Safari Ramadhan UPTD Pendidikan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang Tahun 2017

Buka Puasa Bersama Bank Jombang dan Yatim Mandiri KCP Jombang
Buka Puasa Bersama Bank Jombang dan Yatim Mandiri KCP Jombang

Senin, 12 Juni 2017 lalu UPTD Pendidikan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang mengadakan Safari Ramadhan bersama Kepala Sekolah Dasar, Guru Agama Islam, dan Guru Keagamaan Islam se-Kecamatan Mojowarno. Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi para pendidik di Kecamatan Mojowarno di bulan Ramadhan. Acara Safari Ramadhan dimulai dengan khotmil quran yang diikuti oleh guru-guru agama Islam dan guru muatan lokal Keagamaan Islam. Tadarus Al-Quran berakhir sekitar pukul setengah lima sore dan  dilanjutkan dengan tausiyah agama.

Tausiyah agama dalam acara buka puasa bersama UPTD Pendidikan Kecamatan Mojowarno tahun 2017 ini disampaikan oleh Kyai Syahrul Basyar. Ceramah agama beliau berisi pesan sosial untuk para pendidik agar tidak serakah kepada harta dunia. Macam-macam harta dunia misalnya jabatan, kekayaan dan pasangan hidup (suami atau isteri). Beliau menggambarkan betapa para pendidik selalu tidak pernah puasa terhadap pencapaian hidup. Dimulai dari melamar pekerjaan menjadi guru. Ketika sudah diterima menjadi guru tidak tetap, maka timbul keinginan menjadi guru negeri. Dan pada saat sudah menjadi guru PNS masih ingin menjadi Kepala Sekolah, Pengawas, dan seterusnya.

Beliau juga berpesan agar guru PNS memperbanyak berzakat dari penghasilan yang mereka peroleh setiap bulan. Berzakat tidak perlu jauh-jauh dari sekolah. Beliau justru menyarankan guru PNS membayar zakat dengan cara memberikannya kepada Guru Tidak Tetap (GTT). GTT adalah kelompok guru yang kurang mendapat perhatian Pemerintah, khususnya dalam hal peningkatan kesejahteraan hidup. Tugas mengajar GTT begitu banyak sementara gaji yang didapat GTT tidak seberapa. Oleh karena itu, GTT berhak mendapatkan zakat dan infaq dari Guru PNS karena GTT dianggap sebagai fisabilillah.

Acara safari Ramadhan diakhiri dengan sholat maghrib berjamaah dan buka puasa bersama para pendidik sekolah dasar di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Overall, saya tidak terlalu merasakan manfaat dari kegiatan Safari Ramadhan tahun ini selain bertemu dengan beberapa kawan guru dari SD lain di Kecamatan Mojowarno. Perbedaan status sosial antara guru PNS dan GTT terlalu jauh sehingga jembatan komunikasi yang dibangun belum mampu menjadi jalur komunikasi diantara kedua belah pihak. Semoga Anda terinspirasi tulisan ini!

3 Replies to “Safari Ramadhan UPTD Pendidikan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang Tahun 2017”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *