BCM Sedang Apa Sedang Apa Sedang Apa Sekarang?

Anak-anak adalah makhluk yang mudah bosan. Mereka mudah jenuh dengan suasana pembelajaran di dalam kelas yang itu-itu saja. Anak-anak sudah mampu menerka kebiasaan gurunya. Setelah mengucap salam pasti Pak Guru akan memberi tugas menulis yang banyak jumlahnya, demikian pikir siswa. Belum lagi kalau mata pelajaran yang dihadapi terbilang tidak mudah. Apa yang harus dilakukan guru dalam kondisi seperti ini? Guru harus responsif saat memandang kebosanan tersaji di dalam kelas. Guru harus bisa menghadirkan kegembiraan di dalam kelas. Bagaimana cara menciptakan kegembiraan di kelas? Guru harus membuat kegiatan penyegaran di kelas. 

Awali penyegaran kelas dengan merubah pola pikir. Berpikirlah dalam kerangka pikir anak-anak. Jangan samakan mereka dengan pola pikir Anda. Itulah kesalahan umum pendidik dewasa yang sering memaksakan kehendaknya pada anak. Salah satu cara mengusir kebosanan murid adalah menerapkan kegiatan Bermain, Bercerita dan Menyanyi (BCM). Teknik BCM telah berkembang pesat. Salah satunya adalah kreasi lagu SEDANG APA. Lirik lagu ini bisa digubah menjadi AMAL APA. Nada lagu ini mudah diingat. Lagu sedang apa sering digunakan pembina Pramuka untuk menciptakan kegembiraan hati peserta didik. Kini Anda bisa mengadopsinya. Silakan putar video di bawah ini.

Anda bisa berkreasi menggubah lirik lagu Sedang Apa sesuai kebutuhan. Penulis adalah guru mata pelajaran Mulok Keagamaan Islam. Maka kali penulis menggubah lagu untuk tujuan pendidikan agama Islam. Berikut ini contoh variasi lirik lagu Sedang Apa:

Amal apa amal apa
Yang disukai Allah
Bersholatlah 
Bersholatlah
Tepat pada waktunya

Apa lagi apa lagi
Yang disukai Allah
Berpuasa berpuasa
Pada bulan Ramadhan
Amal apa amal apa
Yang disukai Allah

Berzakatlah 
berzakatlah
Untuk fakir
Dan miskin

Apa lagi apa lagi
Yang disukai Allah
Berbaktilah 
berbaktilah
Pada ibu dan ayah

Dan seterusnya.

Anda bisa memainkan lagu ini secara berputar di dalam kelas sehingga setiap siswa berpacu untuk berkreasi membuat lirik lagu buatan mereka sendiri. Syarat utama agar anak-anak bisa berkreasi mengubah lagu adalah mereka harus paham nada lagu ini dan sebelumnya telah anda jelaskan cakupan materi mata pelajaran yang sedang anda ajarkan. Dengan demikian para siswa sudah memiliki gambaran hal-hal apa saja yang diinginkan oleh guru mereka dalam pengganti teks lagu Sedang Apa. Selamat mendidik!

Bagikan tulisan ini:

8 Replies to “BCM Sedang Apa Sedang Apa Sedang Apa Sekarang?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *