Tips Berpidato Tanpa Rasa Grogi di Depan Orang Banyak

5 Tips Sukses Berbicara, Berpidato dan Presentasi di Depan Umum
5 Tips Sukses Berbicara, Berpidato dan Presentasi di Depan Umum

Menurut Adi Putranto (2017) dalam buku ‘Ayo Berani Berpidato’ grogi adalah hal yang sering muncul saat manusia berbicara di hadapan banyak orang. Lalu bagaimana mengatasi grogi pada saat berbicara di depan umum? Grogi adalah masalah yang bisa dialami oleh siapa saja yang sedang belajar berbicara di depan publik. Berpidato adalah proses sebuah keterampilan berbicara yang tidak datang seketika. Artinya, bila Anda ingin menguasainya diperlukan banyak pelatihan dan berlatih.

Audiens atau pendengar sering menjadi momok bagi orang yang akan berpidato sehingga aktifitas berbicara di depan publik menakutkan. Itu mungkin terjadi jika kalian menganggap mereka sebagai orang-orang yang menakutkan. Ada kalanya kita merasa takut dengan audien karena jumlahnya terlalu banyak. Bisa juga karena banyak orang yang sudah pintar berbicara di dalam kelompok tersebut maka kita akan merasa kurang percaya diri.

Kita juga bisa menjadi kurang percaya diri bila ada audien yang mengkritik kita dengan kalimat yang menjatuhkan mental kita. Bila kita salah berbicara akan lebih fatal lagi. Bila ada audiens yang mempergunakan kalimat yang tidak sopan katakan bila hal itu salah. Kita akan merasa malu bila pidato yang kita sampaikan tidak menarik dan tidak berguna bagi audien.

Masih menurut Ade Putranto (2017) kita akan tampil lebih percaya diri bila memandang audiens sebagai sekelompok manusia yang sedang memberikan kesempatan baik pada kita untuk berbicara kepada mereka. Mereka tidak akan menghukum diri kita bila kita merasa melakukan kekeliruan dalam berbicara. Kesalahan dalam berlatih berbicara adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang.

Audien juga belum tentu memiliki keberanian berbicara di hadapan banyak orang. Kalaupun mereka diberi kesempatan berbicara ya pasti melakukan kesalahan seperti yang kita lakukan. Dalam sejarahnya, belum ada audien yang mencela pembicara bila dalam penyampaiannya dilakukan secara santun dan ia berbicara secara terlatih dan baik. Ketika kalian menguasai perhatian audien secara positif maka pidato anda akan lancar dan tanpa beban grogi.

Bagikan tulisan ini:

9 Replies to “Tips Berpidato Tanpa Rasa Grogi di Depan Orang Banyak”

  1. saya juga kerap mengalami rasa grogi dan demam panggung saat berbicara di hadapan orang-orang baru. Bagaimana caranya supaya saya bisa lebih tenang berbicara di hadapan audiensi yang baru saya kenal pertama kali?

  2. Anggap saja orang lain itu sebagai patung yang tidak bisa berkata dan bergerak. dengan begitu kita akan fokus pada tulisan dan ucapan yang kita sampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *