Ojo Seneng Yen Dialem, Ojo Sengit Yen Cinacat

Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang
Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang

Apa kabar kawan blogger Jombang? The Jombang Taste menyapa Anda melalui artikel kata-kata mutiara Bahasa Jawa. Nasehat bijak Bahasa Jawa kali ini berbunyi ojo seneng yen dialem, ojo sengit yen cinacat. Arti kata-kata bijak Bahasa Jawa ini adalah jangan senang jika Anda dipuji dan jangan marah jika Anda dikritik .

Kebanyakan orang merasa senang jika dipuji dan merasa marah jika dikritik. Tetapi sadarilah bahwa tak semua pujian itu baik karena banyak diantaranya malah menjerumuskan kita pada jurang kenistaan, dan juga sadarilah tak semua kritik itu jelek, karena banyak diantara kritik itu dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Sehingga tak usahlah kita berbunga hati jika dipuji orang dan tak perlu marah serta bergundah gulana saat orang mengkritik atau bahkan memaki-maki kita, karena sesunggulmya segala kebaikan adalah milik Dzat Pemilik Segala Puji, dan semua keburukan adalah berawal dari kealfaan kita sebagai manusia.

Dalam Islam kita diajarkan, jika ada seseorang memuji kita, maka katakanlah itu semata-mata adalah milik Alloh SWT semata, dan jika ada keburukan yang keluar dari kita maka katakanlah bahwa itu adalah berasal dari kita sendiri. Sikap ini diperlukan agar kita tidak sombong dan tinggi hati saat dipuji dan sadar diri serta mau introspeksi saat ada yang mengkritik kita. Semoga artikel kata-kata bijak Bahasa Jawa ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Daftar Pustaka:

Sudjono. 2013. Nguri-uri Pitutur Luhur Falsafah Adi Luhung. CV. Karya Mandiri Sentosa: Ngawi

2 Replies to “Ojo Seneng Yen Dialem, Ojo Sengit Yen Cinacat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *