Dunia Tetap Berputar Tanpa Persetujuan Manusia

Images-shiv-sati-from-devon-ke-dev-Download Wallpaper Mahadewa ANTV
Images-shiv-sati-from-devon-ke-dev-Download Wallpaper Mahadewa ANTV

Seperti halnya Sati dan Parwati yang harus menjalani kehidupan dengan beragam peran, hidup ini akan terus berjalan dengan alurnya sendiri. Bumi tidak pernah meminta persetujuan manusia supaya ia dapat terus berputar. Tanah tempat kita berpijak tak perlu menyampaikan pemberitahuan kepada penghuni muka bumi bilamana ia menginginkan berpindah diri. Tetes air hujan tidak perlu meminta ijin nelayan agar ia dapat berkumpul dengan genangan air di lautan luas.

Itulah perputaran dunia yang dipenuhi dengan sisi misterius. Apakah purnama mendatang kita masih menginjakkan kaki di bumi yang sama dengan kedudukan kita saat ini? Kita hanya bisa menerka tanpa tahu kepastiannya. Perputaran bumi senantiasa berulang dan mengajarkan kita arti kesabaran dan ketekunan. Menjalani segenap proses dengan keikhlasan hati membutuhkan pelatihan. Kita akan mampu menikmati hidup bila kita mampu berdamai dengan diri sendiri.

Hidup adalah kehidupan itu sendiri. Hidup bukanlah sebuah rekayasa Tuhan dalam memberikan takdir kepada manusia. Kelelahan hati yang dialami manusia bersumber pada penolakan kenyataan bahwa bumi berputar menurut porosnya, bukan menurut kemauan manusia. Tidak ada yang perlu ditakutkan dari proses seleksi alam. Sekalipun langkah itu seringkali membawa korban, itulah cara terbaik alam dalam memberikan makna pada kehidupan.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Dunia Tetap Berputar Tanpa Persetujuan Manusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *