Anda Cinta Batik? Ketahui 4 Cara Membuat Kain Batik Berikut

Me and My Batik
Me and My Batik

Apa kabar kawan-kawan blogger Indonesia? Jika kalian mengaku sebagai orang Indonesia, pasti di rumah Anda punya setidaknya satu baju batik. Nah, di sebelah ini adalah foto saya sedang memakai batik dengan motif Madura. Batik adalah warisan budaya Nusantara yang sangat berharga. Bagi saya sendiri, batik setidaknya sudah menjadi identitas diri. Namun tahukah Anda bahwa seni kriya batik yang berkembang pada masa sekarang merupakan kelanjutan seni kerajinan batik sebelumnya?

Daerah-daerah perkembangan batik di Jawa Barat masa sekarang terdapat di daerah Cirebon. Sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur sendiri sudah banyak didirikan sentra produksi batik dengan beragam keunikan masing-masing. Di Jombang, tempat tinggal saya pun memiliki pengusaha batik, tepatnya di Jatipelem. Tiap daerah memiliki motif kain batik yang khusus dan membedakan karakter mereka dengan wilayah lain di Nusantara.

Artikel kali ini akan saya bagikan informasi cara membuat batik. Menurut BKS MGMP Seni Budaya Kabupaten Jombang, dalam pembuatan seni kriya batik, kita mengenal setidaknya ada empat cara pembuatannya, yaitu sebagai berikut:

Batik Tulis

Sesuai dengan namanya, teknik membuat batik ini dilakukan dengan cara ditulis dengan canting yang biasa disebut dengan batik tulis. Pembuatan motif pada batik tulis dibuat dengan cara memberikan malam dengan alat yang namanya canting maupun kuas ke atas permukaan kain yang telah digambar sebelumnya. Batik tulis harganya lebih mahal dibanding batik cetak karena proses pembuatannya lebih rumit dan butuh waktu lebih lama.

Batik Cetak

Batik cetak dibuat dengan cara di cetak dengan cap disebut batik cap, sedang pemberian motif pada batik cap dibuat dengan menggunakan cap atau stempel logam yang permukaannya telah diberi malam lalu dicetakkan pada permukaan kain. Pemberian motif pada batik printing dibuat dengan cara mencetakkan larutan napthol yang telah dikentalkan ke atas permukaan kain dengan menggunakan alat rakel. Teknik ini berbeda dengan batik print.

Batik Ikat

Mendengar nama batik ikat serta merta sudah menunjukkan cara membuatnya dengan cara diikat dengan tali ataupun benang. Teknik ini dikenal sebagai batik ikat atau jumputan dan pemberian motif pada batik ikat. Motifnya terbentuk dengan cara mengikat sudut kain dengan tali plastik atau benang hingga menjadi motif yang diinginkan. Proses berikut adalah pencelupan kain ke larutan naptol, garam warna dan air pembilas.

Batik Print

Batik print dibuat dengan cara dicetak dengan screen komputer yang kemudian kita namakan batik cetak atau batik printing. Khusus untuk batik printing langsung dicelupkan kelarutan garam warna. Untuk menghasilkan warna batik yang baik proses pencelupannya harus dilakukan berulang-ulang. Harga kain batik print lebih murah dibanding jenis kain batik lainnya karena proses produksinya lebih mudah dilakukan berkat bantuan teknologi printing.

Nah, itu tadi empat cara mencetak motif batik. Proses selanjutnya disebut proses pelorotan malam. Caranya adalah kain yang telah selesai pada proses pencelupan, dicelupkan kembali ke dalam air panas yang telah diberi bubuk soda abu atau soda ASH. Proses pencucian malam ini akan menghasilkan kain batik dengan warna yang berbeda sesuai tujuan pembuatannya.

Benda-benda pakai yang dihasilkan dari kerajinan kriya batik adalah kain, selendang, taplak meja, sprei, sarung bantal, hiasan dinding, gorden dan lain-lain. Nah, kini Anda sudah tahu empat cara mencetak motif batik. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi Anda. Mari cintai kekayaan budaya Nusantara!

3 Replies to “Anda Cinta Batik? Ketahui 4 Cara Membuat Kain Batik Berikut”

  1. EN-ZY (Indonesian Product) sebuah brand yang selalu mengaplikasikan BATIK INDONESIA di semua produk.
    Cintai Negerimu Pakai Batik Setiap Hari.
    Kunjungi WEB kami ( http://en-zyindonesianproduct.com/ )
    produk EN-ZY dapat ditemukan juga di :
    BUKALAPAK ( https://www.bukalapak.com/muhammad_fawzy )
    TOKOPEDIA ( https://www.tokopedia.com/en-zy )
    OLX ( http://olx.co.id/all-results/user/Iw8E/ )
    LAZADA ( http://www.lazada.co.id/en-zy/ )
    ZALORA ( http://marketplace.zalora.co.id/en-zy/ )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *