Bale Tirta, Sudut Bale Tani Untuk Petualangan Kuliner Sambil Berendam Air

Apa kabar sobat pembaca blog The Jombang Taste? Kemarin Sabtu (19/1/2019) penulis menghabiskan akhir pekan di tempat wisata Bale Tani Jombang. Bale Tani berada di Dusun Serning Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Inilah salah satu obyek wisata di Jombang yang banyak disukai traveler dari kelompok umur anak-anak dan remaja. Pembahasan latar belakang foto Agrowisata Bale Tani mungkin sudah terlalu biasa dan terlalu sering Anda baca. Tapi ternyata ada spot liburan yang baru nih di tempat wisata Bale Tani. Apakah yang baru di Bale Tani di awal tahun 2019 ini?

Salah satu wahana liburan terbaru di Bale Tani bisa dipakai sambil makan-makan santai bernama Bale Tirta. Seperti apa keseruan menikmati kuliner Jombang di Bale Tirta? Bale Tirta adalah salah tempat wisata di Jombang yang menawarkan konsep wisata kuliner dengan latar belakang pemandangan kebun bunga dan kolam ikan. Kebun bunga Bale Tani sedang menyajikan pemandangan indah bunga kertas yang sedang bermekaran di musim hujan bulan Januari. Sementara itu kolam ikan sedalam mata kaki orang dewasa menawarkan dinginnya alam lembah Gunung Anjasmoro.

Obyek Wisata Terbaru di Jombang

Jadi ceritanya nih kemarin penulis makan siang di Bale Tirta dengan kondisi kaki berendam di dalam air. Ini pengalaman pertama penulis ‘kecek banyu’ sambil makan. Awalnya terasa agak risih. Tapi lama-lama santai juga. Sambil menyantap nasi soto ayam, ada puluhan ikan-ikan emas yang berenang kesana-kemari di sekitar kaki. Sesekali ujung kaki terasa geli karena ikan-ikan itu rupanya suka mencicipi bagian kulit ari yang mengelupas. Untung saja ikan-ikan itu tidak pingsan karena kekenyangan ngemil kulit manusia yang berkunjung ke Bale Tirta.

Sejuknya udara sekitar Bale Tirta menambah asik suasana makan siang. Untuk bisa masuk ke Bale Tirta anda harus membayar tiket masuk ke Bale Kebon. Singkat kata, Bale Tirta adalah anaknya Bale Kebon. Tiket masuk ke Bale Kebon sebesar Rp5.000 per orang. Harga tiket ini sama dengan tiket masuk ke loket utama Bale Tani di depan gerbang depan. HTM Bale Tani terbilang murah untuk ukuran Jombang. Buktinya, tempat parkir kendaraan penuh yang menandakan pengunjung berjubel datang kesana.

Pengalaman berlibur dan makan siang di Bale Tirta akan mengingatkan Anda pada wisata alam Sumberbiru yang ada di Wonosalam. Hanya saja bedanya adalah Sumberbiru berada di aliran sungai alami dan airnya cenderung kotor pada musim hujan begini. Menu makanan di Sumberbiru pun ala kadarnya seperti mie instan dan gorengan. Sedangkan Bale Tirta berada di kolam renang buatan manusia dengan pengaturan debit air dan penjagaan kebersihan kolam yang bagus. Menu makanan di Bale Tirta lebih banyak dan lebih higienis.

Makan Ditemani Ikan Mas

Apa sih asiknya makan di Bale Tirta? Secara umum penulis rasakan makanannya standar. Menu makannya biasa. Ada ayam bakar, nasi soto, gorengan, makanan ringan, aneka jus buah, dan lain-lain. Tapi yang bikin asik itu di sini kita bisa makan sambil berendam di atas air. Kalau biasanya anda cukup stress atau lelah karena kerja berhari-hari nggak ada salahnya kalau akhir pekan ini ada berlibur ke Bale Tirta.

Bale Tirta berukuran sekitar 10×6 meter. Tempat wisata kuliner ini menyediakan sekitar 40 buah kursi makan. Disana terdapat seperangkat alat musik dan sound system yang bisa dipakai untuk memainkan musik secara live. Kebetulan penulis liburan ke Bale Tirta pada Sabtu pagi jadi suasananya ramai dan banyak sekali orang yang menghabiskan akhir pekan mereka disana.

Bale Tirta adalah tempat wisata instagramable di Jombang. Anda bisa berfoto sambil bergaya di Bale Tirta. Ini hanyalah satu diantara sekian banyak spot foto yang bisa Anda kunjungi di tempat wisata Bale Tani. Obyek wisata terbaru di Jombang ini buka mengikuti operasional Agrowisata Bale Tani, yaitu setiap hari Sabtu sampai dengan Kamis pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Bale Tani tutup pada hari Jumat saja.

Terdapat aturan untuk pengunjung Bale Tirta tidak boleh berenang di area kolam ikan. Selanjutnya, alas kaki harus dilepas saat duduk bersantai disana. Tambahan saja, jaga keamanan smartphone dan kamera Anda. Resiko terjatuh ke dalam kolam mungkin saja terjadi. Pegang erat HP dan barang bawaan supaya tidak tercebur air. Terakhir, Bale Tirta tidak cocok untuk pengunjung berusia di bawah tiga tahun.

Liburan seru ke tempat wisata di Jombang, Bale Tani di Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang
Liburan seru ke tempat wisata di Jombang, Bale Tani di Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang

Lokasi Bale Tirta

Bagaimana rute untuk mencapai lokasi obyek wisata Bale Tirta? Tidak perlu bingung. Anda tinggal mencari lokasi Agrowisata Bale Tani. Tempat wisata di Jombang ini sudah sangat terkenal. Dijamin Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Gunakan peta online pada aplikasi Google Maps. Ikuti rute yang disarankan Google. Bila panduan itu belum cukup, bertanyalah kepada warga sekitar lokasi.

Semua syarat liburan menyenangkan ada di obyek wisata Agrowisata Bale Tani. Selain wahana Bale Tirta di sini sudah ada Bale Sawah, Bale Kebon, Bale Edukasi, Bale Bibit, Bale Bioskop, tempat penginapan dan juga tempat rapat yang representatif. Singkat kata, Agrowisata Bale Tani adalah obyek wisata kreatif di Jombang yang paling lengkap dan bagus pengelolaannya.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Selamat berlibur ke tempat wisata di Jombang!

12 Replies to “Bale Tirta, Sudut Bale Tani Untuk Petualangan Kuliner Sambil Berendam Air”

  1. Terima kasih reviewnya sangat membantu kami untuk merencanakan liburan bersama para siswa satu sekolah ke Bale Tani.

  2. Bale Tani memang hebat. Tau aja cara bisnis kreatif era milenial. Tiap 6 bulan selalu ada yg baru dan berbeda disana. Mantapppp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *