Bakso Temanggung Penunda Lapar Saat Traveling di Punggung Gunung

Makanan penggugur kandungan ibu hamil
Makanan penggugur kandungan ibu hamil

Halo kawan pembaca The Jombang Taste! Masih bersama saya dalam ulasan ragam wisata kuliner Nusantara. Minggu kemarin saya menghabiskan liburan selama dua hari di Jawa Tengah. Saya berkesempatan mencicipi beberapa sajian kuliner khas daerah Jawa Tengah. Mulai dari nasi soto Lasem, nasi pecel Gunung Muria, nasi goreng Kadilangu, dan nasi rawon Rembang.

Kuliner Jawa Tengah yang saya coba berikutnya adalah bakso Temanggung. Ini bukan bakso biasa karena belinya di daerah pegunungan di Kabupaten Temanggung. Kalau menyebut nama Temanggung ingatan saya melayang pada penyergapan teroris Temanggung beberapa tahun silam. Kali ini terorisnya bernama rasa lapar karena saya menempuh perjalanan panjang dari Demak menuju Magelang via jalan tol Semarang.

Oh ya, mumpung masih ingat nih. Acara liburan saya di Jawa Tengah pada Minggu, 1 Juli 2018 lalu mencatatkan sejarah pertama kalinya saya naik kendaraan di atas jalan tol Semarang lewat Ungaran-Bawen. Gila! Jalan tol yang baru dipakai empat tahunan ini pemandangannya keren banget. Jalan tol berada di ketinggian puluhan meter dari permukaan tanah. Saya serasa naik mobil sambil melayang di udara. Seru banget!

Meski senang lihat pemandangan indah area sekitar Gunung Sumbing, tetap saja perut ini terasa lapar. Setelah turun jalan tol dan memasuki wilayah Kabupaten Temanggung, udara dingin terasa sekali di dalam bus yang ber-AC. Bus yang saya tumpangi bersama kawan-kawan akhirnya berhenti di sebuah SPBU atau Pom Bensin. Saya tidak tahu lokasi persisnya dimana. Namun saya ingat, hanya ada satu SPBU setelah turun tol. SPBU itu berada di kiri jalan.

Disana ada sebuah minimarket yang berjejer dengan food court. Sejujurnya, yang kelihatan rame pengunjung bukan SPBU, bukan minimarket, bukan pula food court, tetapi WC umum. Wajar sajalah. Orang cenderung sering ke kamar mandi pada saat udara dingin. Saat itu di food court ada penjual bakso. Tepat sekali!

Semangkok bakso dijual Rp12.000 per porsi. Rasa kuah dan ukuran pentol bakso standard lah. Gurih dan pedasnya biasa. Namun yang bikin enak adalah karena makanan ini disajikan pada saat udara dingin. Bakso hangat itu bikin suasana jadi hangat pula. Layak dicoba jika Anda kesana. Untuk saya pribadi, bakso Temanggung ini recommended banget.

Bagikan artikel ini melalui:

11 Replies to “Bakso Temanggung Penunda Lapar Saat Traveling di Punggung Gunung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *