Liburan Murid SDN Latsari ke Mahavihara Budha Tidur di Bejijong, Trowulan, Mojokerto

Buddha Painting
Buddha Painting

Kegiatan study tour murid-murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang pada 19 Oktober 2019 berlanjut. Setelah mengunjungi Pusat Informasi Majapahit atau Museum Trowulan, para siswa dan guru melanjutkan tujuan berlibur ke obyek wisata Mahavihara Budha Tidur. Tempat wisata Mahavihara Budha Tidur berada di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Lokasi obyek wisata religi ini berada di tengah perkampungan sehingga anda perlu memperhatikan lebar kendaraan dibandingkan dengan jalan lebar jalan masuk ke obyek wisata.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke tempat wisata Mahavihara Budha Tidur sebesar Rp2.500 per orang. Biaya masuk ini cukup murah. Oleh karena itu, tempat wisata sejarah di Trowulan ini banyak dikunjungi oleh para pelajar di akhir pekan. Kedatangan penulis pada hari Sabtu (19/10/2019) lalu di Mahavihara Budha Tidur disambut dengan keramaian wisatawan yang juga sama-sama berlibur ke sana. Pengunjung obyek wisata di Mojokerto ini juga berasal dari usia kanak-kanak.

Tempat wisata Budha Tidur merupakan salah satu obyek wisata religi yang ada di Kabupaten Mojokerto. Para wisatawan yang berkunjung ke sana bukan hanya pemeluk agama Buddha saja, tetapi bahkan masyarakat non Budha pun tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata di Trowulan ini. Terlihat dalam pengamatan penulis, sekelompok ibu-ibu muda berkerudung asyik berswafoto dengan latar belakang patung Budha.

Daya Tarik Budha Tidur

Ada banyak alasan mengapa para wisatawan suka berkunjung ke tempat wisata Mahavihara Budha Tidur. Mereka kesana bukan bertujuan untuk beribadah di dalam vihara. Alasan pertama adalah adanya patung Buddha sepanjang sekitar 18 meter yang menampilkan posisi tertidur. Di sekeliling patung Buddha terdapat kolam ikan dan ditumbuhi oleh bunga teratai. Obyek wisata di Trowulan ini banyak ditumbuhi pohon besar sehingga udara di sekitarnya terasa sejuk.

Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata mahavihara Budha Tidur, silakan membawa bekal makanan ke dalam area wisata. Telah disediakan tempat beristirahat bagi anda dan keluarga untuk menikmati hidangan makan siang yang anda bahwa dari rumah. Selain tempat makan yang nyaman, di sana juga disediakan tempat mencuci tangan dan toilet yang cukup bersih. Anda tidak perlu khawatir faktor keamanan dan kesehatan fasilitas publik di obyek wisata Mahavihara Mojopahit. Tempat wisata terkenal di Trowulan ini telah dibangun sedemikian rupa sehingga memberi kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang.

Kegiatan paling menyenangkan yang dapat dilakukan oleh anak-anak di sekitar obyek wisata mahavihara Budha Tidur adalah memberi makan ikan. Terdapat ratusan ikan di kolam ikan di bawah patung Buddha. Koleksi ikan-ikan itu berukuran cukup besar dibandingkan pada umumnya. Ikan yang hidup di kolam itu antara lain ikan lele, ikan mas, dan ikan koi. Anda dapat membeli makanan ikan dengan harga Rp5.000 per bungkus. Anda bisa memberikan makanan itu kepada ikan-ikan yang menantikan makanan dari para pengunjung.

Wisata Belanja Trowulan

Di sekitar obyek wisata mahavihara Mojopahit Budha Tidur dapat ditemukan para pedagang kaki lima yang menjajakan aneka cendera mata bergambar kerajaan majapahit. Para pedagang itu menjual kaos berlogo surya majapahit, kaos bergambar mahapatih gajah mada hingga aneka kerajinan tangan yang terbuat dari besi dan tembaga. Harga kaos itu bervariasi mulai dari Rp35.000 sampai Rp85.000 per buah. Selain kaos, Anda juga bisa membeli oleh-oleh manik-manik gelang, kalung, lukisan dinding, dan kerajinan lain-lain.

Jika anda tertarik menikmati sajian wisata kuliner, Anda bisa mendapatkannya di sekitar wisata Budha Tidur. Disana terdapat banyak pilihan wisata kuliner Mojokerto dengan harga murah. Kebanyakan makanan itu merupakan makanan tradisional Jawa. Makanan tradisional Jawa yang bisa Anda coba disana antara lain nasi soto, nasi rawon, gado-gado, rujak cingur, minuman es tebu, es jeruk peras, dan lain-lain.

Bagaimana dengan pengalaman anda berlibur ke tempat wisata di Mojokerto? Apakah anda sudah pernah mengunjungi tempat wisata mahavihara majapahit di Trowulan? Silahkan berbagai pengalaman liburan anda di kolom komentar dibawah ini. Mari kunjungi setiap keindahan tempat wisata budaya di seluruh Indonesia!

Bagikan tulisan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *