Inspirasi Kata-kata Bijak Mahabarata ANTV

Download-Star-Plus-Mahabharat-Wallpaper
Download-Star-Plus-Mahabharat-Wallpaper

Serial drama kolosal Mahabarata di ANTV adalah salah satu tayangan televisi favorit anak muda saat ini. Bukan saja karena Mahabarata ANTV dibintangi oleh artis-artis terkenal, tetapi juga karena Mahabharata ANTV menghadirkan inspirasi kata-kata mutiara yang patut direnungkan kebenarannya. Kata-kata bijak mahabharata muncul dari percakapan antar tokoh yang ada, misalnya Arjuna, Drupadi, Khrisna, Kunti, serta sejumlah pemain Mahabarata lainnya.

Apa saja kata-kata bijak Mahabarata yang menarik untuk disimak? Saya telah mencatat sejumlah kata-kata mutiara Mahabarata. Ini dia…

“Kamu pemanah terbaik di dunia, tetapi kamu tidak membawa busur. Tentu ada yang kamu sembunyikan dariku.” (Ucapan Drupadi kepada sosok Arjuna yang menyamar menjadi brahmana sesaat setelah Arjuna berhasil memenangkan lomba memanah yang diadakan oleh Raja Drupada).

“Bahkan gunung tinggi pun tidak boleh berhasrat memiliki sungai kecil karena hak dari sungai adalah berdekatan dengan lautan luas.” (Dialog Sri Khrisna dengan Drupadi sebelum pelaksanaan sayembara memanah untuk mendapatkan calon suami Drupadi).

“Dari kemarahan tercipta dendam. Dari kebenaran tercipta keadilan.” (Nasehat Sri Khrisna kepada Karna ketika Karna merasa ragu-ragu untuk berkawan dengan Kurawa dan memusuhi Pandawa atau sebaliknya).

“Meski dihidangkan di piring emas, belum tentu makanan terasa lebih enak. “ (Dialog Gandari dengan Kunti menyikapi kekurangan dirinya yang tidak mampu melihat dan harus memilihkan perhiasan untuk persiapan pernikahan Dhursala).

“Mereka yang hidup dengan mengandalkan emosi tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat.” (Nasehat Sri Khrisna kepada Drupada saat Khrisna tahu Drupada memperlakukan anaknya, Drupadi, dengan sewenang-wenang).

“Protes bukanlah bentuk kekuatan. Saat hati penuh dengan kebencian dan keinginan memprotes keadaan, toleransi mengambil peran sebagai sumber kebenaran.” (Nasehat Sri Khrisna kepada Srikandi menyikapi sikap sewenang-wenang Drupada kepada kelahiran Drupadi).

“Batasan hanya berlaku bagi orang yang merasa terganggu.” (Nasehat Sri Khrisna kepada Arjuna saat Pandawa terusik amarahnya oleh kecurangan Sangkuni).

“Dengan penderitaan, karakter terbaik seseorang akan muncul.” (Nasehat Kunti kepada lima orang anak-anaknya, Pandawa, saat mereka berenam melarikan diri dari kebakaran istana yang direncanakan oleh Duryadana).

Selain kata-kata mutiara Mahabarata di atas masih banyak kata-kata bijak Mahabharata yang penuh inspirasi. Nantikan kelanjutannya hanya di blog ini. Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

9 Replies to “Inspirasi Kata-kata Bijak Mahabarata ANTV”

  1. kata-kata bijaknya krisna bagus bgt , itu yang membuat saya tertarik akan film mahabarata 🙂 (y)

  2. ke kuatan , ke hebatan & ke tangguhan bukan berarti pemicu menjadi raja dan bahkan hanya sekedar kata” bijak dapt menghancur kan semua …

    bubon…belajar dikit sebagai insprasi kita kawan …

  3. sukses itu hrus melewati bgbareai halang rintang yang bisa disebut juga sebagai tantangan memang tak mudah bila hanya dengan bermimpi,meski bermula dari mimpi.. tapi juga harus dengan usaha dan do’a dan harus diiringi dengan keyakinan {optimis}intinya semua membutuhkan proses if you want to be, what you want to be, be what you want to be

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *