Cinta Kasih Hanya Dapat Ditaklukkan Oleh Cinta Kasih

Buddha Painting
Buddha Painting

Apa kabar sobat blogger Jombang? The Jombang Taste hadir lagi menyapa Anda. Artikel motivasi kali ini bersumber dari salah satu kisah legendaris dalam agama Buddha. Disebutkan bahwa pada suatu hari terdapat Yakkha Alavaka, seorang raksasa yang suka membunuh manusia, bertemu dengan Bhikku Gotama. Yakkha Alava tidak pernah pandang bulu terhadap siapa saja yang ditemuinya. Sesuai nalurinya, Yakkha Alavaka ingin membunuh dan memakan daging Bhikku Gotama.

Yakkha Alavaka melemparkan senjata saktinya kepada Bhikku Gotama, namun ia tidak berhasil. Ia juga mengubah dirinya menjadi wujud raksasa yang menakutkan, tetapi Bikkhu Gotama tidak takut. Ketika itu para Dewa mulai berkumpul untuk menyaksikan pertempuran Yakkha Alavaka dengan Bhikku Gotama. Yakkha Alavaka sangat heran menyaksikan senjata andalannya tidak berdaya. Yakkha Alavaka berusaha mencari penyebabnya.

Kekuatan Cinta Kasih Sang Buddha

Setelah berpikir sejenak, Yakkha Alavaka kemudian meminta dengan lemah lembut kepada Sang Buddha untuk meninggalkan tempat tersebut. Buddha Gotama berdiri dan meninggalkan tempat tersebut. Melihat hal tersebut terjadi, hati Yakkha Alavaka menjadi lembut. Yakkha Alavaka berpikir akan lebih baik untuk mengetahui apakah Bikkhu Gotama pergi karena kemarahan atau karena ketidakpatuhan.

Setelah menyusul Bikkhu Gotama, Yakkha Alavaka menemukan bahwa semua itu adalah karena cinta kasih dan kasih sayang Sang Buddha yang amat besar. Cinta kasih hanya dapat ditaklukkan dengan cinta kasih, bukan dengan cara kemarahan. Dengan demikian, segala jenis senjata andalan Yakkha Alavaka tidak mempan melawan kekuatan cinta kasih yang ditunjukkan oleh Sang Buddha.

Yakkha Alavaka kemudian tersadar dari segala kesalahannya selama ini. Ia telah memahami rahasia dari kebahagiaannya di masa mendatang. Yakkha Alavaka telah mengetahui dimana tanah subur yang mampu menghasilkan buah yang berlimpah. Ia menjadi sosok yang baik dan mau membantu masyarakat karena ketulusan cinta kasih agama.

Demikianlah kata-kata bijak dari kisah Buddha memberi inspirasi kepada kita semua agar berperilaku welas asih dalam hidup. Janganlah membelas kejahatan dengan kejahatan serupa. Justru orang-orang yang berperilaku jahat merupakan bukti dirinya kekurangan cinta dan kasih sayang dalam hidupnya. Andalah orang yang paling tepat menebar cinta kasih dalam hiduo ini. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi untuk Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *