Liburan Seru ke Cafe Sawah di Wisata Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang

Liburan seru ke Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang
Liburan seru ke Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang

Obyek wisata di Malang kian beragam dan banyak pilihan. Bukan hanya obyek wisata kreatif yang banyak bermunculan se-antero Jawa Timur, kehadiran tempat wisata alam di Malang sejak dulu sudah terkenal keindahannya. Hari ini Sabtu, 22 September 2018 saya berkesempatan berlibur ke Cafe Sawah. Cafe Sawah adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Malang yang popularitasnya terus meningkat selama beberapa bulan terakhir. Cafe Sawah berada di Pujon Kidul Kabupaten Malang. Pintu gerbang menuju area wisata Cafe Sawah berada dekat dengan pintu masuk ke tempat wisata alam air terjun Coban Rondo. Jadi kalau Anda mau mencari lokasi tempat wisata alam desa Pujon Kidul, lihat saja di Google Maps lokasi Coban Rondo. Jangan takut tersesat. Warga sekitar lokasi wisata Pujon Kidul cukup ramah untuk membantu backpacker yang kesasar.

Hari ini saya berangkat berlibur naik mobil elf standar dari Mojowarno Jombang ke tempat wisata di Pujon Kidul pukul 08.30 dan sampai di tujuan pukul 10.30 WIB. Kendaraan melaju dengan kecepatan sedang dan tingkat kemacetan jalan raya kecil. Obyek wisata Cafe Sawah di Pujon Kidul dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kendaraan pribadi yang bisa masuk ke area parkir tempat wisata Pujon Kidul adalah bus mini isi 36 kursi, mobil elf standar isi 15 kursi, mobil elf long isi 20 kursi, dan sepeda motor. Bus besar isi 64 kursi tidak dapat parkir sampai area terdekat Cafe Sawah di Pujon Kidul. Sebaliknya, bus besar hanya bisa sampai di daerah sekitar Pujon Lor karena lebar jalan desa yang tidak lebih dari 3 meter. Jangan khawatir, jalan kaki dari Pujon Lor ke Pujon Kidul membutuhkan waktu tak lebih dari 10 menit.

Harga tiket masuk ke obyek wisata Cafe Sawah di Pujon Kidul sebesar Rp8.000 per orang untuk sekali masuk. Tidak ada perbedaan harga tiket masuk untuk anak-anak maupun orang dewasa. Semua wisatawan diperlakukan sama. Dari selembar tiket seharga Rp8.000 ini Anda bisa menggunakannya untuk voucher belanja senilai Rp4.500 per lembar tiket. Misalkan Anda masuk ke Cafe Sawah bersama 10 orang teman satu rombongan, maka Anda harus membayar biaya tiket masuk Rp8.000 x 10 orang = Rp80.000. Kemudian Anda mendapatkan voucher belanja Rp4.500 x 10 lembar tiket = Rp45.000. Dana voucher ini bisa Anda belikan untuk menikmati berbagai barang dan jasa yang ditawarkan di obyek wisata Cafe Sawah Pujon Kidul. Lain kali saya akan bercerita bagaimana caranya saya bisa belanja gratis di Cafe Sawah.

Tarif parkir di desa wisata Pujon Kidul berbeda-beda tergantung jenis kendaraan. Tarif parkir untuk kendaraan sepeda motor sebesar Rp 2.000, mobil pribadi sebesar Rp5.000, mobil elf sebesar Rp8.000 dan bus mini Rp10.000. Area parkir destinasi wisata Pujon Kidul lumayan luas. Menurut pantauan saya hari ini, area parkir Cafe Sawah bisa menampung sekitar 60 buah mobil dan ratusan sepeda motor. Selepas memarkir kendaraan, Anda bisa menyewa payung seharga Rp3.000 per buah dan bersiap menjelajahi berbagai spot foto yang menarik. Jika Anda risih memakai payung, cukup gunakan topi untuk menahan teriknya panas matahari. Selanjutnya, enjoy yourself at Cafe Sawah.

Apa saja daya tarik tempat wisata Cafe Sawah di Pujon Kidul Kabupaten Malang? Sesuai namanya, sajian utama Cafe Sawah adalah menikmati aneka kuliner Malang di tengah area persawahan. Jangan tanyakan seberapa panas sawah di Kabupaten Malang. Untuk ukuran iklim tropis Indonesia, cuaca di Malang umumnya lebih sering hujan dan berhawa dingin. Makan siang di tengah area taman bunga Pujon Kidul sungguh menyenangkan. Semilir angin lembah membuai siapa saja untuk berlama-lama berlibur disana. Oh ya, ada aturan tertulis bahwa wisatawan dilarang membawa makanan dari luar area wisata. Anda harus pintar mengakali jika berkeinginan membawa makanan dari rumah.

Ada banyak wisata kuliner Malang yang dijual disana. Mulai dari soto, rawon, pecel, ayam bakar, mie ayam dan beragam makanan enak khas Malang. Namun dari jenis kuliner Malang itu, saya tertarik pada jajanan berbahan dasar sayur dan buah. Anda bisa berwisata petik buah tomat seharga Rp10.000 per 1 kg buah tomat. Sementara itu, jika Anda ingin langsung membeli buah tomat tanpa memetik sendiri juga bisa. Harga tomat buah segar di Pujon Kidul adalah Rp5.000 per kilogram. Tentu saja Cafe Sawah menjadi surga wisata pecinta vegetarian.

Selain berfoto dan makan-makan, Desa Wisata Pujon Kidul juga menawarkan beragam olahraga seru. Anda bisa menguji adrenalin dengan mengendarai kuda, naik ATV, bermain panahan, berenang di Fantasy Land, dan sejumlah permain seru untuk anak-anak. Desa Wisata Pujon Kidul juga bisa menjadi tempat wisata edukasi yang menyenangkan untuk anak-anak. Mereka bisa belajar bertani padi dan aneka bunga, panen buah tomat, mengenal budaya Jawa di rumah budaya, dan beragam outdoor activity lainnya. Kota Jombang sendiri memiliki tempat wisata serupa dengan Cafe Sawah, yaitu Bale Tani. Hanya saja Cafe Sawah memiliki area wisata yang lebih luas dan lebih beragam jenis wahananya. Tertarik berkunjung ke Cafe Sawah? Let’s go!

Bagikan artikel ini melalui:

32 Replies to “Liburan Seru ke Cafe Sawah di Wisata Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang”

  1. Enaknya jadi guru muda ya gini. Klo liburan bisa diajak selfi rame rame. Coba klo gurunya udah tuwir nggak bisa dibikin seru dikit.

  2. Sejak kemarin aku penasaran dengan foto liburan salah satu temanku yang katanya di Pujon ada tempat wisata keren untuk berfoto…
    nah Hari ini aku baca ulasan di blog ini tentang wisata desa Pujon Kidul Terima kasih sudah berbagi liputan liburan.
    hanya saja saya mau bertanya apakah di sana ada diskon khusus untuk rombongan wisatawan dari sekolah anak-anak?

  3. Dari kemarin aku penasaran ingin berkunjung ke desa wisata Pujon Kidul di Malang. tapi Berhubung sekarang ini jadwal kerja sedang padat aku jadinya harus menunda liburan ke Malang sampai akhir tahun nanti. yang jadi pertanyaan saya adalah Apakah ada promo paket liburan khusus untuk akhir tahun nanti di Kabupaten Malang?

  4. Aku pernah berlibur ke Pujon Kidul Tempatnya sangat panas dan kalau mau aman harus nyewa payung. Asyiknya di sana tuh bisa menukarkan tiket masuk menjadi kupon pembelian seharga Rp5.000. Rasanya kita dapat diskon belanja di cafe sawah gitu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *