Bagaimana Ekonomi Islam Memandang Fenomena Inflasi?

Economy activities - from Pinterest
Economy activities – from Pinterest

Ekonomi Islam merupakan ikhtiar pencarian sistem ekonomi yang lebih baik setelah ekonomi kapitalis gagal total. Bisa dibayangkan betapa tidak adilnya, betapa pincangnya akibat sistem kapitalis yang berlaku sekarang ini, yang kaya semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin. Sistem ekonomi kapitalis melahirkan kesejahteraan semu karena tidak ditopang oleh dasar-dasar ekonomi dan falsafah kehidupan yang tepat.

Selain itu, dalam pelaksanaannya, ekonomi kapitalis ini banyak menimbulkan permasalahan. Pertama, ketidakadilan dalam berbagai macam kegiatan yang tercermin dalam ketidakmerataan pembagian pendapatan masyarakat. Kedua, ketidakstabilan dari sistem ekonomi yang ada saat ini menimbulkan berbagai gejolak dalam kegiatannya. Dan dalam ekonomi Islam, hal yang demikian itu insya Allah tidak akan terjadi.

Dalam Islam tidak dikenal dengan inflasi, karena mata uang yang dipakai adalah dinar dan dirham, yang mama mempunyai nilai yang stabil dan dibenarkan oleh Islam. Adhiwarman Karim mengatakan bahwa, Syekh An-Nabhani (2001: 147) memberikan beberapa alasan mengapa mata uang yang sesuai itu adalah dengan menggunakan emas. Seruan untuk kembali ke mata uang dinar dan dirham menyeruak semakin keras akhir-akhir ini.

Ketika Islam melarang praktek penimbunan harta, Islam hanya mengkhususkan larangan tersebut untuk emas dan perak, padahal harta itu mencakup semua barang yang bisa dijadikan sebagai kekayaan. Islam telah mengaitkan emas dan perak dengan hukum yang baku dan tidak berubah-ubah, ketika Islam mewajibkan dinar maka yang dijadikan sebagai ukurannya adalah dalam bentuk emas.

Sangat tepat dikatakan bahwa Islam tidak mengenal inflasi karena jumlah uang yang beredar di masyarakat mendapatkan jaminan dari nilai intrinsik mata uang. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa ekonomi syariah yang anti ribawi merupakan jawaban atas permasalahan ekonomi saat ini. Tinggal kita mau mengakui atau tidak kenyataan ini. Pilihan untuk menggunakan ekonomi konvensional dan ekonomi Islam sepenuhnya ada di tangan Anda.

One Reply to “Bagaimana Ekonomi Islam Memandang Fenomena Inflasi?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *