6 Persiapan Sebelum Berpidato di Depan Publik, Nomor 5 Paling Menakutkan

Kesenian tradisional Jombang
Kesenian tradisional Jombang

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Macam-macam pidato adalah pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara, dan pidato lainnya. Kegiatan berpidato ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Terdapat kejadian seorang siswa berprestasi di sekolah suatu ketika dipilih menjadi wakil siswa teladan berpidato di seluruh depan murid sekolah. Ini adalah pengalaman pertama baginya berpidato di depan orang banyak sehingga rasa cemas begitu menghantui dalam benaknya.

Bagaimana kalau nanti di depan podium dia lupa atau gayanya salah sehingga menimbulkan tawa teman-temannya. Pokoknya banyak sekali ketakutan dalam dirinya. Rasa grogi sudah muncul meski Anda belum naik podium. Rasa grogi (nervous) seringkali muncul dalam bentuk keluar keringat dingin, rasa ingin buang air kecil berulang kali, maupun ucapan yang terbata-bata.

Jangan khawatir jika Anda mempersiapkan diri dengan baik dan benar maka pidato Anda akan sukses meskipun baru pertama kali berpidato. Bagaimana supaya rasa cemas itu tidak menghantui Anda? Lakukan persiapan yang matang.

Menurut Adi Putranto (2017) dalam buku Ayo Berani Berpidato, kegiatan berpidato memerlukan kemampuan berikut ini:

1. Mampu mengungkapkan pikiran secara lisan dengan lancar
2. Menguasai bahasa dengan baik dan benar
3. Berani tampil di depan umum

Anda membutuhkan persiapan sebelum berpidato. Persiapan yang matang dapat memudahkan aktifitas Anda dalam berpidato. Persiapan tersebut antara lain:

1. Merumuskan materi pokok yang akan disampaikan
2. Mengumpulkan bahan. Gunakan buku teks, informasi di internet maupun hasil wawancara agar bahan pidato Anda semakin lengkap.
3. Menyeleksi materi
4. Memahami materi
5. Melakukan latihan berpidato. Inilah bagian paling seru sekaligus menantang.
6. Melaksanakan praktik berpidato

5 Replies to “6 Persiapan Sebelum Berpidato di Depan Publik, Nomor 5 Paling Menakutkan”

  1. tulisan yang sangat inspiratif dan sangat membantu kita untuk menjadi pembicara yang hebat di masa depan. Thnk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *