Pesta Demokrasi Pilkada 2018, Ajang Pembuktian Kemampuan KPPS Pemula

bagaimana menentukan pilihan terbaik dalam hidup
bagaimana menentukan pilihan terbaik dalam hidup

27 Juni 2018 menjadi tanggal yang bersejarah bagi kami para anggota KPPS yang bertugas di TPS 01 Desa Latsari. Hari ini telah dilaksanakan salah satu hajat penting negara Indonesia, yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di tahun 2018. Pilkada 2018 bagi kami bertujuh di TPS 01 adalah hajatan pertama kali kami bekerjasama. Kami tidak pernah terlibat dalam sinergi event apapun sebelumnya. Lima dari tujuh anggota KPPS disini malah baru pemula dalam menggawang pesta demokrasi. Alhamdulillah kami bisa melewati tugas berat hari ini dengan lancar. Inilah salah satu pembuktian bahwa generasi muda pun mampu berbicara banyak pada kehidupan berdemokrasi di masyarakat.

Kami bertujuh berkumpul di TPS 01 sejak pukul enam pagi. Kami bersiap dengan menata segala atribut coblosan mulai jam tujuh pagi usai pengambilan sumpah KPPS. Mulai dari menata bilik suara, menghitung surat suara, menyiapkan tinta coblosan, menulis identitas surat suara, hingga mengatur lalu lintas warga yang hilir mudik datang ke TPS. Saya awalnya deg-degan juga karena belum pernah kerja bareng mereka berenam. Syukurlah mereka semua kooperatif. Kendati minim pengalaman di bidang birokrasi pemerintah, para anak muda yang doyan ngopi di warkop itu mampu menjalankan tugas dengan baik.

Kami menyempatkan diri makan siang dan sholat di tengah sepinya pengunjung bilik suara. Proses pemungutan suara diakhiri pada pukul satu siang. Saya selaku Ketua KPPS yang bertugas di TPS 01 mengumumkan penutupan proses pencoblosan. Acara dilanjutkan dengan penghitungan suara. Kegiatan ini saya lakukan dengan hati-hati. Saya sengaja mengurangi kecepatan berbicara kepada para hadirin yang terdiri dari KPPS, Linmas, Pengawas TPS, para saksi paslon, PPS, maupun masyarakat umum yang tertarik mengikuti proses penghitungan suara. Semua proses berlangsung lancar sampai akhirnya kami bertujuh membuat berita acara Pilkada 2018 yang diselenggarakan di TPS 01 hari ini.

Kami menyudahi aktifitas Pilkada 2018 tepat pukul enam sore. Tubuh rasanya lelah sekali. Meski capek di badan tak tertahankan, kami bertujuh merasa senang bukan kepalang karena sudah berhasil menyelesaikan tugas KPPS dengan lancar. Tidak ada aksi keberatan yang disampaikan oleh enam orang saksi dari pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Jombang dan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur. Hasil akhir penghitungan suara di TPS 01 Desa Latsari menunjukkan kemenangan pasangan Gus Ipul-Puti sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur. Sedangkan pasangan Mundjidah-Sumrambah mengumpulkan suara terbanyak dalam pemilihan Bupati-Wakil Bupati Jombang. Entah hasil rekap di TPS-TPS lainnya saya belum tahu.

Selamat malam semua. Malam ini saya ingin tidur nyenyak setelah seharian menggawangi pesta demokrasi warga.

Bagikan artikel ini melalui:

12 Replies to “Pesta Demokrasi Pilkada 2018, Ajang Pembuktian Kemampuan KPPS Pemula”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *