Mumpung Anom Ngudiyo Laku Utomo

Apa kabar sobat blogger Jombang? The Jombang Taste kembali menjumpai Anda dalam artikel kata-kata bijak Bahasa Jawa. Nasehat bijak Boso Jowo kali ini berbunyi mumpung anom ngudiyo laku utomo. Kata-kata mutiara Bahasa Jawa ini berarti bahwa mumpung muda berlakulah yang baik. Selagi masih muda, kita seharusnya mampu berperilaku sopan, bertanggungjawab dan bisa memberikan manfaat kepada diri sendiri dan orang lain. Berbuat baik hendaknya dilakukan sejak awal dan tidak perlu menunggu usia tua.

Menurut Sudjono (2013), budi pekerti, akhlak atau yang sekarang biasa disebut karakter tidaklah sesuatu yang bimsalabim, tidaklah sesuatu turun dari langit. Karakter adalah sebuah perilaku yang berproses secara terus menerus dalam kehidupan seseorang. Sehingga mumpung masih muda hendaklah berlaku baik, karena kelak kebaikan itu akan menjadi karakternya dan akan menjadi wataknya. Kebaikan yang Anda lakukan tidak akan lari kemana-mana. Ia akan kembali berimbas dalam kehidupan Anda.

Dalam sebuah sya’ir yang dipopulerkan oleh Sunan Kalijaga disebutkan: Lir ilir tandure wis sumilir tak ijo royo-royo. Tak sengguh pengantin anyar. Bocah angon-bocah angon Penekno blimbing kuwi. Lunyu-lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro. Dodotiro-dodotiro kumitir bedah ing pinggir dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore. Mumpung padang rembulane mumpung jembar kalangane. Syair tersebut bukan sekedar lagu dolanan anak-anak, tetapi juga mengandung petuah mulia untuk setiap masyarakat Jawa yang memahami makna kalimat-kalimatnya.

Lihatlah bagaimana indahnya Sunan Kalijaga menasehati bocah angon. Kenapa bocah angon atau penggembala yang dijadikan perumpamaan? Karena anak-anak itu adalah pemimpin dan pengganti kita esok hari. Blimbing adalah simbol nilai budi pekerti, dan istilah mumpung padang rembulane mumpung jembar kalangane adalah ungkapan mumpung masih ada kesempatan, mumpung waktunya masih panjang lakukanlah sebaik-baiknya, burulah budi pekerti itu, agar kelak saat hari tuamu (waktu sore) engkau dapat menjadi orang yang beruntung.

Demikian The Jombang Taste mengulas nasehat bijak bahasa Jawa untuk Anda. Mari mengisi setiap detik waktu dengan tindakan yang membawa manfaat. Semoga artikel motivasi diri ini bisa memberi manfaat dalam menambah wawasan Anda mengenai kekayaan budaya Nusantara.

Daftar Pustaka:

Sudjono. 2013. Nguri-uri Pitutur Luhur Falsafah Adi Luhung. CV. Karya Mandiri Sentosa: Ngawi

One Reply to “Mumpung Anom Ngudiyo Laku Utomo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *