Teknik Dasar Permainan Olahraga Sepakbola

Teknik Dasar dan Sejarah Permainan Sepakbola - Gambar Anak Kecil Sedang Bermain Olahraga Sepakbola
Teknik Dasar dan Sejarah Permainan Sepakbola – Gambar Anak Kecil Sedang Bermain Olahraga Sepakbola

Bagaimana kabar blogger Jombang hari ini? Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat dan bersemangat dalam menulis artikel. Kita bertemu lagi dalam artikel olahraga yang membahas dunia sepakbola. Setelah sebelumnya kita telah mempelajari pengertian dan sejarah sepakbola di Indonesia, maka artikel kali ini kita akan membahas beberapa teknik dasar olahraga sepakbola.

Teknik sepakbola adalah cara pengolahan bola maupun pengolahan gerak tubuh dalam bermain olahraga sepakbola. Teknik sepakbola terdiri dari bermacam-macam gerakan. Keahlian seseorang dalam mempermainkan bola sangat berguna untuk menghasilkan suatu pertandingan yang berkualitas.

Kita sering menyaksikan para pemain sepakbola harus merebut bola dari kaki lawan, menggiring bola dengan kecepatan tinggi, maupun berusaha melewati lawan yang menghadang dengan gerak tipu. Di samping itu, pemain sepakbola juga harus berlari kencang memburu bola, berlari dengan pola berliku-liku, dan sebagainya.

Situasi tersebut berlangsung secara terus menerus selama 2×45 menit. Pihak yang paling banyak menguasai bola secara teoritis akan lebih unggul karena memiliki kemungkinan lebih besar untuk memenangkan pertandingan sepakbola. Selain faktor teknis, faktor keberuntungan kerapkali juga berpengaruh terhadap kemenangan sebuah tim sepakbola.

Untuk dapat bermain sepakbola dengan baik dan terampil, seorang pemain sepakbola dituntut untuk menguasai teknik dasar sepakbola. Tanpa penguasaan teknik yang baik, pemain sepakbola tidak mungkin dapat menguasai atau mengontrol bola dengan baik pula. Teknik bermain sepakbola yang bagus bisa didapat melalui bakat alami maupun dengan cara latihan secara teratur.

Macam-macam teknik bermain sepakbola antara lain: teknik menendang bola, teknik melakukan gerak tipu, teknik menahan bola (trapping), teknik menyundul bola (heading), teknik menggiring bola (dribble), teknik lemparan ke dalam, teknik merebut bola (tackling), dan teknik penjaga gawang.

Tanpa kemampuan menguasai bola dengan baik, tidak mungkin pemain sepakbola dapat menciptakan kerjasama dengan pemain lain. Oleh karena itu, kerjasama dalam permainan sepakbola merupakan inti dari permainan sepakbola.

Latihan Teknik Menendang Bola Sepakbola

Salah satu gerak yang dominan dalam permainan sepakbola adalah menendang bola. Mungkin kita masih ingat pada waktu masih kecil kita semua pernah bermain sepakbola dengan teman-teman sekampung. Pada saat itu tentu kita belum memiliki keterampilan untuk menggunakan seluruh organ tubuh dalam memainkan sepakbola.

Akan tetapi dengan kemampuan melakukan gerakan menendang bola yang dimiliki saat itu kelihatannya kita sudah bisa bermain sepakbola. Beberapa teknik dasar menendang bola yang harus dikuasai oleh pemain sepakbola antara lain:

  1. Latihan menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam (inside foot)
  2. Latihan menendang bola dengan menggunakan punggung kaki (instep foot)
  3. Latihan menendang bola dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam (inside instep)
  4. Latihan menendang bola dengan menggunakan punggung kaki bagian luar (outside instep)

Latihan Teknik Menghentikan Bola Sepakbola

Menghentikan bola merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap pemain sepakbola agar dapat bermain sepakbola dengan bagus. Apabila dilihat dari pergerakan permainan sepakbola, maka sebenarnya gerakan ini merupakan kebalikan dari alur gerak teknik menendang bola. Namun yang membedakannya adalah pada gerakan menendang bola didorong ke depan, sedangkan pada gerak menghentikan bola gerakan diikuti ke arah belakang.

Menghentikan bola dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain: menghentikan bola dengan telapak kaki, menghentikan bola dengan punggung kaki, menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, menghentikan bola dengan paha, dan menghentikan bola dengan dada.

Agar dapat menguasai berbagai macam teknik menghentikan bola, maka setiap pemain bola harus berlatih dengan tekun. Beberapa teknik dasar menahan bola adalah sebagai berikut:

  1. Latihan menghentikan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam
  2. Latihan menghentikan bola dengan kura-kura kaki
  3. Latihan menghentikan bola dengan paha
  4. Latihan menghentikan bola dengan dada
  5. Latihan menghentikan bola dengan kepala

Referensi: MGMP Penjaskes Kabupaten Jombang

2 Replies to “Teknik Dasar Permainan Olahraga Sepakbola”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *