Ayo Berlibur ke Pemandian Air Panas Wana Wisata Pacet di Mojokerto!

tempat-wisata-alam-air-terjun-cuban-pitu-di-malang
Air terjun yang indah sebagai tempat wisata alam – Sumber foto: teguhtigor.wordpress.com

Apa kabar kawan blogger Jombang? The Jombang Taste hari ini mengulas obyek wisata yang letaknya dekat dengan Kota Jombang, yaitu tempat wisata alam di Mojokerto. Kota Mojokerto adalah salah satu pusat persebaran pariwisata sejarah dan budaya di provinsi Jawa Timur. Dari arah Surabaya, wilayah Kabupaten Mojokerto dapat ditempuh dengan kendaraan bus umum selama kurang lebih 45 menit. Jarak yang tidak terlalu jauh untuk berlibur di destinasi wisata Jawa Timur. Sepanjang perjalanan dari Surabaya, Krian, Mojokerto, dan Trowulan, kita akan mendapati pemandangan alam yang menakjubkan dan bangunan bersejarah dari sisa-sisa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Selama ratusan tahun lamanya Kerajaan Majapahit berkuasa dan berjaya di Nusantara sehingga begitu banyak candi dan situs bersejarah ditemukan di wilayah Mojokerto. Mojokerto merupakan salah satu tujuan wisata favorit para wisata yang berkunjung ke Jawa Timur. Pusat Kerajaan Majapahit diperkirakan berada di sekitar Desa Trowulan, Mojokerto. Ulasan tempat wisata kali ini tidak akan membahas bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit. Artikel The Jombang Taste ini akan membahas Wana Wisata Pacet.

Perjalanan liburan ke obyek wisata Pacet umumnya melalui jalur Jombang, Trowulan, Gondang, dan Pacet. Bagi wisatawan yang berasal dari Kabupaten Malang, mungkin lebih suka berlibur ke Pacet dari arah Selecta, Kota Wisata Batu. Wana Wisata Pacet berada di area Gunung Welirang. Gunung Welirang adalah tempat wisata alam yang lokasinya berhimpitan dengan Gunung Anjasmoro, Gunung Arjuna, dan Gunung Argowayang. Deretan gunung inilah yang menghasilkan bermacam obyek wisata alam di Jawa Timur yang indah dan mempesona.

Transportasi dari Trowulan menuju Pacet akan melalui sejumlah tempat wisata pendidikan di Jawa Timur, yaitu Museum Trowulan, kolam segaran, Gapura Wringin Lawang, Candi Kedaton, Kuil Minak Jinggo, Candi Bajang Ratu, dan Candi Tikus. Terdapat sejumlah wisata alam yang tersebar di sekitar Pacet, misalnya Wisata Ubalan dan Mini Park Pacet. Begitu memasuki wilayah Gondang, maka udara dingin pegunungan segera menyergap kulit wisatawan. Makin lama perjalanan makin menanjak sampai dengan tanjakan terakhir menuju pintu masuk Wana Wisata Pacet.

Pemandian Sumber Air Panas Pacet

Ikon Wana Wisata Pacet adalah kolam pemandian air panas alami. Beberapa tahun silam obyek wisata Pacet pernah ditutup total akibat bencana tanah longsor. Saat ini Pacet telah menjadi tujuan berlibur yang menyenangkan bagi warga Jawa Timur. Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Jawa Timur ini rasanya belum afdhol kalau tidak mandi di kolam air panas. Pemandian air panas pacet terdiri dari 3 kolam utama dengan suhu air yang berbeda-beda. Yang pertama sangat panas, yang ketiga dingin sekali, lalu diantara kolam tersebut terdapat kolam penengah yang bersuhu di tengah-tengah keduanya.

Wisatawan yang berendam dan mandi di air kolam Wana Wisata Pacet percaya bahwa air panas yang mengandung belerang alami tersebut mampu menyembuhkan dan mencegah datangnya beragam penyakit kulit. Selain tiga kolam utama tadi, masih ada beberapa kolam lain di sekitar bumi perkemahan Pacet tempat ditemukannya sumber air panas. Kombinasi udara pegunungan yang dingin dan hangatnya air belerang alami menjadikan Pacet sebagai tempat wisata kesehatan yang unik di Mojokerto.

Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan dan tumbuhan khas Indonesia oleh Hardi Cantrik
Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan dan tumbuhan khas Indonesia oleh Hardi Cantrik

Camping di Bumi Perkemahan Pacet

Daerah wisata di Pacet yang paling menyenangkan bagi saya adalah camping area. Camping area terletak di atas bukit pemandian air panas. Lokasi bumi perkemahan Pacet lumayan luas. Inilah tempat wisata alam yang menyenangkan bagi para backpacker dan penjelajah alam. Bagi wisatawan yang memiliki hobi fotografi, area berkemah di Wana Wisata Pacet menjanjikan gambar tempat wisata yang menarik. Beberapa kawan saya memilih lokasi pemotretan prewedding mereka di wilayah pegunungan Pacet.

Saya pernah berkemah dan melakukan penjelajahan alam di Padusan Pacet sebanyak dua kali. Tiap kali liburan ke obyek wisata di Mojokerto ini selalu memberikan pengalaman yang berbeda untuk saya. Saya bisa berkesempatan menjelajahi wilayah sungai berbatu yang pernah menjadi sumber bencana banjir bandang, sampai dengan menemukan gua tempat asal muasal sumber aliran sungai tersebut. Walaupun sinar matahari terik sekali, hal tersebut tidak menyurutkan langkah untuk menikmati setiap jengkal keindahan panorama pegunungan di Pacet.

Bagi Anda yang tidak suka ribet berkemah di alam terbuka, Anda bisa menyewa villa murah dengan layanan bagus di sekitar Pacet. Jangan takut biaya mahal, harga sewa villa di Pacet terbilang terjangkau. Saya pernah menginap di Villa Fani hanya dengan tarif Rp700 ribu semalam sudah bisa menggunakan enam kamar tidur villa lengkap dengan kamar mandi yang bersih. Kalau mau liburan bersama teman sekantor memang asyiknya ke Pacet. Lokasinya dekat, biaya sewa villa murah, pemandangan bagus, dan udaranya bersih.

Menggigil di Bawah Air Terjun Grenjengan

Kawasan wisata alam Pacet bukan bukan hanya memiliki camping area dan pemandian alami kolam air panas. Obyek wisata di Mojokerto ini juga menyimpan daya tarik wisata air terjun Grenjengan. Air terjun tersebut tidak setinggi Air Terjun Coban Rondo maupun Air Terjun Coban Pelangi di Malang. Namun keunikan tempat wisata di Jawa Timur ini adalah airnya yang selalu terasa dingin di kulit. Aliran airnya tidak terlalu deras namun jernih. Lokasi wisata ini sesuai untuk melepas kepenatan pekerjaan sehari-hari.

Setelah puas menjelajahi alam Gunung Welirang dengan jalan kaki, saatnya kita bersantai di bawah guyuran air terjun Grenjengan. Air terjun ini berada di sisi selatan Wana Wisata Pacet. Pintu masuknya berada tak jauh dari hotel dan pintu loket wisata. Dibutuhkan waktu kira-kira setengah jam dengan jalan kaki untuk menuju lokasi air terjun Grenjengan. Di kanan-kiri jalan setapak tersebut banyak tumbuh tananam hutan hujan tropis yang hijau. Lokasi menuju air terjun tersebut banyak digunakan lembaga pendidikan untuk menggelar outbond. Bermain dan belajar di lokasi outbond penanaman hutan lindung Pacet sungguh menyenangkan.

Lalu, berapa harga tiket masuk ke area wisata Pacet? Tiket masuk per orangnya adalah Rp15.000. Itu baru tiket masuk saja. Kalau Anda membawa kendaraan sepeda motor, maka biaya parkirnya Rp5.000 per sepeda motor. Kalau mau berenang di kolam air hangat maupun air dingin, Anda cukup membayar tiket masuk kolam renang Pacet sebesar Rp12.000 per orang. Dengan biaya seperti itu, Anda bisa mengira-ngira sendiri berapa banyak duit yang akan Anda habiskan untuk berlibur ke Pacet.

Walaupun kawasan villa wisata Pacet pernah dilanda banjir hebat beberapa tahun yang lalu, saat ini Pemerintah setempat membangun Pacet dengan serius. Beragam fasilitas umum disediakan untuk kenyamanan liburan para wisatawan. Disana telah tersedia hotel dan tempat penginapan, jaringan telepon, sumber air bersih, pusat kerajinan tangan khas Mojokerto, aneka jenis jajanan rakyat, dan lain-lain. Apakah Anda tertarik mencoba berendam di sumber air panas Pacet? Ayo jalan-jalan ke tempat wisata alam Wana Wisata Pacet di Mojokerto!

4 Replies to “Ayo Berlibur ke Pemandian Air Panas Wana Wisata Pacet di Mojokerto!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *