Daftar Taman Nasional di Indonesia Sebagai Obyek Wisata Alam yang Mempesona

Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan dan tumbuhan khas Indonesia Rafflesia Arnoldi oleh Hardi Cantrik
Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan dan tumbuhan khas Indonesia Rafflesia Arnoldi oleh Hardi Cantrik

Apa kabar sobat blogger Jombang? Seperti halnya suaka margasatwa, taman hutan raya dan hutan buru, selain merupakan kawasan konservasi alam juga dirancang untuk kegiatan pendidikan, penelitian dan rekreasi. Tak lama setelah dunia menyepakati perlunya tindakan bersama bagi pelestarian alam pada tahun 1980, Indonesia mulai lebih bersungguh-sungguh mengembangkan taman nasional dan kawasan konservasi alam lainnya. Daftar nama taman nasional di Indonesia di bawah ini bisa menjadi tujuan berlibur Anda sekeluarga.

Kini Indonesia sudah memiliki 24 taman nasional yang tersebar di berbagai propinsi dan meliputi luas 6,9 juta hektar. Dari tahun ke tahun diharapkan jumlah taman nasional sudah mencapai 40 hektar dengan wilayah konservasi seluas 13,5 juta hektar. Beragam taman nasional yang dimiliki Indonesia telah diubah menjadi tempat wisata alam yang indah dan mempesona jutaan wisatawan. Tempat wisata alam tersebut memiliki flora dan fauna khas Indonesia.

Taman Nasional di Pulau Jawa

Keindahan alam Indonesia merupakan kebanggaan bangsa. Di antara puluhan daftar taman nasional di Indonesia, Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Kepulauan Seribu termasuk yang sangat populer karena sering menjadi tujuan rekreasi kaum muda Jakarta. Banyak remaja Jakarta dan sekitarnya merintis penjelajahan alam dan pendakian gunung dengan mengunjungi Gunung Gede Pangrango sebagai salah satu tempat wisata alam paling indah di Pulau Jawa.

Setelah pengalaman pertama ini, barulah mereka mencoba menemukan tantangan yang lebih berat, gunung yang lebih sukar didaki dan alam yang lebih sulit dijelajahi. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat terkenal karena hutan tropisnya lebat, air terjun yang indah, dan bunga edelweisyang tumbuh liar di dekat puncak gunung kembar itu. Taman nasional ini dihuni oleh lutung, macan, anjing hutan, berbagai jenis burung dan binatang melata.

Di Teluk Jakarta, hanya beberapa puluh menit berperahu motor dari pantai Ancol, terhampar gugusan pulau-pulau rimbun dengan lautnya yang jernih, membentuk Taman Nasional Kepulauan Seribu. Taman nasional ini adalah tempat menyelam dan berselancar yang menyenangkan. Lautnya kaya berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Kepulauan Seribu merupaka obyek wisata alam pantai yang indah. Banyak wisatawan menghabiskan waktu liburan dengan menyelam di Kepulauan Seribu.

Di taman nasional yang meliputi pulau-pulau antara lain Belanda, Kayu Angin Bira, Gosong Rengat, Peteloran, Nyamplung dan Pulau Panjang Bawah hidup beberapa jenis penyu dan kerang raksasa. Dan di pucuk-pucuk pohon tinggi taman nasional ini bersarang elang bondol, burung langka yang dijadikan maskot Jakarta, ibukota Republik Indonesia. Itulah keindahan taman nasional Kepulauan Seribu.

Di ujung barat Jawa Barat terletak Taman Nasional Ujung Kulon, yaitu tempat tinggal sisa-sisa badak Jawa. Taman Nasional ini menantang untuk penjelajahan alam, arung sungai, dan menarik untuk pengamatan satwa liar badak, banteng dan rusa. Taman Nasional ini juga memiliki kawasan pantai yang sangat indah dan laut yang cocok untuk aktifitas menyelam. Obyek wisata pantai di Jawa Barat terkenal keindahannya.

Di bagian lain Pulau Jawa yang sangat padat ini terdapat empat taman nasional yang masing-masing punya daya pikat tersendiri. Taman Nasionat Karimunjawa memiliki banyak terumbu karang dan aneka ragam kehidupan dasar laut. Taman ini merupakan tempat olahraga selam dan selancar yang makin banyak dikunjungi. Ke arah Timur terdapat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang memiliki daya tarik tersendiri karena laut pasir, kawah dan tradisi Kasodo orang Tengger.

Masih di Jawa Timur, terdapat kawasan konservasi alam yang diyakini sebagai rimba terakhir bagi harimau Jawa. Yang ditemukan selama beberapa tahun belakangan hanya jejak dan sisa kotoran sang raja hutan. Di Taman Nasional Meru Betiri ini pengunjung dapat menjelajah alam dan bila mujur bertemu bunga rafflesia, atau menyaksikan penyu bertelur di pantai. Obyek wisaya di Jawa Timur ini makin banyak dikunjungi wisatawan di masa libur sekolah.

Taman nasional lainnya di Jawa Timur adalah Baluran Purwo ljen yang terkenal dengan kerbau liar, banteng, burung merak dan pohon dadap biru. Taman nasional ini merupakan tempat penjelajahan alam yang sangat menantang. Taman ini memiliki gunung api, lautnya cocok untuk olahraga selam. Tempat wisata alam di Jawa Timur ini dikenal juga sebagai Africa Van Java karena aktifitas liburan safari di alam bebas.

Taman Nasional di Bali dan Nusa Tenggara

Menyeberang ke Pulau Bali, Taman Nasional Bali Barat menampilkan warisan alam kebanggaannya yakni jalak Bali. Di kawasan ini dua abad yang silam pernah berkeliaran harimau Bali. Raja rimba Bali itu punah sebelum orang sempat memikirkan pelestariannya. Sangat disayangkan jika fauna khas Bali tersebut telah punah dari penyelamatan satwa liar.

Terus ke Pulau Lombok di bagian timur, terdapat Taman Nasional Rinjani. Gunung Rinjani setiap musim liburan sekolah berhasil memikat pendaki-pendaki remaja datang dari berbagai kota di Jawa. Danau kawah Rinjani merupakan obyek fotografi yang sangat indah. Gunung Rinjani saat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Lanjut ke Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo, Pulau Rinca dan beberapa pulau kecil sekitarnya membentuk Taman Nasional Komodo. Di sinilah hidup sisa-sisa binatang purba biawak Komodo. Kadal raksasa yang sudah hidup sejak zaman dinosaurus ini bisa disaksikan di alam bebas atau ketika memangsa umpan kambing dari petugas taman. Pulau Komodo juga merupakan tempat yang menarik untuk penjelajahan alam savana yang kering. Lautnya jernih, kaya dengan kehidupan dasar laut, sangat menyenangkan untuk olahraga selam.

Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan gajah dari perburuan liar di Indonesia oleh Hardi Cantrik
Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan gajah dari perburuan liar di Indonesia oleh Hardi Cantrik

Taman Nasional di Pulau Sumatera

Kembali ke bagian barat Tanah Air, di atas tanah dua propinsi, Daerah Istimewa Aceh dan Sumatera Utara, berkeliaran bebas gajah Sumatera, orangutan dan badak Sumatera. Di Taman Nasional Gunung Leuser inilah terdapat pula pusat rehabilitasi orangutan. Taman nasional ini merupakan kawasan yang sangat menantang untuk penjelajahan alam dan pendakian gunung. Sungai-sungainya juga sering diarungi petualang-petualang muda berperahu karet. Inilah tempat wisata alam Sumatera yang mempesona setiap kunjungan wisatawan.

Kawasan konservasi lain dari Sumatera yang sangat kaya flora dan fauna adalah Taman Nasional Kerinci Seblat. Terletak di wilayah empat propinsi, Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan, taman ini dihuni harimau, badak, kambing hutan. Di taman nasional ini banyak tumbuh pinus Kerinci dan bunga Rafflesia. Bunga Rafflesia adalah salah satu bunga khas Indonesia yang menjadi maskot Nusantara.

Di bagian selatan Sumatera masih terdapat lagi dua taman nasional yakni Bukit Barisan yang terletak di wilayah BengkuIu dan Lampung dan Way Kambas di Lampung. Bukit Barisan dihuni gajah, harimau dan kambing liar. Sedangkan Way Kambas membanggakan gajah-gajahnya. Di taman nasional ini terdapat pusat latihan gajah yang mendidik gajah liarmenjadi jinak, mampu membantu manusia atau main sirkus. Way Kambas telah berkembang menjadi obyek wisata unggulan di Lampung.

Taman Nasional di Pulau Kalimantan

Di Kalimantan terdapat tiga taman nasional dengan fauna yang hampir sama. Taman Nasional Gunung Palung di Kalimantan Barat. Tanjung Puting di Kalimantan Tengah dan Kutai di Kaiimantan Timur sama-sama dihuni bekantan, kera berhidung sangat mancung. Ciri fauna ketiganya hampir sama. Di Taman Nasional Tanjung Puting terdapat pusat rehabilitasi orangutan yang dikenal sampai ke banyak negara. Kegiatan yang paling disukai anak-anak muda di ketiga taman nasional ini antara lain penjelajahan alam dan arung sungai.

Beberapa taman nasional di Pulau Kalimantan tersebut mampu menarik kunjungan wisatawan karena sifatnya yang masih alami. Keunikan taman nasional di Pulau Kalimantan adalah kondisi alamnnya yang sebagian besar dipenuhi oleh hutan hujan tropis. Pulau Kalimantan relatif aman untuk ditinggali aneka flora dan fauna karena jarang terjadi gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Taman Nasional di Pulau Sulawesi

Di Sulawesi terdapat empat taman nasional. Taman Nasional Bunaken Manado Tua di Sulawesi Utara merupakan taman laut yang sangat indah. Penyelam dari berbagai negeri datang menikmati alam bawah laut yang kaya aneka jenis ikan, bunga karang, dan biota atau makhluk laut lainnya. Inilah tempat wisata alam pantai yang mampu menarik kunjungan jutaan wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Di Sulawesi Tengah terdapat Taman Nasional Lore Lindu tempat anoa berkeliaran dan burung maleo bebas bertelur tanpa terlalu cemas telur yang beberapa kali lebih besar dari telur ayam itu dicuri orang. Taman Nasional ini menawarkan penjelajahan alam bagi yang berjiwa petualang. Dua taman nasional lainnya di Sulawesi yakni Dumoga Bone di Sulawesi Utara dan Rawa Aopadi Sulawesi Tenggara memiliki kekayaan fauna yang sama. Keduanya membanggakan anoa dan burung maleo.

Taman Nasional di Kepulauan Maluku

Maluku memiliki satu taman nasional yang kaya dengan aneka jenis anggrek, bermacam spesies kupu-kupu, burung kakatua, burung kasuari dan kuskus. Taman nasional ini belum terlalu sering dijelajah. Bagi Anda yang menyukai berlibur ke obyek wisata alam, tidak ada salahnya jika Anda melakukan perjalana wisata ke taman nasional di Maluku. Traveling ke Maluku bisa menjadi perjalanan liburan yang tak terlupakan.

Taman Nasional di Pulau Irian

Di Irian Jaya terdapat dua taman nasional yang belum banyak dikenal. Taman Nasional Wassur dihuni berbagai jenis burung cenderawasih dan kupu-kupu. Taman nasional yang kedua, Teluk Cenderawasih, adalah sebuah taman laut yang sangat luas, hampir 1,5 juta hektar. Berbagai rekreasi laut dapat dilakukan di sini. Menyelam dan berselancar pasti menyenangkan di sini. Lautnya memiliki banyak sekali terumbu karang. Kekayaan biota lautnya membuat taman nasional ini menyajikan pemandangan bawah air yang mempesona.

Itulah daftar nama-nama taman nasional yang dimiliki oleh Indonesia. Mungkin Anda memiliki pengalaman seru saat berlibur ke beragam tempat wisata alam di Indonesia. Mari berbagi cerita di kolom komentar.

Referensi:

———–. 1990. Bunga Nasional dan Maskot Flora-Fauna Daerah. Jakarta: Kantor Menteri Negara Kelestarian Lingkungan Hidup.

———–. 1991. Sekilas Tentang Konservasi Alam dan Pemanfaatan Hutan Secara Lestari. Jakarta : Departemen Kehutanan.

Gradwohl, Judith dan Russell Greenberg. 1991. Menyelamatkan Hutan Tropika. Jakarta: Balai Pustaka

Hadisepoetro, Soebagjo. 1991. Sistem Taman Nasional dan Rekreasi di Indonesia. Disampaikan pada Konferensi PATA ke-40 di Bali.

Sangguana, YP. 1994. Mengisi Liburan di Taman-taman Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Tim Penyusun Kamus Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

8 Replies to “Daftar Taman Nasional di Indonesia Sebagai Obyek Wisata Alam yang Mempesona”

  1. Bromo adalah tempat wisata favorit saya. Pengen lagi liburan kesana kalau ada waktu dan dana.

  2. hai para maling hewan, jangan jual melulu isi kebun binatang. nanti kita nggak punya bahan cerita ke anak cucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *