Halal Bihalal Keluarga Besar Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno Tahun 2018

Halal Bihalal Keluarga Besar Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno Tahun 2018
Halal Bihalal Keluarga Besar Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno Tahun 2018

Hari ini, Selasa 17 Juli 2018 telah dilaksanakan Halal Bihalal Keluarga Besar Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno. Kegiatan ini diselenggarakan oleh KKG PAI di Balai Desa Mojojejer. Temu silaturahim ini dihadiri sekitar 300 orang tamu undangan yang berasal dari lingkungan Muspika Kecamatan Mojowarno, Camat Mojowarno, Koordinator Wilayah Kerja (korwilker) Dinas Pendidikan Kecamatan Mojowarno, tenaga pendidik SD, tenaga kependidikan SD, dan tamu undangan. Para tamu mendatangi lokasi kegiatan sejak pukul delapan pagi hingga tengah hari. Wajah-wajah tersenyum ceria menghiasi pemandangan roman muka para pendidik hari ini.

Halal Bihalal Keluarga Besar Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno dimulai pukul setengah sepuluh melalui lantunan Qiroah Ustadz Kembar, Abdul Hakam dan Abdul Hakim. Merdunya suara duet guru Muatan Lokal Keagamaan Islam itu membius ruang pendengaran hadirin. Acara kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Berturut-turut sambutan datang dari Ketua Panitia, Perwakilan Korwilker, dan Camat Mojowarno. Korwilker Mojowarno diwakili oleh Bapak Khoirul Anam menyampaikan informasi sejumlah perubahan struktur dalam UPTD Pendidikan Kecamatan Mojowarno dan beberapa informasi penting lainnya.

Informasi yang pertama adalah mengenai perubahan status lembaga menjadi UPT SDN yang diikuti nama sekolah, misalnya UPT SDN Latsari. Imbasnya adalah pada kop sekolah juga berubah dan jabatan kepala sekolah menjadi Kepala UPT SDN diikuti nama sekolah, misalnya Kepala UPT SDN Latsari. UPTD berubah menjadi Koordinator Wilayah Kerja Kecamatan. Sedangkan kepala UPTD menjadi koordinator saja dan pegawai lainnya sebagai Staf Dinas dan Pelaksana Pendidikan. Posisi tugas wewenang dan jabatan STAF dinas diatur kemudian.

Foto Bersama Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Mojowarno dan Guru-guru Muatan Lokal Keagamaan Islam SD Kec Mojowarno
Foto Bersama Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Mojowarno dan Guru-guru Muatan Lokal Keagamaan Islam SD Kec Mojowarno

Selain itu, setiap Kelompok Kerja Guru (KKG) diharapkan per semester memiliki 1 kegiatan model diklat. Kegiatan yang terprogram dapat digunakan kenaikan tingkat. Kegiatan yang dilaksanakan oleh KKG tersebut diakui sertifikatnya dengan jumlah jam minimal 30 jam. Kemudian dilanjutkan agar setiap lembaga dapat mengusulkan calon kepala sekolah. Setelah diusulkan akan disaring sebelum diberikan pendidikan dan pelatihan (diklat). Persyaratan pengajuan calon kepala sekolah adalah PNS minimal pangkat 3C.

Berikutnya, progam Bupati Jombang terkait peningkatan kualitas siswa dengan pemberlakuan masuk sekolah lima hari sehingga ada penambahan jam sebanyak 2 jam yg dilembagakan. Dan penambahan tersebut berupa kegiatan keagamaan semacam MADIN (madrasah diniyah). Untuk itu setiap sekolah diharuskan membuat lembaga keagamaan tersendiri. Sehubungam hal tersebut, sekolah wajib menyediakan mushola. Bagi sekolah yang belum punya mushola dapat mengusulkan melalui program PID.

Ning Yaya tampil sebagai pembicara utama dalam acara Halal Bihalal Keluarga Besar Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno tahun 2018 ini. Beliau membahas macam-macam penyakit hati, terutama iri dengki, bergunjing dan sulit memaafkan. Ning Yaya berujar satu lembaga pendidikan ibarat satu bangunan kokoh yang saling mendukung satu dengan lainnya. Beliau mencontohkan beberapa perilaku tidak terpuji yang kerap menghinggapi para pendidik. Misalnya, tidak mendukung usul perubahan menuju program perbaikan mutu pendidikan.

Saya sempat berbincang-bincang dengan beberapa guru Muatan Lokal Keagamaan Islam yang hari ini kompak memakai seragam batik khas guru Keagamaan. Acara berakhir pukul setengah dua belas siang. Satu per satu tamu undangan meninggalkan Kantor Desa Mojojejer dan kembali beraktifitas ke tempat kerja masing-masing. Semoga hikmah acara halal bihalal ini bisa menambah motivasi bekerja para kepala sekolah dan guru di Kecamatan Mojowarno.

Bagikan artikel ini melalui:

18 Replies to “Halal Bihalal Keluarga Besar Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno Tahun 2018”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *