Wisata Pemandian Pandansili dan Watu Kloso di Ngampungan, Bareng, Jombang

Gegap-gempita wisata desa inovatif terus berkembang di wilayah Kabupaten Jombang. Setelah pembukaan tempat wisata Kandang Sapi di Wonosalam dan Situs Petirtaan Sumber Beji di Kesamben, kali ini hadir pula sebuah tempat wisata baru di Jombang yang bernama Pemandian Pandansili. Obyek wisata Pemandian Pandansili telah dibuka untuk umum sejak akhir Oktober 2019 lalu. Penulis berkunjung ke tempat wisata Pemandian Pandansili pada hari ini Minggu, 16 Februari 2020.

Tempat wisata alam Pemandian Pandansili berada di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Masyarakat sekitar lokasi obyek wisata menyebutnya dengan nama Pemandian Ngampungan. Obyek wisata Pemandian Ngampungan mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan sejak awal Januari 2020 kemarin. Tempat liburan di Jombang itu mudah diakses oleh masyarakat dari berbagai arah walaupun berada di lereng Gunung Anjasmoro.

Lokasi Pemandian Pandansili

Lokasi obyek wisata Pemandian Pandansili Ngampungan berada di Desa Ngampungan. Jika Anda berangkat dari arah Surabaya, Mojokerto, Mojoagung dan sekitarnya maka Anda pilih Jalan Raya Mojoagung menuju ke Mojoduwur. Setelah sampai Mojoduwur, Anda ambil jalur ke kanan melalui Desa Penggaron. Lalu berturut-turut Anda melalui Agrowisata Bale Tani Banjaragung, Pasar Bareng dan Dusun Wungurejo. Sesampai di Dusun Wungurejo terdapat sebuah papan petunjuk arah belok kiri menuju ke Pemandian Pandansili Ngampungan.

Ikuti terus jalan beraspal satu-satunya ke arah Desa Ngampungan tersebut. Perjalanan masih berjarak 2,5 km lagi. Anda akan menemukan sebuah tempat parkir di pinggir jalan di ruas jalan sebelah kanan. Itulah keberadaan obyek wisata Pemandian Pandansili Ngampungan. Kondisi jalan beraspal di Ngampungan pada musim penghujan seperti ini masih cukup baik. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati selama berkendara dari arah Pasar Bareng hingga menuju lokasi wisata Pemandian dan Kolam Renang Ngampungan.

Jika Anda berangkat liburan dari arah Kediri, Ngoro dan sekitarnya maka Anda terus melajukan kendaraan roda empat maupun roda dua menuju ke Pasar Bareng. Dari Pasar Bareng Anda belok kanan dan ikuti terus jalan raya hingga ke Dusun Wungurejo. Sesampai Dusun Wonorejo terdapat papan petunjuk arah menuju ke Pemandian Pandansili Ngampungan. Seterusnya Anda bisa mengikuti papan petunjuk itu hingga sampai di objek wisata Pemandian Pandansili Ngampungan seperti keterangan di atas.

Akses jalan raya menuju lokasi tempat wisata Pemandian Pandansili Ngampungan sudah cukup baik. Jalan beraspal terbilang mulus dengan kualitas yang cukup bagus. Beberapa jalan berlobang mungkin akan anda temui. Tapi hal itu tidak cukup mengganggu laju kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat dari dua arah. Akses jalan raya tidak terlalu menanjak sehingga wisatawan perempuan pun dapat berkendara sendiri untuk sampai ke lokasi tempat wisata Ngampungan.

Airy Room - Aplikasi Booking Hotel Murah Terpercaya
Airy Room – Aplikasi Booking Hotel Murah Terpercaya

Tarif Parkir Kendaraan

Sesampai di lokasi objek wisata Pemandian Pandansili Ngampungan, Bareng, Jombang Anda dapat memparkir kendaraan roda dua di tempat parkir atas maupun tempat parkir bawah. Dua tempat parkir itu cukup menampung kurang lebih 100 kendaraan sepeda motor. Tarif parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp2.000 per kendaraan. Petugas penjaga tempat parkir kendaraan cukup ramah dan kooperatif dan kooperatif terhadap kunjungan wisatawan.

Jika anda berlibur ke tempat wisata Pemandian Pandansili Ngampungan dengan menaiki kendaraan roda empat maka anda hanya bisa parkir di jalan desa di atas. Selanjutnya anda akan turun dan berjalan kaki sekitar 100 meter dari tempat parkir menuju ke bawah bukit dan sampai ke loket masuk. Tarif parkir kendaraan roda empat di tempat wisata Pemandian Pandansili Ngampungan sebesar Rp5.000 per kendaraan.

Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang
Liburan menyenangkan dan outbound kerjasama tim di tempat wisata alam Bukit Embag di Wonosalam Jombang

Harga Tiket Masuk Pandansili

Harga tiket masuk ke tempat wisata Pemandian Pandansili Ngampungan sebesar Rp2.000 per orang. Tarif tiket masuk ini berlaku sama untuk wisatawan anak-anak maupun wisatawan dewasa. Harga tiket masuk Rp2.000/orang berlaku pada saat kunjungan penulis pada tanggal 16 Februari 2020. Harga tiket ini mungkin saja akan mengalami penyesuaian seiring dengan pembangunan berbagai fasilitas liburan di tempat wisata Pemandian Pandansili Ngampungan.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp2.000 per orang anda sudah bisa berkesempatan untuk berenang di Pemandian Pandansili Ngampungan. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi formasi alam Watu Kloso yang berada tidak jauh dari kolam renang Pemandian Pandansili Bareng. Watu Kloso adalah hamparan batu sungai yang bentuknya hampir datar dan bisa digunakan untuk duduk seperti layaknya sebuah tikar memanjang.

Anda tidak perlu membeli tiket masuk lagi untuk bisa mengunjungi spot liburan Watu Kloso. Harga tiket masuk Rp2.000 sudah termasuk untuk semua fasilitas hiburan di Pemandian Ngampungan. Murah sekali bukan. Oleh karena itu obyek wisata pemandian Ngampungan bisa dikategorikan sebagai tempat wisata murah di Jombang Selatan. Biaya liburan per orang di sana sana di sana sana tidak lebih dari Rp20.000 untuk tiket masuk, membeli makanan, membeli minum, dan membeli voucher koneksi internet wi-fi.

Pembangunan Fasilitas Liburan Ngampungan

Penulis hari ini berkunjung ke tempat wisata Pemandian Pandansili Ngampungan. Penulis menyempatkan untuk mampir ke salah satu warung yang ada di sana. Inilah kesempatan bagi penulis untuk mengorek lebih banyak informasi terkait asal usul Pemandian Pandansili dan perkembangan obyek wisata Pandansili.

Ternyata sumber air Pandansili telah ditemukan sejak era kolonialisme Belanda dulu. Mata air Pandansili digunakan warga Desa Ngampungan sebagai sumber air bersih desa yang berada di Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang itu. Mata air Pandansili sempat tidak terurus selama bertahun-tahun lamanya. Waktu itu belum ada ada pihak yang berniat untuk mengembangkan Pandansili menjadi sebuah obyek wisata di Jombang yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat setempat.

Lalu muncul ide dari perangkat desa setempat untuk menggalakkan potensi alam Desa Ngampungan untuk menjadi wisata desa yang unik. Akhirnya dibentuklah badan usaha milik desa (Bumdes). Organisasi ini berinisiatif mengembangkan mata air desa Ngampungan sebagai objek wisata Pemandian Pandansili. Usaha untuk mengembangkan objek wisata dilakukan selama bertahun-tahun hingga akhirnya bisa dibuka untuk umum.

Berdasarkan pengamatan penulis hari ini di lokasi objek wisata Pemandian Pandansili Ngampungan masih belum banyak fasilitas liburan yang tersedia di sana. Fasilitas yang tersedia di sana adalah sebuah kolam renang berukuran kurang lebih 30×20 m di tanah datar di kaki Gunung Anjasmoro. Kolam renang itu terbagi menjadi dua bagian. Sepertiga bagian kolam renang ditujukan untuk anak-anak. Sementara itu dua pertiga bagian kolam renang di bangun untuk kolam renang dewasa dan memiliki kedalaman kurang lebih 120 cm.

Fasilitas lain yang tersedia di obyek wisata Pemandian Pandansili Ngampungan adalah kamar mandi dan kamar ganti untuk wisatawan pengguna kolam renang. Terdapat 6 buah kamar mandi yang sedang dibangun di sana. Namun baru 2 kamar mandi saja yang telah selesai dilakukan pengerjaannya dan dapat digunakan oleh pengunjung kolam renang Ngampungan. Dua buah kamar mandi itu terbilang sederhana namun sudah dapat digunakan oleh anak-anak dan remaja yang menggunakan kolam renang.

Wisata Kuliner Ngampungan

Fasilitas berikutnya yang bisa anda gunakan selama berlibur di Pemandian Pandansili Ngampungan adalah puluhan warung tradisional yang dikelola oleh warga setempat. Liburan ke tempat wisata di Jombang memang paling enak kalau kita mencicipi aneka wisata kuliner desa setempat. Warung-warung itu menjual berbagai makanan cepat saji dan makanan tradisional yang umumnya bisa kita jumpai di berbagai tempat wisata murah di Indonesia.

Anda bisa mencoba berbagai makanan tradisional seperti rujak cingur Rp7.000 per porsi, kue nogosari, pentol bakar, ote-ote, tahu isi, godoh gedang, dan berbagai jajanan tradisional lainnya. Sementara itu makanan cepat saji yang tersedia di sana antara lain mie dalam kemasan gelas, aneka sosis, nugget, dan minuman sachet. Makanan yang renyah, pedas dan gurih seperti ini memang mudah ditemui pada banyak tempat wisata di Jombang yang berada di daerah pedesaan.

Semua makanan tersebut dijual dengan harga rakyat. Tidak ada perbedaan yang terlalu jauh antara harga makanan di sebelah rumah anda dengan harga makanan yang dijual di objek wisata Pemandian Pandansili. Warung-warung itu buka mulai pukul tujuh pagi hingga pukul empat sore mengikuti jam buka tempat wisata.

Akses Komunikasi Telepon

Satu hal lagi yang perlu anda perhatikan adalah terkait masalah akses komunikasi dan jaringan telepon yang berada di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Penulis menggunakan layanan provider Indosat untuk berkomunikasi dengan telepon genggam. Penulis kecewa karena tidak ada sinyal Indosat yang bisa digunakan untuk mengakses internet di kawasan lokasi wisata Pemandian Pandansili.

Lokasi wisata Ngampungan berada di kaki Gunung Anjasmoro. Memang bisa dimaklumi jika jaringan komunikasi disana cukup sulit. Untungnya di area wisata sudah ada layanan wi-fi yang bisa membantu wisatawan menggunakan akses internet dengan lebih baik. Anda bisa membeli voucher WiFi seharga Rp3.000 yang dapat anda gunakan dalam masa aktif 30 jam.

Voucher WiFi itu berlaku untuk satu pengguna. Kecepatan akses internet wifi disana tidak terlalu baik. Maklum saja, dua buah server yang digunakan untuk koneksi internet wi-fi di objek wisata Pemandian Pandansili Ngampungan digunakan oleh ratusan pengunjung dalam sekali waktu sehingga kecepatan internet menjadi lebih lambat. Koneksi internet wi-fi ini sudah cukup untuk membantu Anda update status dan berbagi foto liburan di tempat wisata di Jombang.

Wisata Watu Kloso

Ada bonus liburan yang bisa anda nikmati jika anda berlibur ke tempat wisata Pemandian Pandansili di Ngampungan Bareng Jombang, yaitu wisata Watu Kloso. Watu Kloso dalam bahasa Jawa berarti tikar yang terbuat dari batu. Watu Kloso merupakan formasi alam berupa hamparan batu sungai dengan bentuk tidak teratur namun memiliki permukaan yang hampir datar dan luas.

Kunjungan penulis hari ini ke Watu Kloso Ngampungan berlangsung setelah tadi malam terjadi hujan lebat. Turunnya hujan semalam suntuk menyebabkan debit air sungai meningkat dan kualitas air sungai pun menjadi lebih keruh. Permukaan Watu Kloso yang biasanya oleh warga dikatakan tampak luas, kali ini sebagian besar tertutup oleh air sungai yang keruh. Sangat disayangkan memang.

Mungkin penulis akan berkunjung lagi ke sana lain waktu di saat cuaca tidak hujan sehingga bisa melihat lebih banyak hamparan batu sungai. Watu Kloso bisa digunakan untuk duduk dan bersantai bersama teman-teman Anda. Ternyata liburan murah itu tidak perlu jauh-jauh dari rumah. Bahkan dengan biaya yang minim sekali pun anda sudah bisa refreshing sejenak dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Bagaimana dengan pengalaman anda berlibur ke tempat wisata di Jombang? Apakah anda tertarik untuk berlibur ke obyek wisata Pemandian Pandansili di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang? Silakan berbagi pengalaman anda berlibur ke tempat ke tempat wisata murah di Jombang pada kolom komentar di bawah bawah pada kolom komentar di bawah bawah kolom komentar di bawah ini.

Bagikan tulisan ini:

8 Replies to “Wisata Pemandian Pandansili dan Watu Kloso di Ngampungan, Bareng, Jombang”

  1. kalau lihat liputan tulisan dan video di artikel ini, sepertinya obyek wisata di Jombang ini belum terlalu bagus untuk dikunjungi…. tapi lumayanlah sebagai informasi awal kalau mau liburan ke sana tahun depan.

  2. Review mantul cak… jangan bosan-bosan untuk menceritakan berbagai tempat wisata di Jombang. mudah-mudahan objek wisata di Jombang makin banyak pengunjungnya.

  3. Apakah di sana ada persewaan gedung untuk acara ulang tahun atau rapat? kalau ada sekalian jadi satu sambil ulang tahun setelah itu liburan dengan anak-anak.

  4. Sepertinya sekarang ini sedang demam wisata baru yang sebenarnya nggak baru-baru amat ya… kalau ada tempat wisata lama yang tidak terurus lalu di bikin tulisan kekinian jadi deh tempat wisata baru yang up to date dan bisa dipakai nampang di status sosmed…

  5. Untuk saat ini saya sarankan kalian rebahan di rumah saja dan gak usah traveling. jangan sampai Indonesia menjadi semakin kacau seperti negara Korea yang memberlakukan new normal malah menjadi penyebab melambungnya pengidap virus Corona tahap2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *