Nikmat Bakso Kota Batu Menghangatkan Dinginnya Malam

Apa kabar kawan-kawan pembaca blog The Jombang Taste? Saya kembali mengulas pengalaman saya berpetualang di Kota Wisata Batu. Kali ini saya mencoba wisata kuliner Batu, yaitu bakso Kota Batu. Bakso adalah makanan yang bisa kita temui hampir di semua pelosok negeri ini. Bakso Kota Batu terbilang Istimewa karena rasanya unik, tidak terlalu asin, tidak terlalu gurih, dan hanya mengandalkan rasa daging sapi yang segar. Paduan bumbu-bumbu yang tidak terlalu kental tidak bikin eneg. Saya membeli semangkok bakso Kota Batu di pelataran parkir Paradise Factory Outlet yang terletak berseberangan dengan Hotel Paradise Kota Batu. Suasana di sekitar lokasi makan lumayan ramai. Sebetulnya saya tidak terlalu suka suasana ramai seperti itu namun saya bersikeras untuk mencicipi makanan dari Kota Batu ini. Saya pikir tak apalah kalau sekali-kali saya makan di pinggir jalan dengan atap udara terbuka.

Semangkok bakso Kota Batu harganya Rp10.000 saja. Satu porsi bakso Kota Batu terdiri dari sebuah pentol besar, sebuah pentol tahu, sebuah keripik dan beberapa pentol kecil. Komposisi bumbu pada daging pentol terbilang enak dan tidak terlalu asin. Pelayanan penjual bakso batu lumayan ramah dan sering melemparkan senyum kepada pembeli. Saya pun sempat bercakap-cakap dengan penjual tersebut mengenai perkembangan Kota Batu. Bakso batu dijual di samping pintu masuk Batu factory outlet Paradise. Buat kalian yang masih bingung lokasinya, coba cari dulu tempat Alun-alun kota Batu di Google Maps. Nah pasti enggak sulit kan kalau cari alun-alun kota Batu. Dari alun-alun kota Batu kalian bisa mengambil arah selatan kurang lebih 500 m di kiri jalan ada factory outlet yang bernama Paradise. Di situlah bakso batu berada. Selain bakso, ada juga beberapa kuliner Malang lain yang tersedia disana. Mulai martabak, burger, nasi soto, nasi rawon, nasi goreng, hingga aneka keripik buah khas Kota Batu.

Dibandingkan dengan beberapa tempat wisata kuliner lain di kota Batu, bakso Kota Batu termasuk menu murah meriah. Hanya dengan uang Rp10.000 anda sudah bisa makan makanan enak dan mengenyangkan. Meski demikian anda tetap harus hati-hati menjaga kebersihan makanan. Pilihlah tempat makan yang bersih dan jauhi polusi udara karena bisa saja berbagai kuman masuk ke dalam tubuh anda melalui udara yang terhirup di sekitar Jalan Raya kota Batu yang umumnya selalu ramai. Cara pencegahan penyakit perut yang diakibatkan oleh makanan kotor adalah dengan cara mencuci tangan sebelum makan. Cari kamar mandi berair bersih dan cuci tangan yang benar. Mungkin anda tidak akan sempat untuk pergi ke kamar mandi tapi setidaknya Anda harus membawa cairan desinfektan yang mudah untuk dibawa ke mana-mana dan bersifat membunuh kuman di tangan. Ribet? Tidak juga. Ini hanya masalah pembiasaan hidup. Traveller pun harus menjaga kesehatan tubuh agar tetap enjoy menikmati liburan.

Bagaimana dengan perbandingan pusat oleh-oleh kuliner lain di kota Batu? Mungkin anda pernah membeli beberapa produk susu segar di koperasi susu Sae Pujon. Nah kali ini perbandingannya mungkin berbeda. Kalau koperasi susu Sae Pujon lebih mengutamakan makanan yang sehat berbahan dasar susu, maka bakso Kota Batu ini lebih mengarah kepada jajanan masyarakat yang murah, meriah dan terasa hangat saat masuk ke kerongkongan di malam hari. Tahu sendiri kan udara malam pegunungan di daerah Batu sangat dingin. Oleh karena itu bakso menjadi makanan yang paling diminati masyarakat untuk menghangatkan malam saat liburan disana. Makan bakso paling enak dilakukan rame-rame dengan teman dan rombongan satu mobil. Apalagi jika setelah makan bakso batu Anda melanjutkan dengan wisata berbelanja di Paradise Factory Outlet. Hmm, kombinasi makan enak dan belanja barang diskon bisa jadi acara traveling yang super komplit nih. Berani coba?

Bagikan artikel ini melalui:

12 Replies to “Nikmat Bakso Kota Batu Menghangatkan Dinginnya Malam”

  1. Kuliner Kota Batu dan Malang terkenal enak dan murah. Aku juga suka makan di sana. Apalagi kalau rame-rame sama temen-temen satu kelas…

  2. Kuliner Kota Batu banyak macamnya… yang paling aku suka adalah buah-buahan segar seperti buah apel dan buah stroberi.
    kalau yang lainnya seperti makanan berlemak Aku nggak terlalu suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *