10 Tempat Wisata Alam di Indonesia Tujuan Berlibur Pelajar dan Mahasiswa

Aku terus melangkahkan kaki
Aku terus melangkahkan kaki

Apa kabar sobat blogger Jombang? The Jombang Taste menyapa Anda lagi melalui artikel ulasan tempat wisata. Setiap menjelang masa liburan para pelajar merencanakan kegiatan mengisi hari-hari di Iuar sekoIah. Murid-murid Sekolah Dasar (SD) biasanya mengusulkan kepada orangtua mereka rencana piknik atau tamasya keluarga ke berbagai tempat wisata, baik tempat wisata alam maupun tempat wisata modern. Orangtua biasanya pula menyerahkan sepenuhnya kegiatan santai keluarga itu kepada pilihan anak-anak mereka.

Berbeda dengan adik-adik mereka di SD, peIajar sekolah lanjutan mulai lebih suka mandiri dalam kegiatan liburan. Mereka membentuk kelompok-kelompok dan menentukan sendiri apa yang perlu dilakukan. Ada yang memilih bertamasya ke pantai, pergi memancing , bersepeda ke luar kota, mengunjungi candi, berkemah di alam bebas, menjelajah hutan ataupun mendaki gunung. Pada umumnya mereka menyukai obyek wisata alam yang belum tersentuh perubahan jaman.

Keindahan Obyek Wisata Alam Indonesia

Selain kegiatan yang diprakarsai sendiri oleh pelajar, para guru juga sering merencanakan tamasya bersama ke obyek-obyek wisata, mengunjungi peninggalan-peninggalan sejarah atau mengunjungi tempat-tempat yang erat kaitannya dengan pelajaran sekolah. Seluruh kegiatan tamasya yang lebih tepat disebut widiawisata ini di bawah bimbingan guru. Berkunjung ke tempat wisata bersejarah dan tempat wisata alam di Indonesia diyakini dapat membantu para guru mengajarkan ilmu pengetahuan sejarah bangsa.

Sementara itu para mahasiswa lebih suka berlibur ke tempat wisata alam karena alasan kebebasan mengatur waktu dan membangun kemandirian dalam hidup. Aktifitas berlibur para mahasiswa di tempat wisata alam biasanya dilakukan dengan cara mendaki gunung, berkemah di pantai, maupun melakukan napak tilas perjuangan pahlawan bangsa. Tak jarang, aktifitas berlibur ke tempat wisata alam mereka abadikan dalam dokumentasi foto dan video yang bagus.

Berikut ini beberapa tempat wisata alam terkenal di Indonesia yang menarik untuk Anda kunjungi selama masa liburan:

Keindahan tempat wisata pantai di Bali
Keindahan tempat wisata pantai di Bali

Pulau Bali

Ikon pariwisata Indonesia adalah Pulau Bali. Keindahan alam Pulau Bali tak luput dari penjelajahan para backpacker dan traveller. Tempat wisata alam di Pulau Bali adalah Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, Pantai Jimbaran, Danau Batur, Waterboom dan lain-lain. Pulau kecil ini terkenal sebagai salah satu tempat wisata terindah di dunia. Bahkan Raja Salman dari Arab Saudi rela memboyong 1500 orang keluarga dan pejabatnya hanya untuk berlibur ke Pulau Bali.

Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah salah satu tempat wisata alam yang eksotis di Indonesia. Bersama Pulau Rinca, Pulau Komodo menjadi tempat tinggal alami bagi satwa langka komodo. Wisatawan dapat melihat secara dekat kehidupan binatang purba di iklim tropis provinsi Nusa Tenggara Timur. Obyek wisata alam Pulau Komodo kian hari kian terkenal sebagai salah satu lokasi penelitian evolusi hewan-hewan purba.

Batu dan Malang

Batu dan Malang pada awalnya merupakan satu Kabupaten di Jawa Timur. Keduanya terletak di wilayah pegunungan. Kondisi geografis daerah bergunung-gunung menyebabkan Kota Wisata Batu dan Malang menjadi tempat liburan alam yang terkenal di Jawa Timur. Gunung Bromo, Gunung Kawi, Pantai Sendang Biru, Pulau Sempu, dan Waduk Selorejo adalah obyek-obyek wisata alam di Malang yang indah.

Bangka-Belitung

Provinsi Bangka-Belitung memiliki tempat wisata alam berupa pantai-pantai yang indah. Keindahan obyek wisata alam Bangka-Belitung telah menarik kunjungan jutaan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Sebagai provinsi kepulauan, Bangka-Belitung memiliki banyak spot pantai menarik untuk dikunjungi.

Jakarta

Jakarta bukan hanya terkenal sebagai pusat tempat wisata belanja barang-barang berkualitas dengan harga terjangka. Jakarta juga menawarkan tempat wisata alam yang menarik. Destinasi wisata alam yang terdapat di Jakarta antara lain Taman Mini Indonesia Indah, wisata bahari Taman Impian Jaya Ancol, taman-taman kota yang tertata rapi dan kreatif, serta beberapa pantai yang mulai dibenahi penataannnya.

Yogyakarta

Jogja bukan hanya terkenal sebagai tempat wisata sejarah dan budaya yang masih lestari hingga sekarang. Jogja juga memiliki beragam obyek wisata alam yang mempesona dan menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata alam di Jogja yang menarik untuk Anda kunjungi antara lain Pantai Parangtritis dan Tujuh Pantai Indah di Gunungkidul.

Manado

Wisata alam andalan kota Manado adalah Taman Nasional Pulau Bunaken yang memiliki keindahan terumbu karang. Bunaken adalah surga penyelaman terindah di dunia dan memiliki ragam spesies yang paling banyak di dunia. Jika belum puas menjelajahi keindahan taman nasional Pulau Bunaken, Anda juga dapat mengunjungi Danau Tondano di kota Manado bagian selatan.

Tips Fotografi Pemula - Mengenal macam-macam aksesoris kamera
Tips Fotografi Pemula – Mengenal macam-macam aksesoris kamera

Pulau Lombok

Pulau Lombok beriklim tropis dengan udara panas sepanjang tahun. Tempat wisata alam di Pulau Lombok yang paling terkenal adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani memiliki Danau Kelimutu yang indah. Gunung Rinjani menjadi tujuan favorit para pendaki lokal dan luar negeri. Selain itu, Pulau Lombok mempunyai Pantai Kuta yang berpasir putih seperti butiran-butiran merica. Anda dapat menikmati keindahan tempat wisata alam di Pulau Lombok ini sepanjang tahun karena suhu udara Pulau Lombok relatif tetap setiap tahun.

Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat terletak diprovinsi Papua. Keindahan pulau-pulau dalam Taman Nasional Raja Ampat telah menarik kehadiran turis lokal dan turis mancanegara. Raja Ampat saat ini telah berkembang menjadi tempat wisata alam paling terkenal di kawasan Indonesia Timur. Popularitas Raja Ampat disebabkan karena keindahan alam pegunungan yang berpadu dengan pantai, kehidupan masyarakat setempat yang kaya adat Papua, dan lingkungan alami jauh dari pencemaran.

Banyuwangi

Banyuwangi adalah destinasi wisata yang unik untuk perpaduan wisata alam dan wisata budaya Osing. Banyuwangi adalah surga wisata alam baru di Provinsi Jawa Timur. Beberapa obyek wisata alam yang terdapat di Banyuwangi adalah Taman Nasional Baluran, Gunung Ijen, Pantai Blambangan, dan Pulau Merah. Taman Nasional Baluran dikenal sebagai Africa van Java karena kehidupan alam liar hewan-hewan yang ada di dalamnya. Kegiatan berlibur disana sekaligus menjadi wisata edukasi bagi para pelajar.

Tempat wisata di Surabaya
Tempat wisata di Surabaya

Di antara berbagai kegiatan mengisi masa liburan sekolah, penjelajahan ke alam bebas tampaknya semakin digemari kaum remaja. Mereka mengunjungi tempat wisata alam yang berupa taman nasional, taman wisata, hutan rekreasi dan berkemah di sana. Di sana pula mereka dapat lebih mengenal alam, belajar mengelola keuangan pribadi dan berlatih hidup mandiri. Mereka harus mengerjakan sendiri segala sesuatu, mulai dari membangun kemah, menyiapkan makanan sampai mengatur berbagai kegiatan perkemahan.

Menjelajah hutan, mendaki gunung dan berkemah di alam bebas memang dapat membuat para remaja itu lebih akrab dengan alam, lebih mencintai flora dan fauna serta semua makhluk planet bumi ini. Tetapi ada juga remaja yang mengaku diri pecinta alam tapi justru cenderung menjadi perusak alam. Mereka dengan bangga mengobrak-abrik alam, membawa pulang kupu-kupu cantik dan bunga-bunga liar dan gunung. Mereka meninggalkan tebaran sampah, goresan-goresan di batang pohon atau corat-coret di batu dan gua. Ada pula yang meninggalkan bara sisa unggun.

Mengapa hal-hal demikian sampai terjadi di alam bebas? Hanya sekadar perbuatan iseng? Ataukah akibat kurangnya kepekaan dan kesadaran terhadap pelestarian alam? Jawabnya bisa banyak dan panjang. Pemerintah sudah menetapkan lebih dari 600 kawasan konservasi atau pelestarian alam yang terdiri dari suaka margasatwa, cagar alam, hutan buru, taman hutan raya, taman wisata, taman nasional dan taman laut.

Jutaan hektar kawasan konservasi itu dengan aneka flora dan faunanya harus dijaga dan dilestarikan. Ini bukan cuma tugas para pakar lingkungan dan penjaga kawasan konservasi, tapi tugas dan tanggung jawab setiap warga negara. Konservasi adalah upaya pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan.

Semoga artikel 10 tempat wisata alam di Indonesia ini bisa memberi inspirasi bagi pelajar dan mahasiswa di Indonesia untuk lebih mencintai kekayaan alam Nusantara. Mencintai alam bukanlah dilakukan dengan cara menuliskan nama-nama mereka pada pohon-pohon besar di taman nasional. Cukup dengan membiarkan alam tumbuh secara alam maka mereka telah ikut serta dalam upaya pelestarian alam. Semoga terinspirasi. Sampai jumpa di artikel blog The Jombang Taste berikutnya.

Referensi:

———–. 1990. Bunga Nasional dan Maskot Flora-Fauna Daerah. Jakarta: Kantor Menteri Negara Kelestarian Lingkungan Hidup.

———–. 1991. Sekilas Tentang Konservasi Alam dan Pemanfaatan Hutan Secara Lestari. Jakarta : Departemen Kehutanan.

Gradwohl, Judith dan Russell Greenberg. 1991. Menyelamatkan Hutan Tropika. Jakarta: Balai Pustaka.

Hadisepoetro, Soebagjo. 1991. Sistem Taman Nasional dan Rekreasi di Indonesia. Disampaikan pada Konferensi PATA ke-40 di Bali.

Sangguana, YP. 1994. Mengisi Liburan di Taman-taman Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Tim Penyusun Kamus Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

7 Replies to “10 Tempat Wisata Alam di Indonesia Tujuan Berlibur Pelajar dan Mahasiswa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *