3 Tips Manajemen Waktu Saat Berbicara di Depan Umum

Buka Puasa Ramadhan bersama Kelompok Sahabat Rainbow di PAUD Ar-Rahman Jombang tahun 2016
Buka Puasa Ramadhan bersama Kelompok Sahabat Rainbow di PAUD Ar-Rahman Jombang tahun 2016

Berbicara di depan publik membutuhkan keterampilan mengelola waktu yang tepat. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan waktu yang tersedia dan sifat dasar manusia yang mudah bosan untuk berlama-lama mendengarkan pembicaraan yang tidak penting. Terlalu lama durasi Anda berbicara bisa menyebabkan audiens jenuh dan hilang konsentrasi terhadap inti pembicaraan Anda. Sebaliknya, saat Anda terburu-buru berbicara pun dapat berakibat tidak tersampaikan informasi secara utuh kepada para hadirin.

Berikut ini 3 hal yang perlu Anda perhatikan saat berbicara di depan umum:

Waktu pelaksanaan

Pastikan Anda tahu dan paham kapan jadwal pembicaraan Anda akan berlangsung. Contoh detail waktu rencana pidato: hari Kamis, 10 November 2016 pukul 13.15 sampai 13.30 WIB. Jadwal pidato ini bisa Anda peroleh dari rundown yang disusun oleh panitia pelaksana. Cari tahu susunan acara sejak awal. Semakin cepat Anda tahu jadwal kegiatan, Anda dapat mempersiapkan diri lebih baik terhadap kemungkingan terburuk sekalipun.

Durasi pembicaraan

Durasi adalah lama waktu yang diberikan panitia pelaksana kepada Anda untuk berbicara di depan umum. Apakah sepuluh menit, lima belas menit, setengah jam, ataukah satu jam. Durasi pembicaraan pun bisa diketahui dari rundown yang diberikan panitia. Dengan memahami durasi berbicara, Anda dapat mengukur berapa banyak kata yang dapat Anda sampaikan dan seberapa cepat Anda harus menyampaikan kalimat demi kalimat yang telah Anda susun.

Pelihara konsentrasi audien

Berdasarkan pengalaman penulis saat mengisi acara, audien orang dewasa memiliki kemampuan menjaga konsentrasi paling lama dua puluh menit berturut-turut. Sedangkan audien anak-anak memiliki daya konsentrasi lebih singkat, yaitu hanya sepuluh menit. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap memelihara konsentrasi audien, terutama jika pidato Anda berlangsung dalam waktu lebih dari setengah jam. Bagaimana caranya? Praktekkan teknik BCM (Bermain Cerita Menyanyi) jika audien Anda anak-anak.

Demikian tips manajemen waktu ketika Anda berbicara di depan publik. Semoga kiat public speaking ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mempraktekkan!

8 Replies to “3 Tips Manajemen Waktu Saat Berbicara di Depan Umum”

  1. Supaya pendengar khusu dengerin kita, atau asik dengerin nya .. gimana kang ??
    Sebab sering kali saya kalo ngomong di depan tuh, orang orang pada cuek ajah..
    Solusinya kang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *