Putih di Kota Tuban Jawa Timur”

  1. Aku selalu heran knp orang Indo mudah lupa budayanya. Giliran tari daerah diklaim negara tetangga, eh pada teriak maling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *