Nasi Jagung Guwo, Kuliner Nikmat dan Mengenyangkan di Musim Hujan

Nasi jagung adalah salah satu jenis makanan pokok yang banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia. Nasi jagung masih sering di masak oleh penduduk yang tinggal di pedesaan. Makanan ini berbahan dasar jagung dan padi dengan takaran tertentu. Setiap warung penjual nasi jagung memiliki kekhasan tersendiri dalam membuat komposisi nasi jagung. Ada kalanya kandungan jagung lebih banyak dijumpai pada satu porsi kuliner nasi jagung. Namun anda kalanya beras yang berwujud nasi putih lebih dominan pada sajian nasi jagung.

Setiap wisatawan penikmat kuliner Jombang memiliki selera yang berbeda-beda terhadap kadar nasi jagung. Mereka bisa bebas memilih warung kesukaannya. Makanan ini dipercaya aman dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita kencing manis (diabetes melitus). Nasi jagung juga aman dikonsumsi oleh orang yang mengidap darah tinggi. Tak pelak lagi wisata kuliner Jombang ini banyak diburu orang karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Warung penjual nasi jagung bisa ditemui hampir di semua desa di seluruh Kabupaten Jombang. Salah satu penjual nasi jagung adalah Mak Seh. Lokasi warungnya berada di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Warung nasi jagung ini buka mulai pukul 15.00 sampai dengan 20.00 pada hari Senin sampai dengan hari Minggu. Warung nasi jagung Dusun Guwo terkenal sebagai penjual makanan yang enak dan mengenyangkan. Penduduk sekitar lokasi Warung Mak Seh membelinya. Hampir setiap hari kita bisa melihat hilir-mudik puluhan orang membeli nasi jagung disana.

ibu ibu penjual nasi boranan dari lamongan
ibu ibu penjual nasi boranan dari lamongan

Wisata Kuliner Murah di Jombang

Nasi jagung Mak Seh dijual seharga Rp5.000 per porsi. Satu bungkus nasi jagung terdiri dari nasi jagung, sayuran urap-urap daun kenikir, tumis buah pepaya, ikan klotok, ikan asin, rempeyek dan ada kalanya sayur trancam. Rasa nasi jagung buatan Mak Seh terasa empuk dan gurih. Anak-anak hingga orang dewasa menyukainya. Rasa tumis buah pepaya cukup pedas sehingga mungkin saja anak-anak tidak terlalu menyukainya. Satu porsi nasi jagung bisa mengenyangkan hingga dua orang sekaligus. Porsi nasi jagung terbilang cukup banyak. Jika anda ingin membeli nasi jagung ini pastikan Anda memang benar dalam keadaan lapar supaya bisa menghabiskan satu bungkus sendirian.

Selain nasi jagung, mungkin anda juga tertarik untuk mengisi kegiatan makan malam anda dengan menyantap nasi pecel, tahu campur, nasi soto, nasi rawon, maupun rica-rica mentok super pedas. Pilihan wisata kuliner Jombang tersebut sangat menarik untuk dicoba. Meski terdapat banyak pilihan wisata kuliner di Jombang tapi tetap perhatikan kesehatan diri Anda. Hindari makanan pedas bagi Anda yang pernah menderita gangguan pencernaan. Ikuti saran dokter terhadap beberapa jenis pantangan makanan yang telah anda ketahui sebelumnya.

Setiap desa pasti memiliki makanan khas daerah tersebut yang membedakan dengan desa lain di Kabupaten Jombang. Oleh karena itu biasakanlah untuk membeli makanan di sekitar tempat tinggal Anda. Tujuannya adalah supaya kita bisa membantu perekonomian para penjual makanan itu. Daripada kita membeli makanan instan di minimarket maupun restoran, lebih baik kita menghabiskan uang untuk membeli makanan organik di warung terdekat di sekitar rumah. Selamat berwisata kuliner.

Bagikan artikel ini melalui:

12 Replies to “Nasi Jagung Guwo, Kuliner Nikmat dan Mengenyangkan di Musim Hujan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *