Karena Proses Kehidupan Tidak Pernah Berhenti

Keadaan yang Anda hadapi hari ini adalah buah dari usaha Anda pada masa lalu. Apapun hasilnya, itulah pembuktian kemampuan terbaik Anda. Syukurilah dan teruslah memperbaiki diri.

Pertama kali mengenal dunia blogging pada Maret 2009 dan selanjutnya saya terlibat dalam banyak pergumulan dengan dunia tulis-menulis. Tidak ada alasan yang lebih masuk akal untuk mengikuti proses panjang dan melelahkan tersebut selain karena passion. Ya, setiap orang selalu memiliki ketertarikan untuk menekuni suatu bidang. Dan saya merasa sangat bersyukur karena telah menuruti apa kata hati saya untuk terus menulis. Menikmati setiap proses kehidupan, itulah sikap yang selalu saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu menolak maupun meminta. Semua sudah ada waktunya.

Menjadi Pembawa Acara Pada Kegiatan Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Jombang
Menjadi Pembawa Acara Pada Kegiatan Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Jombang

Tetap aktif ngeblog di tengah kesibukan bekerja dan melanjutkan kuliah merupakan tantangan yang tidak bisa dianggap remeh. Setiap saat saya memiliki pilihan untuk berhenti ngeblog. Namun keinginan itu tidak mampu saya lakukan. Ada beberapa momen yang menghadirkan kekuatan bagi saya untuk terus berbagi inspirasi kepada para pembaca. Setiap peristiwa terjalin satu sama lain sehingga saya merasa bahagia terjebak di dalam lingkaran dunia blogging. Dimanapun dan apapun posisi saya saat itu, blogging adalah jurnal kehidupan yang merekam setiap gerak saya. Ia adalah daftar riwayat hidup saya yang sebenarnya.

Aktifitas sebagai Auditor di salah satu bisnis waralaba makanan cepat saji memungkinkan saya menjelajahkan kaki ke berbagai kota di Indonesia. Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggi, Lumajang, Jember, Lamongan, Gresik dan sejumlah kota lainnya memberikan pengalaman tak terlupakan selama kurun waktu 2007 sampai 2010. Karakter penduduk yang berbeda-beda memberikan nilai-nilai kearifan lokal yang unik. Saya belajar keadilan hidup dari penjual nasi boranan di Lamongan, belajar bertoleransi dari tukang parkir di Alun-alun Probolinggo, maupun belajar cara menjadi diri sendiri dari pergaulan dengan kawan-kawan UFO Sidoarjo.

Petualangan dunia audit sangat menantang. Sedangkan dunia pekerja selalu menuntut profesionalitas dan berhubungan dengan birokrasi. Hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan pergaulan blogger yang lebih fleksibel dan mengutamakan kompetensi. Kesempatan mengikuti kopdar dengan sejumlah blogger senior adalah momen yang membuka mata saya betapa potensi ngeblog tidak bisa dipandang remeh. Kecanggihan teknologi internet telah merevolusi perilaku manusia dalam hal produksi, distribusi dan konsumsi. Terlintas dalam benak saya untuk menyudahi karir sebagai pekerja kantoran dan sepenuhnya menekuni bisnis online.

Tekad tersebut benar-benar saya lakukan setelah melalui serangkaian pemikiran mendalam. Pada akhir tahun 2010 saya memutusan resign dari kantor tempat saya bekerja. Menjadi seorang blogger murni bukanlah cita-cita saya sejak kecil. Namun sejak awal saya selalu membuat perbedaan dalam hidup. Ketika kawan-kawan saya memilih sebuah kenyamanan dan kepastian penghasilan hidup, saya justru lebih suka ketidakpastian dan fleksibilitas. Profesi fulltime blogger memungkinkan saya untuk dapat bekerja di rumah, tanpa harus datang ke kantor. Meski demikian, disiplin diri tetap menjadi poin utama dalam menjaga produktifitas kerja. Kesuksesan dan kegagalan adalah makanan sehari-hari bagi pebisnis online. Saya sadari itu.

Siaran Radio Sonora FM Surabaya bersama IBMT University
Siaran Radio Sonora FM Surabaya bersama IBMT University

Seperti nama belakang saya, Siswoyo, saya selalu memposisikan diri sebagai seorang siswa dan pembelajar seumur hidup. Saya bersyukur buah karya saya mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Memangkan Internet Sehat Award, Kontes Kebebasan Berekspresi di Internet, menjadi narasumber talkshow bisnis internet bersama universitas terkemuka, dan kesempatan join venture dengan pebisnis online terkemuka adalah bagian dari sukses-sukses kecil saya. Semua bentuk kepercayaan tersebut adalah buah dari perjalanan panjang menanam benih keinginan untuk maju. Terlalu dini untuk mengklaim diri saya adalah orang hebat. Rangkaian gerbong kesuksesan ini baru melaju dan saya selalu terpacu untuk menggerakkan lebih kencang menuju masa depan.

Alangkah indahnya bila kebahagiaan hidup ini, sekecil apapun, bisa kita bagi dengan sesama manusia. Selama setahun terakhir saya aktif dalam kegiatan sosial untuk pendidikan anak-anak yatim di Kota Jombang. Secara intens saya melakukan sosialisasi program-program pendidikan luar sekolah untuk yatim dhuafa melalui internet. Yatim Mandiri memberikan saya ruang untuk lebih banyak memberikan manfaat kepada mereka yang membutuhkan. Apapun bentuk partisipasi Anda, semuanya tidak akan sia-sia. Kontribusi pikiran dan tenaga blogger dalam berdakwah di internet adalah bagian penting edukasi menuju masyarakat yang diberkahi Allah.

Proses kehidupan terus berjalan, diminta ataupun tidak Anda minta. Setiap langkah memberikan konsekuensi terhadap masa depan Anda. Gagal dan sukses adalah warna dunia. Semua hal tersebut akan menjadi elok apabila Anda berkomitmen pada setiap tulisan yang Anda bagi melalui blog dan menjadikannya sebagai karya terbaik yang dapat Anda berikan untuk kemaslahatan umat. Para blogger tidak bisa menyenangkan hati setiap pembaca artikelnya, itu pasti. Namun setiap blogger tentunya mampu menyuarakan realita kehidupan masyarakat apa adanya. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi untuk kehidupan Anda yang lebih bahagia, sukses dan bermanfaat.

Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Karena Proses Kehidupan Tidak Pernah Berhenti”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *